5 Kegiatan Bermanfaat Saat Work From Home Episode #dirumahaja

Diluar dugaan ternyata Covid-19 yang sedang merebak benar-benar bisa merubah segalanya. Mulai dari kalangan paling bawah hingga kalangan teratas di seluruh penjuru dunia pun merasakan dampak dari Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV- 2) ini. Salah satu pencegahan yang dianggap efektif selain Lock Down yaitu Work From Home atau biasa disingat dengan WFH. Yakni sebuah kegiatan dimana kamu belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah pun di rumah dulu.

Work From Home episode #dirumah aja merupakan suatu kegiatan yang sangat-sangat bertolak belakang bagi para pecinta wisata. Bagaimana tidak, kita yang dulunya menghabiskan akhir pekan dengan traveling kesana sini dengan mayoritas destinasi outdoor harus menerima kenyataan untuk #dirumahaja dulu minimal selama 14 hari dan maksimal sampai waktu yang tidak ditentukan, OMG!

Menarik : 5 Destinasi Seru Bareng Mama

Work From Home episode #dirumahaja

Namun, setelah mencoba untuk #dirumah aja dulu saya baru sadar ternyata ada banyak hal yang bisa kita lakukan sama saat kita traveling keluar. Berikut 5 kegiatan yang bisa kamu lakukan saat dirumah gaes:

1.  Nonton Semua Film Keren Yang Sempat Tertunda

Kegiatan pertama yang bisa membuat kamu tidak bosan saat dirumah yakni membuat list film keren apa saja yang pernah kamu lewatkan. Butlah sedetail mungkin semua film-film yang terlewatkan dulu. Nah, setelah list selesai dibuat waktunya untuk mempersiapkan semua perlengkapan penunjang sebelum nonton seperti : charger laptop, cemilan, jus segar,  bantal leher dan meja pendek untuk laptop kamu selama nonton berjam-jam.

Setelah rampung, waktunya untuk membuka laptop untuk menonton semua list film selama 14 hari kedepan, hahaha. Benar-benar kegiatan yang kaum rebahan yang sangat di impi-impikan. Seperti kata meme di instagram

“jika kamu memiliki bakat rebahan namun ingin menyelamatkan dunia, mungkin ini saat yang paling tepat buat kamu tetap rebahan dirumah”

2. Silaturahim by Video Call Dengan Kawan Lama

Siapa sih yang ga punya media sosial saat ini, mayoritas pasti punya deh yang namanya medsos. Jika kamu penghuni setia dunia maya, mungkin ini saatnya aplikasi-aplikasi yang ada di handphone kamu akan sangat bermanfaat, yakni dengan melakukan video call dengan saobat lama, keluarga di kampung, calon gebetan ataupun video confrence secara bersamaan dengan teman gank lama kamu yang entah gimana kabarnya sekarang.

Sebelum mulai, download dulu aplikasinya gaes, kalau saya sih biasanya pakai apllikasi Google hangouts atau Zoom. Setelah itu buat list kontak mana saja yang ingin kamu hubungi dengan cara scroll semua kontak yang ada di hp kamu atau lihat foto-foto lama yang ada wajah kawan lama disana. Setelah itu baru deh atur waktu untuk melakukan video call.

“Btw, saya ga bertanggung jawab yah kalau ada yang clbk atau tiba-tiba ditagih hutangnya sama kawan lama hahaha

3. Memperbaiki Kualitas Tidur (bukan tidur terus)

Jika kamu tipe begadang holic, maka Work From Home episode #dirumah aja adalah waktu yang tepat buat memperbaiki kualitas tidurmu. Kalau kamu tipe orang yang suka nongkrong di cafe sampai pukul 12 malam, atau tipe rebahan pagi hari di akhir pekan, maka sekarang waktunya untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Karena saat WFH kamu benar-benar punya waktu yang sangat banyak dirumah dan diatas kasur. So, aturlah waktu tidurmu sebaik mungkin, agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang pas, bukan kuantitas.

“satu kelemahan cara ini, kadang banyak yang kebablasa, dari yang awalnya ingin tidur berkualitas eh malah tidur yang ber-kuantitas hahaha”

4. Berjemur di Depan Rumah Saat Pagi Hari

Matahari pagi biasanya hanya mitos bagi para pekerja yang berangkat bahkan sebelum matahari menampakkan sinarnya di ufuk timur. Sampai di lokasi kerja langsung briefing dan action dah. Jadi benar-benar tak ada waktu untuk yang namanya berjemur di pagi hari, hehehe. Namun saat Work From Home kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan keluar rumah sambil membawa kursi kemudian duduk berhadapan hanya berdua dengan cahaya matahari sampai tubuh kamu benar-benar terasa hangat dan kulit bisa menyerap vitami D dari cahaya matahari.

Manfaat kegiatan ini juga kita bisa belajar bangun pagi dan mandiri melakukan kegiatan-kegiatan positive di pagi hari. Minimally positive thinking dulu dan tidak ter-profokasi media dan hoax yang ada, hahaha. Karena itu malah bisa membuat sistem imun kita semakin menurun, sehingga si Covid-19 bisa memanfaatka celah tersebut untuk menyerang tubuh kita.

Menarik : 10 Perjalanan Tak Terlupakan

5. Membantu Pekerjaan Orang Tua 

Kegiatan ke lima ini mirip dengan kegiatan yang ditulis daenggassing tentang Covid-19. Karena selain bisa mengisi waktu saat Work From Home kita juga bisa mendapat pahala dengan membantu ayah dan ibu, hahaha. Kalau biasanya kamu bangun pagi dan sarapan sudah disiapkan oleh ibu, maka kali ini kamu bisa mengambil peran untuk membantu ibu untuk menyiapkannya diawal sekaligus diakhiri dengan cuci piring, sebiah kegiatan yang hampir punah di era wanita millenials saat ini yang hobinya main tiktok dan scrol-scrol Instagram.

Jika kamu anak laki (entah laki setengah ataupun laki extra joss), cobalah untuk membantu pekerjaan si bapak, apapun itu. Misalnya kegiatan-kegiatan rutin seperti mengangkat galon, mengurus kebun di halaman, memperbaiki peralatan-peralatan kecil yang rusak di rumah dan pekerjaan sejenis lainnya. Namun, jika kamu adalah seorang perantau yang tinggal jauh dari orang tua, maka kamu harus belajar mandiri sambil berdoa semoga cobaan ini segera berakhir dan bisa berkumpul bersama orang tua kembali saat idul fitri (al-fatiha).

Gimana gaes? semoga kegiatan-kegiatan diatas bisa jadi referensi teman-teman yang mulai bingung di rumah pada hari ke 7 (biasanya). Ayo kita tetap jaga penyebaran Covid-19 dengan tetap #dirumahaja sampai Indonesia benar-benar pulih. Saya tahu kekhawatiran teman-teman dengan Virus Corona yang seakan mengancam semua sendi-sendi kehidupan yang ada di Indonesia, namun kalau kita tidak bersatu maka kita akan kalah dengan perang terhadap Covid-19 ini.

Stay Save Indonesia, semoga lekas pulih. Kami RINDU INDONESIA yang dulu. 

“jika ada tambahan kegiatan silahkan masukkan di kolom komentar yah gaes, terimakasih. Happy WFH #dirumahaja – jangan keluar-keluar ya”

15 thoughts on “5 Kegiatan Bermanfaat Saat Work From Home Episode #dirumahaja

  1. Blogging dong kegiatan asyik saat WFH 😁
    Mantap tawwa, selama WfH Asyraf rajin cuci piring. Bagus untuk menunjukkan bakti kepada ibunda. 😊

  2. Kegiatan2 sederhana yang dulu mungkin jarang dilakukan, akhirnya setelah harus #dirumahsaja semua jadi mungkin untuk dilakukan ya, seperti nonton film-film keren itu.
    Tapi ingat, jangan nonton dari situs bajakan yaa! Hehe…

  3. nah itumi yang membantu pekerjan orang tua paling menyenangkan dig kak. dan sekarang kita bisa tau bemana rasanya mereka tdk dibantu sama kita

  4. Baru kutau kalau ada laki-laki setengah apalagi laki extra joss ha-ha-ha
    Btw, kerenlah anak laki-laki membantu pekerjaan di rumah. Teruskan na..sampai pandemi ini selesai.

  5. di awal-awal masa WFh ini tidur berkualitas ini sulit bagiku… susah tidur, lalu nonton tv series, eh malah makin susah tidur. Setelah kuselidiki, ternyata akibat nonton TV series KINGDOM! Kebawa mimpi deh tuh… iseng banget pas pandemic nontonnya tv series pandemik juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *