Menikmati Soto Ayam Dahlok, Kuliner Legendaris Jember Sejak 1958

Jember adalah nama sebuah kota dan sekaligus kabupaten yang terletak di timur pulau Jawa yang sudah berdiri sejak 9 agustus 1928 silam. Kota ini merupakan kota ke tiga terbesar di Jatim setelah Surabaya dan Malang, tak heran jika Jember memiliki potensi wisata yang menjanjikan seperti yang akan saya bahas kali ini yaitu wisata kuliner.

Actually, ada banyak kuliner enak di Jember. Salah satu yang khas dan enak yakni  Soto Ayam Dahlok yang sudah berdiri sejak 1958 silam hingga saat ini.

Mengapa memilih Soto Ayam Dahlok?

Soto ayam dahlok
soto ayam dahlok by travelingyuk

Ada beberapa alasan memilih soto yang satu ini, salah satunya yakni karena lokasi yang strategis dan harga yang sangat terjangkau di semua kalangan.

Semangkok soto bisa sobat travelers nikmati hanya dengan Rp 13.000,- saja, sedangkan untuk minumannya yakni Rp 3.000,- untuk segelas es teh manis, semanis kamu eh~

Oh iya selain murah, berikut alasan utama orang-orang menyukai Soto Ayam Dahlok:

Resep yang masih terjaga

Soto ayam dahlok
Seporsi soto ayam dahlok by garnesia

Alasan pertama orang-orang menyukai tempat makan ini karena resepnya yang khas dan tidak pernah berubah sejak generasi pertama hingga saat ini. Para pecinta kuliner dari derah luar pun selalu menyempatkan singgah ke tempat ini saat ke Jember

Bahan yang digunakan yakni daging ayam kampung, jeroan, telur rebus, irisan toman dan disemppurnakan dengan irisan bawang goreng membuatnya aromanya sangat harum.

Nah kan, Sambil nulis artikel ini aja tiba-tiba jadi lapar dan membayangkan menunya, hahaha.

Lokasi yang strategis

Soto ayam dahlok
Lokasi Soto ayam dahlok

Seperti alasan yang saya sebutkan diatas mengenai lokasi kuliner yang satu ini sangat strategis, yakni terletak di Kepatihan, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Lokasi ini merupakan pusat kota Jember yang bisa kita akses dengan mudah.

Dari Taman Botani Sukorambi hanya sekitar 10-15 menit saja. Jadi setelah menikmati kesejukan dan keindahan tumbuhan hidroponik kita bisa langsung cuss mencicipi kuliner legendaris di Jember yang telah berdiri sejak 1958 lalu.

“So, liburan kita jadi lengkap di Jember”

Pelayanan yang ramah

Soto ayam dahlok
Pelayanan yang memuaskan by travelingyuk

Saya yakin alasan utama orang-orang menyukai suatu rumah makan salah satunya diukur dari pelayanan yang disuguhkan. Apakah ramah atau tidak, wajah cemberut atau menyebalkan, ataupun pelayan yang care atau cuek.

Tanpa sadar semua hal diatas menjadi parameter yang menentukan kualitas dari suatu rumah makan. Sebut saja makanan di resto A enak tapi pelayanannya menjengkelkan sedangkan di resto B biasa saja tapi pelayanannya sangat ramah dan peduli kepada pengunjung

Maka kebanyakan orang akan betah untuk berlama-lama di rumah makan B, dan saya pun demikian. Bagaimana dengan anda? hehehe

Di Soto Ayam Dahlok memiliki pelayanan yang termasuk ramah, terlihat dari testimoni pengunjung yang pernah makan kesana mayoritas puas dengan kuliner dan pelayanannya.

Daftar Menu Soto Ayam Dahlok

Soto ayam dahlok
daftar menu Soto ayam dahlok

Namanya emang soto ayam tapi diantara soto yang ditawarkan terdapat beberapa variasi yang bisa kita pilih seperti soto ayam dengan soto dengan jeroan, soto biasa ataupun soto istimewa.

selain itu, hal unik lain yang menjadi perhatian yakni usia rumah makan ini termasuk yang terlama yakni berusia 60 tahun sejak didirikannya 1958 silam. Umur yang tua dengan kualitas yang masih terjaga termasuk hal yang tidak mudah bagi sebuah rumah makan. Kunci dari rumah makan ini ialah konsisten dari generasi pertama hingga saat ini, so ayo ke Jember!

12 thoughts on “Menikmati Soto Ayam Dahlok, Kuliner Legendaris Jember Sejak 1958

  1. Pelayanan memang jadi poin penting. Kalau penjualnya ramah. Sllu betah lama2, tapi kalau penjualnya muka judes, maunya langsung pergi gak jadi beli.

    Ayam dahlok, tunggu aku ae~

    1. iya bener bangett mba hahaaa. makanya saya lebih betah ber lama2 di rumah makan atau cafe klo pelayanannya mantap.
      saya pernah makan di beberapa warung makan yang makanannya enak tp pelayanannya kurang… jadinya saya gak minat lagi kesana hehehee

  2. Duh menggoda sekali sih, Mas. Soto ini suka banget aku.
    Salah baca aku ah, siang gini belum makan udah dihidangkan soto, boleh kan aku makan 😀
    Itu yang aku suka, kalau pelayanan baik, terlebih enak pasti bakal balik lagi kesitu..he

  3. lumayan lama juga yah soto ini dipertahankan jadi kuliner di jember,
    saya termasuk pecinta kuliner lawas. karena biasanya makin lawas maka makin enak juga citarasanya, nice artikel bang, sangat bermanfaat…

  4. Sebagai perempuan yang jadi jinak kalau #dipakanisoto aku ngiler banget lihat postingan ini. Belum pernah ke Jember juga, jadi nanti kalau ada kesempatan ke sana pasti mau nyobain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.