Liebster Award 2020 Episode Finding Another Bloggers

LYuk bangkitkan semangat menulis lewat tulisan berantai episode Finding Another Bloggers

LIEBSTER AWARD MYDAYPACK
Silaturahim dunia maya

Menulis memang hal yang cukup sederhana jika dilihat dari sudut pandang pembaca. Namun tahukah anda bahwa sebuah tulisan yang menarik nan berisi butuh lebih dari sekedar ketikan jari diatas papan keyboard qwerty.

Blogger yang dulunya hitz pun perlahan menghilang lewat seleksi alam beriring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Hanya mereka yang mampu beradaptasi dengan era 4.0 ini yang mampu konsisten menuangkan hasil pikirannya lewat sebuah tulisan yang bermanfaat.

Saya sendiri mulai menulis di blog kurang lebih 11 tahun yang lalu yakni pada tahun 2009  dimana kala itu media sosial yang paling diminati hanyalah Friendster dan twitter. Liebster award sendiri merupakan suatu kegiatan pemberian apresiasi pada blogger dengan tulisan berantai agar mereka yang sempat mati suri kembali terbangun karena colekan liebster awards sobat blogger yang lain.

Syarat menerima Liebster Award ini sederhana saja, cukup memenuhi beberapa poin seperti di bawah ini:

  1. Berterima kasih kepada si pemberi penghargaan.
  2. Berbagi 11 fakta tentang diri sendiri dan 3 tulisan terfavorit.
  3. Menjawab 11 pertanyaan dari si pemberi penghargaan.
  4. Menominasikan dan memberikan penghargaan kepada 11 blogger.
  5. Memberikan 11 pertanyaan kepada blogger yang menerima penghargaan.
  6. Memberitahu 11 blogger yang menerima penghargaan tersebut.

Entah kebetulan belaka tepat 11 tahun jari ini menulis di blog eh tiba-tiba dapat Liebster Awards dengan pertanyaan yang serba 11 juga, hahaha. Saya pun belum tahu pasti angka 11 yang menjadi numerik pertanyaan diatas berasal dari mana, tapi saya merasa benar-benar tertantang dengan kegiatan menarik ini. 

Tantangan Yang sangat Menarik

Awalnya saya sempat kaget melihat komentar dari salah satu blogger senior Daeng Gassing yang mengatakan saya dapat award/penghargaan kemudian disusul pula dengan komentar dari Enal makin membuat saya penasaran, dalam hati berkata:

“perasaan saya sudah lama ga ikut lomba blog, kok tiba-tiba dapat penghargaan”. 

Ternyata hal tersebut adalah Liebster Award buat para blogger pilihan yang diyakini merupakan penulis dunia maya yang perlu dicolek kembali seperti masa hitz dunia per-bloggeran, hahaha.

Saya benar-benar sangat tersanjung bisa dicolek oleh salah satu blogger yang paling senior di Makassar bernama Daeng Ipul yang menjadi kiblat para blogger Makassar sejak awal tahun 2000an. Saya juga berterimakasih kepada Enal D’ Dactylon yang juga menyebut nama saya pada podium pertama nominaotor Blogger Liebster Award. 

Ok tantangan saya terima!

11 Fakta dan 3 Tulisan Favorit

Jika kamu yang kepo dibalik kisah jalan-jalan saya keliling Indonesia selama ini, berikut merupakan fun fact yang belum pernah saya publikasikan secara umum di dunia maya, berikut faktanya:

  1. Darah saya 100% darah Bugis : Saya adalah anak kedua dari pasangan ayah dan ibu yang kedua-duanya adalah orang asli Bugis Soppeng. Sebuah kampung nan jauh di balik gunung dengan jutaan kelelawar yang mengelilingi pusat kotanya. 
  2. Saya dulunya Introvert : Awal menjadi blogger saya adalah seorang introvert, namun seiring berjalannya waktu saat masuk berbagai macam organisasi, perlahan saya mulai menyentuh yang namanya dunia ekstrovert.
  3. Saya suka berimajinasi : sejak kecil saya memang sudah sering mengimajinasikan banyak hal, mulai dari serunya jadi pemeran film kartun, menjadi salah satu power ranger hingga bisa keliling dunia dengan kemampuan super, hahaha.
  4. Saya suka menabung : sejak kecil ibu mengajarkan untuk hemat dan menyisihkan uang jajan, katanya sih untuk biaya lanjut sekolah. Dari habit itulah saya jadi terbiasa untuk menabung dan menabung menyisihkan uang pribadi. Hingga pada suatu ketika, eh hasil tabungan saya cukup untuk dibelikan hape Nokia Express Music, hebat kan.
  5. Telur mata sapi adalah makanan favorit saya : sejak TK, SD, SMP hingga saat ini telur mata sapi jadi  makanan favorite yang tak bisa dipisahkan dari hidup saya. Bahkan 80% ramadhan tahun 2020 ini saya sahur dengan telur mata sapi, hahaha.
  6. Saya cinta wisata Gunung : Sakin cintanya saya rela mendaki 7 puncak gunung tertinggi yang ada di Indonesia dengan cara apapun dan dengan modal seadanya. Alhamdulillah sementara sudah mendaki gunung Rinjani, Semeru dan Kerinci.
  7. Saya tinggal di rumah panggung : di jaman modern ini rata-rata rumah terbuat dari batu bata atau bata ringan. Namun, berbeda dengan saya yang sudah tinggal di rumah panggung dari kayu kurang lebih selama 20 tahunan.
  8. Saya MALAS MEMBACA : Jika ditanya kenapa mas Asyraf (Mydaypack) suka nulis dan terjun di dunia per-bloggeran. Maka dengan lantang saya jawab karena saya malas membaca, hahaha.
  9. Saya seorang activis : Sejak memasuki dunia kampus entah kenapa saya merasa tertantang dengan dunia organisasi, karena itu saya aktif di beberapa organisasi internal dan eksternal selama seluruh waktu kuliah saya. Saking fokusnya saya sampai melupakan yang namanya harta, tahta dan wanita.
  10. Saya kampungan ! : Dari dulu hingga sekarang saya masih kampungan. Saya merasa bahagia kalau ke mall, saya senang lihat gedung-gedung tinggi, saya merasa wow ketika naik mobil mewah, saya senang makan makanan mewah dan masih buanyak lagi. 
  11. Saya seorang visioner : Sejak kecil saya sudah memikirkan akan jadi apa nantinya ketika remaja, dewasa, tua dan manula. Hahaha, tinggal bagaimana mencapai hal-hal yang saya targetkan tersebut.

Itulah 11 fakta tentang saya. Nah sekarang kita bahas 3 tulisan favorite saya di www.mydaypack.com :

  1. Sekolah Laskar Pelangi Ternyata Benar-benar Ada : adalah sebuah tulisan yang menceritakan perjalanan saya mencari Sekolah Laskar Pelangi di Belitung. Hanya karena ingin memuaskan rasa penasaran saya sampai mengeluarkan biaya pesawat Pulang Pergi dari Makassar-Jakarta-Belitung (mahal ga tuh). Namun, alhamdulillah pengalaman tersebut berbuah manis saat saya mengirim tulisan tersebut ke detikTravel.com dan diganjar hadiah Liburan ke Korea Selatan selama 8 Hari 7 Malam.
  2. Catatan Pendakian Gunung Rinjani 3726 MDPL 17 Agustus 2017 : Tulisan ini isinya sebagian besar adalah curhat sih, tapi saya sangat suka dengan isinya yang apa adanya termasuk momen ketika pendakian di bukit penyesalan saat saya ingin buang air, hahaha jadi ketawa sendiri kalau diingat. Tulisan ini saya akhiri dengan foto ciamik di puncak sambil memegang bendera saat 17 agustusan. 
  3. 5 Destinasi Seru Bersama Mama di Singapore, Episode #MamaTraveling : Tulisan ini menjadi favorite saya karena salah satu cita-cita saya bisa mengajak mama keluar negeri gratis akhirnya bisa terwuju dalam Episode #MamaTraveling . Saya merasa gagal  menjadi travel blogger namun sama sekali belum pernah mengajak mama traveling bareng. Alhamdulillah, saat itu saya dapat apresiasi dari tulisan yang saya kirim berupa hadiah jalan-jalan gratis senilai 27jt rupiah ke Singapore. 

Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih karena telah diberikan penghargaan sekaligus tantangan, saya juga berterimakasih karena diberi 11 pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab dalam waktu singkat hahaha.

11 Pertanyaan Super dari Blogger Super

  1. Kenapa kamu memilih menjadi blogger? Karena saya Malas Membaca hahaha, dengan menjadi blogger saya berharap bisa lebih rajin membaca sambil belajar menulis juga. 
  2. Apa hal yang kamu tidak suka dari media sosial? Konten-konten hoax yang dapat memecah belah bangsa Indonesia, saya rasa perna Blogger sedikit banyak bisa menyebarkan informasi positif dan lebih tepercaya saat kita sedang #dirumahaja
  3. Apa hal yang paling kamu ingat dari masa kecilmu? Saya paling ingat saat bermain permainan legendaris seperti baguli alias kelereng, main wayang alias kartu dan main enggo-enggo sama teman-teman di lorong, hehehe momen yang benar-benar membahagiakan. 
  4. Apa hal yang paling kamu syukuri dalam hidup? Saya sangat bersyukur bisa mengajak kedua orang tua saya traveling dengan uang hasil keringat dan jerih payah sendiri, Alhamdulillah.
  5. Kalau diberi satu perjalanan gratis, ke manakah kamu ingin pergi? Mengapa? Palestina & Turki, Karena disana ada banyak pertanyaan-pertanyaan dalam hati yang saya pun masih belum tahu jawabannya.
  6. Siapakah tiga musisi atau penyanyi Indonesia favoritmu? Ya tentu saja yang pertama adalah Bung Iwan Fals, kedua Ariel Noah dan ketiga adalah Freddy Mercury.
  7. Adakah website yang kamu sarankan untuk dikunjungi? Apa alasannya? Saya menyarankan untuk mengunjungi website
  8. Adakah kanal YouTube yang kamu sarankan untuk ditonton? Apa alasannya? Saya menyarankan mengunjungi Mardiguwp, karena channelnya dapat membuka pola pikir masyarakat Indonesia dalam mencerna informasi
  9. Lebih suka liburan ke pantai atau gunung? Mengapa? Gunung lah bang, karena wisata gunung itu paket komplit, ada puncak gunungnya, lautan awan, air terjun, permandian air hangat, hutan rimba, padang sabana dan masih banyak lagi.
  10. Apa hal yang terlintas di kepalamu ketika mendengar kata ‘Papua’? Tanah Yang Kaya!
  11. Sampai kapan kamu akan jadi seorang bloger? Sampai jari ini tak sanggup lagi mengetik di atas papan keyboard.

Ok itulah pertanyaan-pertanyaan yang cukup sulit dari daeng ipul, sekarang mari kita lanjut 11 pertanyaan dari Enal. Berikut list pertanyaannya:

  1. Apa yang membanggakan menjadi seorang blogger? Saya bangga karena bisa menjadi manusia produktif yang bermanfaat bagi orang lain dengan informasi yang saya tuangkan dalam sebuah tulisan
  2. Bagaimana menemukan mood untuk segera menulis ketika menemukan ide? Istirahat cukup, minum kopi, pencahayaan terang dan nonton video-video lucu tumming abu di kanal youtube.
  3. Kamu lebih dekat dengan bapak atau ibu? Mengapa? Ibu, karena beliau lebih dari sekedar care dan kepo dengan hidupku, hahaha.
  4. Sejauh ini, hal terbaik apa yang sudah kamu lakukan? Membawa kedua orang tua traveling bersama dan merasakan serunya liburan ala backpacker seperti makan di pinggir jalan, naing angkutan umum, berhemat, nyari diskon hotel dan pesawat dan masih banyak lagi. 
  5. Semasa pandemi, apa yang kamu lakukan untuk menjaga produktivitas? Melakukan semua hal-hal yang sempat tertunda sebelum covid menyerang. Ada 5 hal seru yang saya lakukan lho, semua saya tulis dalam sebuah artikel dengan judul 5 Kegiatan Bermanfaat Saat Work From Home Episode #dirumahaja
  6. Makanan favorit saat berbuka puasa? Pisang ijo dong, puasa tanpa buka dengan pisang ijo sekalipun dalam bulan Ramadan rasanya benar-benar tak afdol
  7. Gunung, pantai, kota, museum, dan mall, mana yang menjadi tempat favorit bagi kamu untuk dikunjungi? Gunung dong, landscapenya selalu sukses membuat mata ini dimanjakan. Saat ini saya sudah mendaki tiga gunung yang cukup tinggi di Indonesia seperti Rinjani, Semeru dan Kerinci. Semoga setelah pandemi berakhir saya bisa melanjutkan catatan pendakian saya 
  8. Lagu apa yang terlintas di pikiran kamu saat ini? Ada apa dengan lagu itu? Iwan Fals, Ibu. Karena lagu itu punya lirik yang begitu kuat. Lagu membuat saya selalu teringat dengan ibu, bersyukur masih ada ibu hingga hari ini dan tak lupa untuk membalas budi baik ibu yang telah lebih dari sekedar berkorban untuk anaknya ini. 
  9. Genre film apa yang sering kamu nonton selama di rumah saja? Action dan Komedi, habis nonton adegan yang menegangkan ditutup dengan film komedi yang menenangkan terasa sangat menyenangkan.
  10. Taruhlah kamu diberi pilihan untuk berlibur gratis, kemanakah tujuannya dan mengapa memilih destinasi tersebut? Ini seperti pertanyaan daeng ipul diatas, tentu saja jawabannya adalah Palestina & Turki, Karena disana ada banyak pertanyaan-pertanyaan dalam hati yang saya pun masih belum tahu jawabannya. Negara dengan sejarah yang begitu panjang hingga hari ini.
  11. Lima kata yang mewakili pendapat kamu tentang saya? Keren, Informatif, Kreatif, Total, dan Wonderful

11 Blogger Yang Diam-diam Saya Favoritekan : 

  1.  Sutiknyo si Tekno Bolang – www.lostpacker.com  : Kembara yang sering solo traveling dengan paduan video yang ciamik. Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari setiap perjalanannya, terutama pada cerita Kembara Ke Timur.
  2. Deddy Huang – www.deddyhuang.com : Seorang blogger dan content creator yang sangat total dalam menulis dan memotret menurut saya. Semua fotonya selalu sukses membuat mata saya termanjakan dengan sudut pengambilan gambarnya
  3. Catperku – www.catperku.com : Namanya penulisnya bang Fahmi yang menulis di Catatan Perjalananku atau disingkat catperku.com adalah seorang travel blogger yang sangat informatif dan inovatif. Sekarang mulau memadukan antara tulisan dan video di utube.
  4. Haryadi Yansyah mantan Bankir – www.omnduut.com : Seorang bankir yang banting stir dan hijrah menjadi seorang travel blogger sutuhnya, tulisan-tulisannya sangat enak dan mudah dipahami.
  5. Fillyawie – www.fillyawie.com : Seorang blogger cantik yang suka kopi dan fashion. Foto-foto di blognya juga HD dan enak dilihat, silahkan dikepoin gaes.
  6. Eryvia Maronie – www.emaronie.com : Bundanya pica yang paling aktif dan selalu memotivasi kami dalam menulis juga nge list dong hahaha, sekarang lagi sibuk bikin konten-konten youtube sama pica (kak ery junior).
  7. Arief Rahman yang punya whatravel – www.backpackstory.me : Travel Blogger yang selalu serius dalam membuat artikel, sampai beribu-ribu kata tapi dengan gaya bahasa yang ori dan mudah dipahami. Sekarang sering live IG dengan bisnis travel yang dinamakan whatravel. Semoga liebster awads ini dibaca nantinya, hahaha.
  8. Alid Abdul – www.alidabdul.com : Blogger yang paling suka plesir ke India yang akan traveling sampai mati seperti taglinenya Travel Till You Die!
  9. Velyzhia Shang – www.littlenomadid.com : Seorang gadis kelahiran pekanbaru yang aktif nulis dalam bahasa english. Suka wisata alam terutama gunung (cuma nebak)
  10. Asdar Azis anak gowes – www.daengadda.com : Blogger olahragawan yang suka traveling bersama sepedanya. Seorang sarjana teknik sipil yang suka dengan petualangan dan alam.
  11. Zilqiah Angraini – www.qiahladkiya.com : Seorang ibu dua anak yang suka menulis tentang kehidupan sehari-hari dengan gaya bahasa menarik dan informatif juga tentunya.

Fiuh, akhirnya tiba di part terakhir setelah menulis selama kurang lebih seminggu. Berikut 11 pertanyaan saya kepada nominator yang saya colek diatas :

  1. Kenapa memilih jadi Blogger?
  2. Sebutkan 3 blogger favorite anda saat ini! mengapa?
  3. Ceritakan satu hal yang tidak bisa kamu lupakan dihidupmu? 
  4. Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata “Makassar”?
  5. Sebutkan 3 chanel youtube yang kamu sarankan ?
  6. Destinasi wisata terbaik apa saja yang ada di Indonesia menurut anda?
  7. Bagaimana pendapat anda tentang Covid-19?
  8. Menurut anda, apakah media sosial lebih banyak kelebihannya atau kekurangannya?
  9. Bagaimana cara anda membangun mood saat menulis?
  10. Pilih mana tetap jadi blogger atau beralih ke youtuber? 
  11. Sampai kapan kamu akan menulis?

Cheers – ogi traveler

17 thoughts on “Liebster Award 2020 Episode Finding Another Bloggers

  1. Asyraf, terimakasih sudah menominasikan saya, ku tampung dulu yaa award nya. Duh kamu tahu aja kalau saya suka banget sama kopi. Kapan-kapan ayok ngopi bareng. Btw saya juga salut sama Asyraf, masih muda tapi sudah jadi blogger yang keren dan sangat inspiratif. Keep up the good work Asyraf.

  2. Asyraf, maaf baru sempat hadir di sini..

    Dan saya takjub dengan keberhasilanmu mengajak orang tua untuk traveling bareng. Itu sesuatu yang luar biasa! Sejago apapun kamu, kalau kamu belum bisa membahagiakan orang tua, maka itu belum lengkap. Dan sekarang kamu sudah lengkap jadi travel bloger dan manusia.

    Selamat yaaa

  3. Selamat Pak. Semoga semakin semangat menulisnya.
    Saya mau komentar untuk pertanyaan “Siapakah tiga musisi atau penyanyi Indonesia favoritmu?”
    Kok ada nama Freddy Mercury di jawabannya. Hehe.

  4. Wah baru liat tulisan ini. Makasih ya bro. Jadi tersanjung 🙂 Keinget dulu zaman ngeblog di MP ada juga liebster award kayak gini haha.

    Seru bisa saling “lempar” pertanyaan. Mudah-mudahan nanti aku gak malas menuliskannya ya haha.

    1. sipp bang, smoga kapan2 bisa ketmuu lah saat traveling..

      Iyaa, saya aja kayakny kelar nulisnya ampe 2 pekan dicicil2 krn berbagai kegabutan dan kegiatan lain hahahaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *