One Day in Selayar Island

Ini ceritaku, tentang Selayar!
Kata orang-orang Selayar itu adalah sebuah kebahagiaan, Entah kenapa kabupaten ini punya daya pikat yang sangat kuat . Apa karena elok karang dibawah laut? atau karena aura senja yang syahdu, mungkin juga karena ada cinta yang tak terbalas, atau karena cita yang tak kunjung usai

ah, entahlah.. saat ini aku hanya ingin bertemu dengan tinabo, sambil menunggu mentari yang mengintip dari timur, dengan sinarnya yang hangat saat pagi menyapa.

Hari itu, saya berangkat dari Makassar menuju Bulukumba pukul 02.00 dini hari bersama salah seorang teman bernama Firman yang ternyata oh ternyata adalah warga asli Selayar, padahal sudah kenal cukup lama. Perjalanan kami tempuh hanya 3 jam saja, dikarenakan lalu lintas kendaraan saat itu memang sepi gaes.

Sejenak kami menepi di Masjid Agung Bulukumba saat subuh tiba untuk menunaikan sholat subuh sembari istirahat dan menunggu Kapal Ferry sandar di Pelabuhan Bira. Masjid Agung ini merupakan masjid terbesar di Bulukumba dan sering menjadi rest area bagi para pelancong yang hendak bepergian melewati Bulukumba, disini kamu bisa sholat, bersih-bersih juga memejamkan mata sejenak asal jangna sampai kebablasan, hahaha.

Waktu menunjukkan pukul 06.00 am, kami disambut oleh cahaya matahari terbit yang hangat dari balik Pelabuhan Bira, Bulukumba. Tanpa menunggu lama saya menuju ke loket penyetoran Rapid Test kemudian membeli tiket ferry menuju Pelabuhan Pamatata, Selayar untuk 2 penumpang dan 1 motor dengan harga Rp 75.000 saja. Murah kan gaes?

Pelabuhan Bira – Pelabuhan Pamatata

Setelah melewati jalur laut kurang lebih 2 jam lamanya dengan deru ombak yang cukup tenang, saya melanjutkan perjalanan menuju kota selayar kurang lebih 45 menit menggunakan sepeda motor yang saya bawa dari Makassar tadi.

Jujur saja, ini perjalanan ternekat dan terpanjang melewati jalur darat dan laut yang pernah saya lalui. Bagaimana tidak, saat Pandemi seperti ini yang notabene nya orang-orang sangat sulit untuk traveling dikarenakan pemberkasan yang agak ribet seperti rapid non reaktif, masker, surat sehat dll, membuat para pelancong berpikir 2x untuk merencanakan liburannya.

Namun, setibanya di selayar. Semua perjalanan panjang melewati jalur darat dan laut tadi akhirnya bisa terbayarkan dengan lunas tuntas (tanpa hutang, apalagi riba wkwk.) dengan destinasi yang saya kunjungi disini. Berikut destinasi paling recomended di Selayar yang wajib kamu datangi :

Sunari Beach

One Day in Selayar Island
sunset eksotis selayar rekomendasi meisti

Sunari Beach atau pantai sunari merupakan salah satu pantai dengan fasilitas terlengkap dengan lokasin yang tidak begitu jauh dari pusat kota Benteng, Selayar. Pantai ini terletak di area pribadi sebelah barat Pulau Selayar, Desa Tile Tile dan dapat ditempuh sekitar 30 menit dari kota Benteng.

Salah satu spot yang paling terkenal di tempat ini adalah ayunan dengan tali panjang diantara kedua pohon kelapa tepat di bibir pantai dengan panorama senja menambah eksotis pemandangan para pelancong yang hendak berfoto dengan konsep siluet.

Liang Kareta

tempat meratapi penyesalan hahaha

Pantai Liang Kareta adalah salah satu objek wisata alam kepulauan selayar yang terletak di Desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar‎. Lokasi objek wisata ini sekitar ±5 km dari Kota Benteng melalui pelabuhan

Ukuran pantai ini berbentuk setengah lingkaran diantara tebing karang yang tinggi dengan bibir pantai yang tidak begitu luas, jadi serasa berada di pantai pribadi tengah laut.

Bonemalea Beach

One Day in Selayar Island1.jpg One Day in Selayar Island2.jpg One Day in Selayar Island3.jpg One Day in Selayar Island4.jpg One Day in Selayar Island5.jpg One Day in Selayar Island6.jpg One Day in Selayar Island7.jpg
bersama sobat trip kala itu depan villa orang

Pantai Bonemalea merupakan destinasi wisata pantai yang memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti resort dan fasilitas pendukung lain. Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Liang Kareta. Namun yang membedakannya adalah garis pantai yang lebih panjang dari liang kareta serta pasir yang lebih lembut membuat Pantai Bonemalea ini sering dijadikan tempat berjemur oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Liang Tarrusu

One Day in Selayar Island1.jpg One Day in Selayar Island2.jpg One Day in Selayar Island3.jpg One Day in Selayar Island4.jpg One Day in Selayar Island5.jpg One Day in Selayar Island6.jpg One Day in Selayar Island7.jpg

Liang Tarrusu adalah pantai yang memiliki tekstur kurang lebih seperti liang kareta, namun yang membuatnya lebih menarik adalah gugusan karang yang lokasinya berada tepat di depan garis pantai membuat para pecinta taman laut bisa lebih betah dengan melakukan aktifitas snorkeling sampai puas tanpa takut diganggu oleh siapapun.

Balojaha Cave

One Day in Selayar Island
cermin alam balojaha

Balojaha Cave atau gua Balojaha merupakan sebuah gua yang didalamnya terdapat pemandian alami yang sangat jernih nan sejuk. Sakin jernihnya kamu bisa bercermin dipermukaan air kolam alami ini. Lokasinya cukup dekat dari pantai bonemalea, hanya sekitar 5 menit menggunakan perahu kayu.

Setelah tiba di daratan dilanjutkan dengan sedikit tracking sejauh 1 Km dan retribusi seikhlasnya yang bisa kamu masukkan dalam kontak amal untuk mendukung salah satu destinasi yang tengah naik daun ini.

Takabonerate National Park

bukan untuk ditiru gaes, awas jempol kaki hilang
One Day in Selayar Island
pulau terluar Selayar

Taman Nasional Takabonerate merupakan sebutan dari gugusan pulau yang tersebar di laut lepas Kabupaten Kepulauan Selayar. Kata warga lokal sih ada sekitar 17 lebih pulau besar yang memiliki daya pikat masing-masing. Salah satunya yang paling terkenal adalah Pulau Tinabo yang memiliki keunikan yaitu Baby Shark (hiu) yang berenang bebas di pinggir pantai.

“dalam hati berkata, induknya pada kemana nehh…”

Selain kamu Takabonerate juga memiliki Keistimewaan lain yakni keberadaan ATOL TERBESAR ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa, dan berada tepat di garis segitiga karang dunia. Singkatnya bawah laut Takabonerate terdapat Taman Laut Hias yang sangat eksotis.

ATOL adalah suatu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna sebagian atau seluruhnya

Gimana gaes? yakin nih ga mau ke Selayar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *