11 Perlengkapan Traveling Wajib Saat Backpackeran Sendiri


Solo Traveler ataupun solo backpacker saat ini sudah menjadi hal yang umum di dunia pariwisata. Namun, bagi sobat traveler yang baru pertama kali ingin melakukan perjalanan sendiri pasti butuh referensi dan persiapan yang matang sebelum memulai perjalanan.

Tapi, jangan takut memulai backpackeran sendiri, selama ada niat dan persiapan yang cermat semua pasti aman kok. Berikut saya share perlengkapan yang selalu saya bawa saat traveling sendirian:

1. Daypack

Perelengkapan pertama yang pasti saya bawa kemana-mana yakni Mydaypack andalan ini. Kalau ditanya kok ga milih bawa Carrier atau Koper? Alasannya karena lebih simpel dan elegan dibawa kemana-mana, lagi pula ukurannya juga  pas di pundak. Jadi pundaknya gak pegel saat berjalan kemana-mana.

Saya pernah traveling 14 hari hanya dengan sebuah Daypack saja lho, dan Alhamdulillah semua kebutuhan saya tercukupi. Selain itu saya juga pernah traveling ke Korea Selatan selama 7 hari 7 malam tentunya juga di temani dengan daypack saya melihat 5 Destinasi Wajib di Negeri Ginseng yang keren. Artinya jika sobat traveler cukup memaksimalkan barang penting yang ingin dibawa dalam satu Daypack milik sobat saja.

2. Pakaian Yang Ringan

Bawalah baju dan celana yang ringan dibawa agar tidak overload saat dimasukkan dalam Daypack sobat traveler. Saran saya bawalah baju yang bisa menyerap keringan tapi cepat kering juga atau yang biasa disebut dryfit. Kemudian jangan lupa bawa baju kaos yang kira-kira ingin dipakai berfoto nanti agar lebih instagrammable.

3. Powerbank Kapasitas Tinggi

Power bank adalah hal yang sangat vital saat traveling sendirian, karena itu jangan sampai lupa membawanya. Karena benda ini bisa berguna saat  gadget anda kehabisan daya saat dijalan.

Saat traveling saya selalu membawa sebuah power bank saja dengan kapasitas 24.000 mAh. Seperti saat di Rinjani selama 5 hari, ataupun saat ke Sumatera selama seminggu. Sobat traveler bisa menyesuaikan dengan jumlah hari saat traveling.

4. Sepatu Yang Simpel tapi Kuat

Karena saya tipe pejalan kaki jadi saya selalu menggunakan sepatu saat traveling. Pilihan sepatu yang recomended dibawa adalah yang simpel dan mudah dilepas dan dipasang kembali namun juga kuat.

Contohnya saat mau sholat bisa dilepas dan dipasang kembali dengan mudah. Atau saat berjalan di pasir, sepatunya tetap kuat dan nyaman dipakai.

5. Topi atau Kupluk

Topi sangat berguna untuk melindungi wajah dari sinar UV saat sobat traveler berkeliling siang hari ataupun saat traveling  ke pantai.

Sementara kupluk akan berguna jika destinasi tujuan sobat traveler adalah tempat dingin seperti gunung dan air terjun.

Saya pernah lupa membawa topi, dan hasilnya wajah saya gosong, hahaha.

6. Jaket Sesuai Destinasi

Mengapa jaketnya harus sesuai destinasi? Yap karena jaket termasuk barang yang bisa mengambil ruang banyak di Daypack kita.

Jika destinasinya adalah gunung atau tempat dingin lainnya, maka bawalah jaket tebal anti badai, sementara jika destinasinya hanya wisata kota, kuliner, pantai atau padang savana maka bawalah jaket ringan/tipis, yang penting bisa menlindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

7. Perlengkapan Fotografi

Memasuki era Millenials perlengkapan Fotografi menjadi elemen tak terpisahkan saat traveling. Bawalah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, hehehe.

Bawalah kamera sesuai destinasi tujuan kita, seperti wisata air, gunung atau kota saja. Kemudian satukan dalam satu tempat penyimpanan khusus fotografi yang mudah dijangkau.

8. Uang Cash

Setelah membua rencana perjalanan (itinerary) selanjutnya siapkan uang cash alias tunai sehari sebelum keberangkatan. Hal ini akan berguna untuk menghemat waktu saat traveling, sehingga tidak repot lagi mencari ATM saat liburan.

Biasanya uang cash digunakan untuk pengeluaran umum seperti makan, minum, sewa bus, tiket kereta listrik dan sejenisnya.

9. Perlengkapan Mandi Simpel

Bawalah perlengkapan mandi sesuai kebutuhan dalam satu tas mandi kecil seperti sikat gigi lipat, odol kecil, sabun cair kemasan kecil, dan sabun cuci muka kemasan kecil.

10. Ransel Lipat (Darurat)

Ransel lipat atau sering saya sebut ransel darurat ini selalu saya persiapkan saat traveling. Tujuannya ialah jika ada barang tambahan atau oleh-oleh saat traveling bisa langsung dimasukkan didalamnya.

Lagipula ransel lipat ini ukurannya sangat tipis dan ringan, setipis kantong plastik namun kuat. Jadi jangan khawatir kelebihan barang bawaan saat traveling.

Menarik: Tips Backpackeran Sendiri Ke Bunaken

11. Kantong Plastik/kresek

Saya selalau membawa beberapa kresek berwarna saat traveling, tujuannya untuk memisahkan antara pakaian kotor dan bersih kita didalam Daypack. Selain itu kantong plastik berwarna ini juga berguna untuk memisahkan jenis barang kita ketika sudah disatukan dalam Daypack, agar saat pengambilan bisa lebih mudah membedakannya.

Saya sering melakukan hal ini, dan menurut saya sih cukup efektif dalam membedakan barang satu dan yang lainnya. Setelah semua persiapan sudah disiapkan, waktunya untuk membeli tiket jalan-jalan nih. Biasanya saya beli di Rama Sakti Traveloka khusus untuk tiket bus dan ataupun kereta.

Nah, itulah tadi 11 Perlengkapan Traveling yang Wajib kamu bawa saat Backpackeran Sendiri dimanapun dan kapanpun. Semoga bermanfaat buat saat sobat traveler mencoba untuk traveling sendirian.

25 thoughts on “11 Perlengkapan Traveling Wajib Saat Backpackeran Sendiri

  1. Cocok deh, lengkap alat tempurnya hehe…

    Saya pribadi klo jaket lebih suka selalu dipakai. Selain karena udah kebiasaan, biar nggak menuhin space di dalam tas aja. Eman2 bisa dipakai barang lainnya… 😀

  2. Untuk perlengkapan fotografi, penting nih bawa tripod mini. Bawa aja dulu, ngga bikin berat dan tas penuh. Kadang suka perlu. Hahaha.

    Lalu barang lain yang saya bawa tiap solo trip adalah earphone. Bermanfaat banget kalo lagi bosen atau ngehindarin diajak ngobrol orang pas lagi di jalan.

    Cheers!

  3. Selagi masih muda, wajib traveling, keliling dunia…
    Bentar lagi anak bujang saya 17 tahun, siap-siap dibikinin paspor sekalian supaya bisa melongok negeri orang selagi masih muda 🙂
    By the way.. makasih tips-tipsnya..

  4. Wah artikelnya langsung rame komentar ya mas. Biasanya mahasiswa senang liburan di libur semester, mahasiswa – mahasiswa yang tinggal di perkotaan memilih liburan ke destinasi wisata desa atau pegunungan. Seru banget

  5. Mantep banget tips persiapan jadi backpackernya. Dari dulu pengen banget backpackeran ke luar negeri tapi masih takut ini itu. Ngeliat barang bawaan jadi sumpek sendiri. Ngeliat artikel ini jadi semangat backpackeran lagi 😀

  6. Kalau perjalanan jauh, wajib banget bawa bantal leher haha. Lumayan, kalau kualitas tidur agak baik, perjalanan jadinya fit. Dulu aku pake model tiup gitu bantalnya, tapi memang yang dalamnya busa jauh lebih nyaman.

  7. Mungkin cuma saya, kalau mau pergi jauh obat-obatan pribadi yang kira-kira dibutuhkan akan saya bawa juga. Plus kopi dan stok rokok buat jaga-jaga hahaha. Nice tips, thanks 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *