Inilah 10 Rekomendasi Wisata Wajib di Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah merupakan tanah Borneo yang begitu kaya dengan wisata alam dan satwa yang beragam. Salah satu yang paling menarik perhatian ialah Orang Utan dan sensasi menyusuri gugusan sungai-sungai kecil yang ada didalamnya. Yuk kepoin rekomendasi wisata yang ada di Kalimantan Tengah yang baru saya kunjungi Desember 2020 lalu :


1. Susur Sungai di Taman Nasional Sebangau

Wisata Kalimantan
Hutan belantara Sebangau

Salah satu destinasi yang paling menarik di Palangkaraya ialah Sebangau National Park ini. Konon katanya di tempat ini hidup berbagai jenis satwa liar dan langka, termasuk salah satunya yaitu Orang Utan.

Di Taman Nasional ini juga kamu bisa merasakan sensasi susur sungai di hutan belantara dan rawa gambut yg seakan tak berujung. Sangat cocok buat kamu yg suka wisata Adventure tema Back To Nature.

2. Melihat Senja di Jembatan Kahayan

Wisata Kalimantan
Menanti senja dan kamu

Destinasi asik pertama ketika kamu sampai di Palangkaraya, Kalimantan Tengah ialah melihat terbenamnya matahari saat senja mulai datang berganti dengan malam. Jembatan Kahayan ini memiliki panjang 640 meter dan lebar 9 meter, terdiri dari 12 bentang dengan bentang khusus sepanjang 150 meter membelah aliran sungai Kahayan

3 Masjid Terapung Pasuk Kameluh

Wisata Kalimantan
Tempat wisata sekaligus Ibadah

Setelah malam datang sebaiknya kamu menghabiskan waktu sholat maghrib di Masjid ini, karena lokasinya yang cukup dekat dengan Jembatan Kahayan. Masjid ini juga menjadi spot terbaik melihat view jembatan kahayan dari kejauhan

4. Tugu Soekarno, Saksi Bisu Calon Ibukota Indonesia

Wisata Kalimantan
Batu perdana di Palangkaraya

Tugu ini menjadi saksi bisu kota Palangkaraya yang direncanakan menjadi Ibukota masa depan Republik Indonesia oleh presiden pertama RI yakni bung Karno, dari kejauhan terlihat patung Soekarno menunjuk lurus kearah Tugu, seakan berbicara bahwa:

“ini lho Ibukota Indonesia gaes”

Peletakan batu pertama Tugu ini dilakukan pada tanggal 17 Juli 1957 yang juga sekaligus menjadi titik awal pembangunan kota Palangkaraya. Struktur tugu/monumen ini terdiri dari 17 tiang yang melambangkan tanggal proklamasi kemerdekaan RI. Namun saat ini wacananya ibukota malah pindah ke Kaltim, entahlah. Intinya ibukota masih tetap di Indonesia hahaha yaialah.

5 .View Sebangau dari Puncak Batu Ampar

Wisata Kalimantan
Ketemu bukit di tengah rawa gambut wuy

Seperti namanya, Batu Ampar merupakan penamaan dari Hamparan Batu yang berjejer begitu luas di tengah taman nasional Sebangau, dari sini kamu bisa melihat view padang ilalang disertai jalur sungai Taman Nasional Sebangau.

6. Landscape Padang Rumput Sebangau

Wisata Kalimantan
Mirip sawah kakek dikampung

Tidak hanya batu ampar dan susur sungai, Taman Nasional Sebangau masih memiliki Padang Rumput Hijau yang luas membentang. Menariknya karena padang rumput ini terletak di ketinggian dan di tengah Taman Nasional Sebangau, untuk mencapainya kita harus melewati jalur sungai menggunakan klotok selama 45 menit.

7. Bertemu Orang Utan Taman Nasional Tanjung Puting

Salahsa tu destinasi dunia di Kalimantan Tengah yang juga menjadi bucket list banyak orang yakni Tanjung Puting Nasional Park yang namanya sudah terdengar ke pelosok dunia. Salah satu daya tarik di tempat ini yakni kita bisa melihat ratusan binatang golongan monyet di habitat aslinya.

Salah satu yang paling dinantikan yakni bertemu satwa langka Orang Utan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, tak heran jika kebanyakan wisatawan yang datang kesini malahan adalah wisatawan mancanegara.

Menarik : Tips Bertemu Orang Utan

8. Tugu Pancasila

Wisata Kalimantan
Meeting point menuju Tanjung Puting

Tugu Pancasila terletak di Pangkalan Bun, sebuah kabupaten yang menjadi meeting point menuju Tanjung Puting National Park. Tugu ini juga menjadi tempat populer wisatawan karena lokasinya yang sangat strategis menuju Tanjung Puting, Bandara Tijilik Riwut dan Palangkaraya.

9. Rumah Adat Dayak

Wisata Kalimantan
Rumah adat unik dan tahan lama

Mayoritas suku di Kalimantan Tengah adalah Suku Dayak. Tak sah rasanya eksplore kalimantan jika tidak jalan-jalan ke Rumah Adatnya. Rumah adat ini terbuat dari kayu hitam dengan model rumah panggung dan satu tangga didepannya dengan atap segitiga. 

10. Sensasi Naik Klotok Susur Sungai Kalimantan

Wisata Kalimantan
Wajib dicobain nih !!
Wisata Kalimantan
Rel Kereta di tengah Sungai

Salah satu hal wajib saat kamu berada di Kalimantan ialah mencoba sensasi naik Klotok menyusuri ratusan cabang sungai-sungai kecil yang ada di tanah Borneo ini.

Klotok merupakan alat transportasi yang sangat populer di Kalimantan, kendaraan ini merupakan kapal motor yang di desain untuk menyusuri sungai dengan mudah. Penamaan Klotok diambil dari suara mesin yang nyaring menghasilkan bunyi yang terdengar seperti Klotok-klotok….

Dari situlah penamaan Klotok diambil sebagai nama transportasi sungai ini. Selain untuk alat transportasi, Klotok juga digunakan untuk jualan di Pasar Terapung di sungai Martapura seperti artikel menarik yang baru saya tulis : Sensasi Keliling Pasar Terapung di Sungai Martapura, Banjarmasin

7 thoughts on “Inilah 10 Rekomendasi Wisata Wajib di Kalimantan Tengah

  1. Wah seru banget nih travellingnya ke Sulteng. Banyak destinasi menarik ya. Sepertinya saya juga pengen deh berfoto dan menukmati senja di jemnbatan Kahayan,hehe

  2. Ternyata ada banyak destimasi wisata yang bisa kita datangi di Kalimantan Tengah.

    Zaman SD saya paling sulit menghapal nama-nama ibukota di setiap provinsi yang ada di Pulau Kalimantan. Seringnya kebalik-balik, hiihii…
    Kalimantan Tengah aja sering saya kira ibukotanya Balikpapan, padahal Palangka Raya yaa.

  3. Saya selalu cemburu melihat orang yang traveling ke tempat-tempat bagus kayak yang dikunjungi Asyraf ini. Mauta tong hihihii…

    Sukses na dek dengan traveling-travelingnya, jangan lupa berbagi lewat tulisan biar orang yang baca tulisanta terinspirasi (baca= ngiler).

  4. Sepertinya destinasi paling akhir tuh (yg ke-10) yang paling butuh nyali. Eh.. ndk takut sama buaya kah?

    Makasih sharenya, ini bisa menjadi tujuan jika berkunjung ke Kalimantan. #Noted 😁

  5. Huaaaa..pengennyami ke Kalimantan Tengah. Saya baru menginjakkan kaki di Kalsel dan Kaltim. Itu juga belum eksplor kemana-mana. Karena di Kalsel pas masih kecil, sekitar usia 3 tahun. Di Kaltim yaa karena kampungnya suami, jalan-jalan pun paling ke pantai…yang saya lupa juga namanya. Wkwkwkkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *