Tips Ke Pantai Dato, Destinasi Masa Depan Sulawesi Barat


Sulawesi Barat (Sulbar) merupakan provinsi yang lokasinya berada tepat di samping kampung halaman saya Makassar, Sulawesi Selatan. Namun jarak yang dekat tidak menjadi jaminan bahwa kita bisa sering jalan-jalan ke tempat terdekat dari rumah kita. Buktinya saya yang tinggal tak begitu jauh dari Sulbar juga jarang kesini, Paling hanya lewat saja, hahaha.

Pantai Dato
view keren pantai dato dari atas
Pantai Dato
Spot lompat indah

Padahal Sulbar memiliki sejuta potensi wisata yang menjanjikan untuk dikembangkan. Salah satu yang tengah naik daun saat ini bernama Pantai Dato, yaitu sebuah wisata pantai dengan pesona pasir putih yang bersih serta deretan tebing menjulang tinggi mengelilingi sisi kiri dan kanan pantai, membuat air disekitarnya begitu jernih untuk digunakan oleh anak-anak sekitar main air sambil salto dari atas tebing.

Buat kamu yang ingin ke Pantai Dato nih saya coba share foto wisata dan rute menuju lokasinya.

Rute Menuju Pantai Dato

Pantai Dato terletak di Dusun Pangale, Baurung, Banggae Tim, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat 91412 Sulawesi Barat. Jika kamu berada di luar pulau Sulawesi maka yang pertama harus kamu lakukan yakni naik burung besi alias pesawat menuju badara Sultan Hasanuddin di Sulsel, setelah itu sempatkanlah berkeliling terlebih dahulu di Kota Makassar, minimally makan Coto atau Konro lah sebelum berangkat menuju ke Sulawesi Barat.

Pantai Dato
Welamat datang di Pantai Dato

Setelah itu dilanjutkan dengan perjalanan darat kurang lebih 6-8 jam lamanya, bergantung dari berapa kali sobat traveler singgah dijalan untuk beristirahat.

Menarik: Wisata Paling Keren di Sulawesi Utara

Ditengah perjalanan sobat akan melewati Kabupaten Pinrang dan Kota Pare-pare yang merupakan tanah kelahiran Pak Habibie. Saran saya singgahlah untuk makan Palekko, salah satu kuliner khas Sulsel yang memiliki rasa yang khas. Namun sebelum itu sobat akan melewati monumen cinta sejati Habibie Ainun.

“buat kamu yang gak setia saran saya gak usah singgah, hahaha”

Sebelum sampai di Majene selanjutnya sobat akan melewati kota yang bernama Polewali Mandar (Polman). Nah, disini saya merkomendasikan untuk mencicipi salah satu buah berduri berwarna kuning dengan bau tajam memikat yang bernama DURIAN, hahaha.

Dijamin lidah sobat bakal terpuaskan dengan durian enak dengan harga yang super murah di sini. Kalau biasanya di kota besar sobat belinya per buah, disini kebanyakan orang jualnya per pohon.

Fasilitas Di Pantai Dato

Sudah beberapa tahun lalu saya selalu ingin mengunjungi Pantai Dato, namun baru kesampaian pada awal 2019 lalu. Alhasil, setelah tiba disini ternyata fasilitasnya sudah terbilang cukup lengkap dengan adanya:

  • Gazebo
  • Penginapan
  • Dermaga
  • Lahan Parkir
  • Penjual makanan dan minuman
  • Lampu hias
  • Akses jalan aspal 

Setelah melihat fasilitas yang ada disini saya jadi berpikir kalau Pantai Dato benar-benar telah berbenah dan cocok jadi Destinasi Wisata Masa Depan Sulawesi Barat.

Pantai Dato
Selamat datang di Sulbar gaes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *