Jokka-jokka Ku Barru Expo 2019, Bertemu Rindu Pasar Lokal

Barru merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, kurang lebih 2 jam perjalanan atau sekitar 102 Km sebelah Utara Kota Makassar. Barru resmi terbentuk pada tanggal 20 Februari 1959 silam dengan luas wilayah 1.174 Km2 dan dibagi dalam 7 Kacamatan. Kabupaten ini memiliki segudang objek wisata yang sangat potensial untuk dikembangkan, mulai dari wisata pantai, air terjun, kesenian, kuliner juga budaya.

barru expo 2019
Suasana Barru Expo malam hari

Lokasi yang strategis sebgai jalur utama jalan Trans Sulawesi menjadi alasan utama kabupaten ini layak untuk mendapat perhatian lebih dalam perkembangan dunia pariwisata. Seperti kegiatan tahunan yang baru saja sukses terlaksana beberapa waktu lalu dengan nama BARRU EXPO, dengan tema Bertemu Rindu dengan Pasar Lokal

Menarik: Air Terjun Keren di Barru

Namun, tahu apa itu barru expo? dan apa sih menariknya Barru Expo itu? Nah, kebetulan beberapa waktu lalu saya sempat jalan-jalan di kegiatan ketceh ini, overall kegiatannya sangat menghibur dengan berbagai jajanan yang sukses membuat saya kangen sampai saat ini, hahahah. Selain saya, masyarakat juga sangat antusias dengan kegiatan ini, hal tersebut terlihat pada kunjungan saya di malam ke tujuh dengan jumlah pengunjung sekitar 5.700an orang, wow jumlah yang sangat luar biasa malam itu.

Apa sih Barru Expo itu?

barru expo 2019

Barru expo merupakan perwujudan ide dan kreatifitas masyarakat Barru yang didalamnya terdapat Pasar Lokal dengan begitu banyak tenan kreatif dan jajanan enak dan ngangenin. Awalnya kegiatan ini bernama Festifal Budaya To Berru saat pertama kali diadakan tahun 2011 silam yang didalamnya berisi pameran pembangunan.

Namun karena tuntutan zaman dan keterlibatan berbagai pihak seperti pelaku usaha dan berbagai komunitas keren yang ada di Barru, maka namanya berubah menjadi BARRU EXPO. Hingga pada tahun 2019 ini salah satunya yakni Barru Keren Tanpa Miras, ujar salah satu narasumber kita yang juga suksessor kegiatan ini Supriyono Taryono atau akrab disapa Om Ono.

Kegiatan apa saja sih di Barru Expo?

Bukan hanya jajanan dan tenan, di Barru Expo juga terdapat banyak kegiatan seru dan menarik, jadi jangan khawatir buat kamu yang memiliki minat yang beragam pasti bakal puas deh setelah Jokka-jokka alias jalan jalan di Barru Expo 2019. Entah itu kamu yang suka musik, ataupun kesenian seperti fashion show dan lantunan alat musik Pakkacapi hingga aksi deklarasi anti miras pun ada. So, berikut detail kegiatan yang ada di Barru Expo 2019:

  1. Musik Baik, Aliansi Musisi Barru 27 Juli
  2. Talkshow Lokal Movement – 28 Juli
  3. Pakkacapi dan Bincang Budaya – 29 Juli
  4. Dangdutan untuk Hikam KDI, 30 Juli
  5. Bintang Karaoke, 31 Juli
  6. Fashion Show, 1 Agustus
  7. Bintang Qasidah Antarkacamatan, 2 Agustus
  8. Deklarasi Keren, Barru Tanpa Miras. 3 Agustus

Gimana travelers? Saya rasa kegiatan diatas cukup untuk menjelaskan kepada orang awam bahwa “Inilah Barru Kawan, sebuah kabupaten dengan segala kesederhanaannya, dengan segala keramahannya, dan dengan segala potensi yang sangat sayang bila tidak dikembangkan. So, ke Barru yuk!

8 thoughts on “Jokka-jokka Ku Barru Expo 2019, Bertemu Rindu Pasar Lokal

  1. Ayo ke barru.. wah jadi ga sabar nunggu tahun depan.. semoga kita dipertemukan lagi sm yg dirindukan

  2. Event yang ditunggutunggu penikmat kuliner travellers,masyarakat dan para pelaku tenant (yang tergabung dalam BLB)-baaru local brand
    See you next year
    Barrukeren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *