Yuk Intip 7 Destinasi Wajib di Korea Selatan

Mendengar negara Korea Selatan pasti yang terlintas di benak kita adalah K-Pop atau Drakor yang penuh dengan drama romantisnya. Namun, lebih dari itu Korea Selatan ternyata punya banyak sudut yang sangat menarik untuk dilihat lebih dekat.

Setelah traveling di negeri gingseng pada penghujung tahun 2018 lalu, tepatnya pada tanggal 20 s/d 26 Desember saya mengunjungi begitu banyak destinasi yang keren yang kemudian saya kerucutkan menjadi kumpulan destinasi wisata yang recomended  buat sobat dTraveler yang ingin liburan di Korea Selatan. Artinya destinasi ini merupakan pilihan wajib saat traveling ke negeri ginseng ini.  Baiklah, Berikut 7 list destinasi yang wajib sobat dTraveler kunjungi saat traveling ke Korea Selatan:  

1. Gyeongbokgung Palace

Korea Selatan
Lokasi drama A Jewel In The Palace

Gyeongbokgung Palace merupakan istana yang terletak di sebelah utara kota Seoul. Istana ini didirikan pada tahun 1394 oleh Jong do jeon dan termasuk salah satu dari 5 istana terbesar yang ada di Korea Selatan. Luas istana ini yakni 1.107 meter persegi yang dibangun pada masa dinasti Joseon

Selain berfoto dengan latar istana kita juga bisa mencoba sensasi menggunakan pakaian Hanbok yaitu pakaian khas Korea Selatan pada Dinasti Joseon. Hal menarik lain yang ada di istana ini yakni merupakan lokasi syuting salah satu film ternama yang diangkat dari kisah nyata berjudul “A Jewel In The Palace” yang booming pada tahun 2003 lalu.

Menarik: Sisi Lain Labuan Bajo

2. Namsan Seoul Tower

Pasti sobat dTraveler pernah mendengar istilah gembok cinta. Lokasinya berada di Namsan Seoul Tower, sebuah menara dengan ketinggian 482 meter diatas permukaan laut yang dibawahnya terdapat area untuk memasang gembok bertuliskan nama pasangan yang ingin diabadikan.  

Setelah gembok dipasang dan ditulisi nama pasangan kemudian kuncinya dibuang sejauh mungkin, harapannya agar cinta mereka terkunci abadi selamanya seperti gembok yang telah dipasang tersebut  

3. Nami Island

Korea Selatan
Pintu gerbang Nami Island

Nami Island merupakan sebuah pulau buatan yang berbentuk setengah lingkaran yang terletak di tengah danau Uiamho, Chuncheon-si, provinsi Gangwon-do, Korea Selatan. Pulau ini berasal dari nama salah satu Jendral Korea Selatan yakni Jendral Nami, untuk sampai ke pulau ini cukup mudah, dTraveler tinggal naik kapal penyebrangan kurang lebih 10 menit saja dari dermaga penyebrangan di seberang Pulau Nami.  

Nami Island terkenal berkat salah satu drama korea berjudul “Winter Sonata”. Film ini mengisahkan drama romantis dengan latar pemandangan Pulau Nami yang sangat indah dan sukses mengambil hati para pecinta drama pada awal tahun 2000an. Drama itu juga yang menjadi drama pertama dan terakhir yang saya tonton dari awal episode sampai akhir, hahaha.

4. Mt. Soerak

Korea Selatan
Kereta ganung menuju puncak

Soerak merupakan nama pegunungan di Korea Selatan yang telah menjadi kawasan taman nasional bernama Mt. Soerak National Park. Luas kawasan pegunungan ini mencapa 398,539 kilometer persegi dengan lambang beruang yang berdiri kokoh dan gagah di depan pintu masuk.  

Salah satu aktifitas yang di incar oleh wisatawan yang datang di tempat ini yakni naik ke puncak menggunakan Cable Car alias kereta gantung. Dari atas kereta kita bisa melihat view gunung yang indah serta penampakan salju abadi yang terdapat dari sela-sela gunung. Karena kami datang pas musim dingin jadi angin yang bertiup dari arah pegunungan sangatlah dingin, namun kami tidak takut masuk angin karena sudah di bekali Tolak Angin selama traveling seminggu di korea selatan.

5. Myeongdong

Korea Selatan
Pusat perbelanjaan paling ramai di Korsel

Myeongdong merupakan salah satu distrik belanja terbesar di Korea Selatan. Semua yang dicari ada disini mulai dari street food, kosmetik, masker, tas, jaket dan barang branded lainnya juga ada disini. Singkatnya Myeongdong merupakan tempat muda mudi korea berkumpul hingga malam hari.   Myeongdong terletak di kawasan Chungmuro, Eujiro, dan Namdaemun-ro. Akses yang mudah serta barang yang murah namun berkualitas membuat para wisatawan tak pernah melewatkan tempat ini saat traveling ke Korea Selatan.  

Bagaimana? Destinasi yang menarik bukan. Mungkin salah satu destinasi diatas adalah impian sobat dTraveler yang sangat ingin ke Korea, 5 destinasi diatas juga merupakan destinasi impian  saya yang akhirnya jadi nyata berkat detikTravel Tolak angin dan detikcom. Sehingga kami bisa jalan-jalan gratis sampai ke negeri gingseng bersama pemenang dTraveler of The Month Pesona Asia lainnya.

6. Everland

Korea Selatan
Wajah senang jalan-jalan gratis, hahaha

Everland merupakan Theme Park atau Taman Hiburan Terbesar di Korea Selatan. Taman hiburan ini mulai dibuka pada tahun 1976 silam dan terletak di kota Yongin, provinsi Gyeonggi-do, Korea Selatan. Harga tiket masuk di Everlend di bandrol seharga 45.000 WON untuk setengah hari dan 54.000 WON untuik full day. Jika dikonversi ke rupiah dengan harga won saat ini yakni Rp 13.5 maka untuk tiket full day seharga Rp 729.000, lebih murah dikit lah dibanding Universal Studia SG ya.

“kabar gembiranya karena kami bisa free masuk disini ditraktir sama kakak Tolak Angin dan Detik Travel, hihihi”

Karena kami datang saat Winter tiba jadi saat itu sangat ramai dikarenakan Everland menjadi salah satu destinasi wisata favorite saat musim dingin tiba. Sejauh mata memandang hanya ada oppa dan onnie yang berkeliaran dengan mesranya. Apa daya saya yang hanya bisa selfie dengan wahana sekitar dengan kamera mirrorless saya, hahaha.

7. Ski Resort

Korea Selatan
Ekspresi saat pertama melihat salju

Satu yang menyenangkan di Korea Selatan karena memiliki 4 musim, jadi saat musim salju (winter) ada banyak aktifitas seru yang tak bisa kita lakukan di negara tropis. Salah satu yang paling favorit ialah bermain ski di alam terbuka.

Seperti orang awam pada umumnya saat melihat salju pertama kalinya saya senyum sumringah sambil memegang bunga es yang bertebaran tersebut sambil berkata

“oh ini salju yah, kok kayak es serut, hahaha

Selanjutnya saya mencoba bermain ski dengan peralatan lengkap mulai dari helm, kacamata, jaket tebal, celana ski, sepatu dan papan ski 1 set. Hal tersebut merupakan SOP jika kita ingin menikmati olahraga musim dingin ini. Sepintas terlihat begitu mudah, namun jangna percaya dengan apa yang anda lihat sebelum mencoba.

Yang Mau ke Korea : Persiapan Liburan Ke Korea Selatan

Saya jamin pasti banyak drama jatuh bangun saat pertama mencoba olahraga ini. Ada yang penuh perjuangan untuk belajar namun tak sedikit yang menyerah dan memutuskan untuk selfie saja di sekitaran arena ski resort tersebut, hahaha. Silahkan dipilih anda masuk kategori mana.

Nah, itulah 7 destinasi yang wajib kamu kunjungi saat di Korea Selatan, semoga bisa jadi referensi buat kamu yang merencakan liburan ke negeri gingseng ini. Berikut video perjalanan kami:

30 thoughts on “Yuk Intip 7 Destinasi Wajib di Korea Selatan

  1. oh my godddddd,, korsellllllll, this country is definitely one of my bucket lists. Seru bangettttt, bikin envy aja. Btw Linknya saya save yah kak, saat nyusun itin nnati wajib memasukkan 7 destinasi ini πŸ₯°

  2. satu yang langsung nancap di kepala saya kalau merencanakan liburan ke Korsel adalah soal ribetnya mengurus Visa, impresi saya dari cerita teman2 bahwa KorSel ini seperti ogah2an menarik wisatawan karena ribetnya ngurus Visa… hehehe

    tp mungkin hanya kasus di UAE saja begitu. kalo ngurus visa di Korean Embassy di Indonesia sepertinya gampang ya

    1. btul skali, pengurusan visa korea memang agak ribet. dan kantornya cuma ada di jakarta. belum lagi persiapan mengurus visa nya yang buanyaaaak…

      jadi banyak org yg batal brangkat krn kurang perisapan berkas dalam bikin visa

  3. Entah kenapa tahun ini saya juga membuat visi untuk mengunjungi korea, yang awalnya tidak suka tapi menjadi penasaran juga untuk bwrkunjung kesana. Kalo nnti ada kesempatan mau coba2 ke everland juga hihi.

  4. Saya salut sama usaha pemerintah Korsel membangun wisata mereka yang disinergikan dengan perkembangan film drama dan musik korea.

    Kelihatan sekali mereka punya road map wisata yang bagus.

  5. Waaah enaak yaa kak bisa jalan-jalan gratis gitu, ke Korsel pulaak. Duh, mupeng deh saya apalagi liat foto-foto di atas. Berasa pengen juga travelling ke sana.

  6. Inspiratif sekali kak😍. Korea dan Jepang salah satu destinasi impian, dan sebagai pecinta skycrapper, saya pengen banget datangi namsan seoul tower😁

  7. Myeongdong favoritku! Bukan buat belanja kosmetik dan barang bermerek, tapi buat jajan street food :p
    Sejam saja mutar-mutar di sini, bisa habis uang saku ku gara-gara jajan _ _’

  8. Myeongdong favoritku! Bukan buat belanja kosmetik atau barang bermerek sih, tapi jajan streetfood <3
    Satu jam saja mutar-mutar di sini, bisa habis uang saku ku gara-gara jajan _ _’

  9. Karena saya terkontaminasi suka nonton drakor versi kerajaan jadi saya penasaran melihat istana buka dari layar kaca, dan pikirku sudahmi jiga mydaypack lempar kunci jauh-jauh (nda liat caption) dan ehh auto ngakak saat “saya hanya bisa selfie dengan kamera mirrorless” kamaseangnaa, knapa nda ajak 1 onni untuk bergandengan tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *