Mengarungi Danau Toba, Menuju Pulau Samosir

Siapa sih yang tak kenal dengan Danau Toba? Sebuah nama danau yang sering kita dengarkan dari cerita rakyat saat masih kecil ini menjadi sangat populer beberapa tahun belakangan. Faktanya, Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dengan panjang 100 Km, lebar 30 Km dan dengan kedalaman 505 meter dari permukaan. Wow, sungguh merupakan danau yang luasnya tak main-main.

Fakta menarik lainnya, Toba yang kita kenal sekarang adalah nama dari sebuah Danau yang dulunya merupakan nama gunung volcano super yang pernah menggemparkan seluruh dunia saat meletus. Dari situlah Danau Toba terbentuk dan menjadi destinasi wisata andalan di Sumatera Utara sampai pada hari ini.

Danau Toba
Mengarungi Danau Toba

Pertama kali saya tiba dan memandang danau ini, rasanya seperti berdiri di pinggir pantai dengan pemandangan laut biru sejauh mata memandang yang tak ada ujungnya. Padahal ini hanya sebuah danau yang terletak di puncak gunung dengan suhu yang cukup dingin.

Perjalanan Menuju Danau Toba

Hari itu saya mengambil penerbangan dari Aceh ke Medan sebelum pulang ke Makassar, dari bandara Sultan Iskandar Muda Aceh akhirnya saya mendarat di Bandara Kualanamu, Medan dengan cuaca cerah dan cukup panas.

Dari bandara kemudian saya menaiki transportasi yang bernama Ralink alias kereta Bandara menuju pusat kota Medan dengan waktu kurang lebih 45 menit untuk kemudian bertemu kawan saya bernama Kholis. Sesampainya di Medan saya disambut dengan ramah oleh sahabat lama saya tersebut dan kemudian diajak menuju basecamp teman-teman yang lainnya.

Tanpa berbelit-belit dan dengan sekali diskusi, gass akhirnya kami sepakat berangkat malam itu juga menuju Danau Toba menggunakan KERETA, sebuah kendaraan yang kita sebut Sepeda Motor kalau di Makassar, hahaha.

Perjalanan dari Medan menuju Danau Toba sekitar 4 jam lamanya. Karena kami berangkat larut malam dan fisik mata kawan yang lain mulai sayu dan layu, kmai memutuskan untuk beristirahat di salah satu masjid di setengah perjalanan kami. Setelah fit dan tenaga kembali pulih akhirnya perjalanan kami lanjutkan menuju Danau Toba dengan kereta masing-masing.

Menuju Pulau Samosir

Suhu semakin dingin dengan hembusan kabut yang menyelimuti menandakan kami sudah tiba di Danau Toba, Rute selanjutnya ialah menuju Pelabuhan Penyebrangan Ajibata dan mengarungi Danau Toba agar bisa sampai ke Pulau Samosir.

“Pulau ini merupakan pulau yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba beratus tahun silam, letaknya tepat di tengah Danau Toba”

Perjalanan dari pelabuhan penyebrangan menuju Pulau Samosir kurang lebih 1 jam lamanya dengan deru ombak air tawar yang membuat kapal sedikit bergoyang layaknya diatas lautan. Ombak air tawar ini termasuk salah satu hal unik yang dimiliki Danau Toba.

Danau Toba
Pelabuhan Sumber Sari, Samosir

Akhirnya kami tiba di Samosir sebelum senja menjemput. Jadi, masih bisa berkeliling terlebih dahulu sebelum kembali ke Medan. Pulau Samosir menawarkan wisata oleh-oleh khas Batak seperti syal, gantungan kunci, baju, aksesoris dan masih banyak lagi cinderamata lainnya. M

Mencoba Aplikasi Pegi-pegi

Setelah puas mengarungi Toba dan mengelilingi Samosir akhirnya kami kembali ke ibukota Sumatera Utara sebelum kembali pulang ke Makassar. Ada banyak cerita dan kejadian seru saat saya traveling di Toba saat itu.

Karena lelah dengan perjalanan darat saat ke Toba menggunakan sepeda motor, kami memutuskan untuk mencoba mencari tiket kereta api menggunakan aplikasi pegi-pegi yang baru saya download. Harapannya sih supaya tubuh bisa diistirahatkan kembali agar kembali bugar dan segar.

Caranya sangat mudah dan simple, cukup lakukan 5 langkah praktis berikut:

1. CARI : Cari Tiket Kereta api yang kamu inginkan
  2. PILIH : Silahkan memilih untuk pembelian tiket KAI atau tiket Railink (Kereta Bandara), kemudian masukkan stasiun tujuan kamu
  3. PESAN : Perjalanan kereta api dapat kamu pilih sesuai yang diinginkan. Klik tombol “PESAN” untuk memesan tiket tersebut.
  4. BAYAR: Pilih dan klik metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda (Kartu Kredit / Bank Transfer)
  5. E-TIKET : Jika pembayaran telah kamu lakukan selanjutnya e-ticket akan terkirim secara otomatis ke alamat emailmu maksimal 60 menit sejak pembayaran dilakukan. Hal yang perlu di ingat yakni e-ticket ini bukanlah tiket kereta api. Anda harus menukarkan e-ticket dengan tiket kereta yang asli di stasiun keberangkatan.

10 thoughts on “Mengarungi Danau Toba, Menuju Pulau Samosir

1. jadi ingat pernah kasih deal tour ke Medan dan salah satu objek wisata yang di kunjungi adalah danau danau toba dan sayangnya saat itu saya tidak bisa ikut pergi. Jadi nya sampai sekarang hanya bisa mendengar cerita kawan tentang bagusnya Danau Toba. Kalau ke sana lagi info2 ya kak, barangkali bisa cocok jadwal kita.

2. Wah seru banget ya bisa melancong ke danau toba. Selama ini saya baru dengar namanya saja dan belum pernah menikmati indahnya danau toba secara langsung.

3. Dari semua pulau yang ada di Indonesia, sisa sumatera dan papua yang belum pernah sama sekali saya kunjungi.. Ingin sekali rasanya ke sumatera, explore mulai dari lampung hingga aceh. Terutama berkunjung ke danau toba..

4. Kereta kalau di Makassar motor ya kak. Teman saya lernah cerita katanya punya teman orang Medan yang dia sebut motor sebagai kereta.

Danau toba luasnya bukan main, wow

5. Saya belum pernah ke Sumatra Utara, pertama kali ke pulau sumatra tahun lalu ke Palembang Batam selama hampir 2 minggu dan pesan tiketnya pakai pegi-pegi dong. Kebetulan lagi ada diskon besar-besaran di sana. Btw, danau toba ada dalam bucket list saya, hope one day bisa pergi ke sana.

6. tips dari saya, kalau memulai sebuah tulisan sebaiknya hindari kalimat; siapa yang tidak tahu/kenal dengan bla bla bla?

kenapa? karena bisa saja di antara para pembaca ada yang tidak tahu atau kenal dengan subjek yang ditanyakan. atau, kalaupun kenal kesannya jadi kayak kita penulis ini sombong sekali, beranggapan semua orang sudah tahu apa yang kita mau ceritakan. padahal kan nda ya?

jadi sebaiknya hindari kalimat seperti itu..

demikian dan terima uang kecil

7. Kalo Sumatera, saya baru berkunjung ke Jambi dan Palembang. Itu pun udah lama banget, tahun 1985. Saya masih SD, hehe…

Pengen rasanya balik ke Sumatera untuk lihat Danau Toba, Indonesia 0 Kilometer, Jam Gadang, Pulau Belitung, dan masih banyak lagi kekayaan Sumatera.

8. Selain pulau belitung, saya pengen banget main ke danau toba.

Ingat sewaktu kecil dari cerita sampai ftv legenda danau toba selalu saya lihat. Jadi tak heran masih teringiang-ngiang kalo danau toba itu berasal dari kisah pak toba, anaknya samosir dan istrinya si ikan emas heehehehe

9. sedari kecil mau sekali ke Danau Toba karena selalu muncul dalam pelajaran IPS. pernah dapat tawaran kerja di sana juga, sayang tidak saya ambil. jadinya sampai sekarang tidak pernah kesampaian ke sana,