7 Potensi Wisata Pantai Eksotis di Pulau Rote Yang Menjanjikan

Berbicara soal pantai maka Indonesia adalah juaranya. Bagaimana tidak, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia.

Mulai “dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote”. Berbagai jenis pantai dengan pesonanya terhampar luas membentang sejauh mata memandang. Itulah Indonesia yang kaya akan wisata Pantai.

Sesuai penggalan lagu diatas, saya jadi teringat perjalanan traveling pada provinsi ke 21 yang saya kunjungi yakni di Bumi NTT, tepatnya di Pulau Rote. Saya melihat dengan jelas 5 pantai indah yang terdapat disana. Pantai tersebut adalah pantai terindah yang pernah saya lihat dalam perjalanan solo backpacker saya. Berikut  5 pantai eksotis tersebut:

Menarik : Cerita Seru Beta di Pulau Rote

1. Pantai Rote Tengah – Rote Tengah

Jejeran batu keren menambah kesan eksotis

Tiba di kupang saya melanjutkan perjalanan menuju Bolok, sebuah dermaga kapal ferry yang membawa saya bersama ratusan penumpang lainnya menuju Pulau Rote.

Perjalanan kurang lebih 3 jam lamanya dengan ombak yang tenang dan semilir angin yang sepoi di pinggir dek lantai 2 kapal ferry. Saya begitu menikmati perjalanan menuju Rote saat itu. Karena bisa melihat laut lepas Indonesia di sisi selatan

Setibanya di Rote saya bergegas menuju rumah Dhea, kenalan baru saya di Rote Ndau yang juga merupakan anak kepala desa Oetefu, Rote Barat Daya menggunakan kendara roda.

Tak lama setelah jalan, saya melihat ke arah kanan ada sebuah garis pantai yang begitu panjang. Namun anehnya pantai tersebut terlihat kosong. Saya pun bertanya kepada Dhea,

“itu pantai apa yah, kok kosong?

“Oh itu pantai Rote Tengah mas, mau singgah?” kata Dhea

Kemudian saya singgah dan melihat sekeliling pantai sambil heran, kok bisa pantai indah dan sebersih ini kosong dan tidak dimanfaatkan sebagai destinasi pariwisata yah?

Padahal garis pantainya sangat panjang dengan deretan karang bermunculan diatas laut menambah kesan unik dan instagramable bagi para pelancong. Saya merasa sangat senang bisa disambut oleh destinasi pertama berupa pantai indah diluar bucket list saya.

2. Pantai Oeseli – Oeseli, Rote Barat Daya

Pantai paling subur di Rote

Menjelang senja saya melanjutkan perjalanan ke Rote Barat Daya kurang lebih 1 jam perjalanan melewati aspal yang baru saja dibuat hingga tiba di desa Oeseli jalannya berubah menjadi berbatu diserta krikil.

Sempat saya bertanya dalam hati, “bener gak yah ini jalan ke pantainya?” hahaha.

Dengan sedikit rasa sabar bercampur khawatir akhirnya saya melihat pantulan cahaya biru dari kejauhan. Ternyata benar ada pantai yang sangat indah di balik jalan berbatu tadi, namanya ialah Pantai Oeseli.

 

Sebuah pantai dengan laut biru tua disertai pasir yang sangat subur, mengapa? karena disepanjang garis pantai saya melihat terdapat banyak pohon yang tumbuh subur nan hijau. Bukan hanya itu, ketika sya mendekat ke bibir pantai ternyata ada banyak bintang laut yang hidup menandakan bahwa biota laut disini masih terjaga. Padahal ini di pesisir pantai lho, tapi bintang lautnya berjejer rapi seperti anak SD yang lagi berbaris.

Benar-benar pantai yang masih perawan dan jarang terjamah oleh wisatawan. Sangat cocok buat kamu yang ingin menikmati senja dengan tenang diatas pasir putih yang lapang.

3. Pantai Telaga Nirwana – Oeseli, Rote Barat Daya

Diseberang pantai Oeseli terlihat karang raksasa seperti gunung. Saya berpikir kalau itu adalah sisi lain dari Pulau Rote, ternyata bukan! itu adalah dinding penghalang sebuah destinasi pantai indah yang jarang terjamah, namanya adalah Telaga Nirwana.

Yakni sebuah kolam laut raksasa menyerupai danau tapi yang ini diisi dengan air laut. Karang raksasa menyerupai gunung tadi menulang tinggi melingkari Telaga Nirwana. Kemudian di tengah-tengah terdapat karang berbentuk hati yang terbentuk secara alami beratus tahun yang lalu. Benar-benar paduan pemandangan yang sangat indah.

Jika kamu mengajak si do’i kesini, saya yakin bisa menjadi satu hari yang spesial dan romantis baginya. Karena ada karang berbentuk hati di tengah laut yang berwarna biru muda ini.

4. Pantai Nembrala

Saya menginap rumah bapa Hermanus Messakh, kepala desa Oetefu yang berbaik hati berbagi tempat beristirahat pada malam hari.

Keesokan harinya saya bangun dengan semangat sebelum matahari terbit dan mempersiapkan perlengkapan untuk menjelajah pantai eksotis selanjutnya. Hari ini kita akan mengunjungi salah satu pantai yang sangat terkenal di Pulau Rote yang bernama Pantai Nembrala.

Pada pantai ini terdapat banyak kapal penyebrangan untuk aktifitas hopping island atau jelajah pulau. Selain itu, disini juga sudah terdapat beberapa beberapa penginapan ala backpacker hingga resort berbintang dengan fasilitas lengkap.

Kebanyakan wisatawan yang datang kesini adalah orang Australia, karena Pulau Rote memang berbatasan langsung dengan benua Australia. Pantai Nembrala ini sangat cocok bagi sobat traveler yang ingin berbulan madu sambil candle light dinner di resort pinggir pantai

5. Pantai Lifulada – Rote Tengah

Iseng-iseng di tengah perjalanan ketemu pantai cakep seperti ini di rote

Dari nembrala saya melanjutkan perjalanan ke arah Rote Barat, disepanjang jalan saya bertemu begitu banyak wisatawan dari Australia yang hendak menuju ke pantai ini. Namun, beda dengan saya yang berlawanan arah dengan para tourist tersebut.

Saya berjalan ke arah sebaliknya dan melihat ada lengkungan pantai di sisi kanan jalan. Iseng-iseng saya mencoba singgah dan melihat pantai tersebut. Disana saya melihat pagar penghalang yang mulai dibuat oleh warga. Ternyata tempat tersebut bernama Pantai Lifulada, sebuah destinasi wisata yang baru digarap oleh warga sekitar.

Yang menarik dari pantai ini karena masih baru dan sangat bersih, ditengah pantai terdapat sebuah karang yang sangat besar menjadikan tempat ini sangat instagrammable buat foto keceh ala pantai.

6. Pantai Batu Pintu – Rote Barat Daya

View dari atas pantai batu pintu

Dari namanya pasti sobat traveler membayangkan sebuah pintu batu raksasa. Nah, hal tersebut benar karena untuk masuk di pantai ini kita akan melewati sebuah gua batu yang menyerupai pintu raksasa.

Didalamnya terdapat sebuah pantai yang indah dan tertutup oleh batu raksasa yang memanjang sampai bibir pantai paling ujung. Salah satu view terbaik dari pantai ini ialah dari atas, karena kita bias mengambil konten foto dengan paduan pantai dan batuan raksasa yang memanjang.

7. Pantai Bo’a dan Inaoe – Rote Barat Daya

Pantai yang belum memiliki nama

Pantai selanjutnya yang saya lewati bernama Pantai Bo’a yang merupakan pantai dengan ombak yang tinggi. Pantai ini merupakan surge bagi para pecinta surfing. Hal tersebut terlihat dari wisatawan asing yang jauh-jauh dating ke Bo’a hanya untuk menikmati ombak di pantai ini.

Waktu saya kesini juga kebetulan ada event selancar yang diikuti oleh warga local hingga mancanegara. Tak heran jika banyak bibit-bibit peselancar yang terlahir dari sini.

Tepat di sebelah Bo’a terdapat pantai cantik bernama Pantai Inaoe. Pantai ini merupakan pantai yang masih baru, saya mencoba mencari papan nama pantai ini tapi belum ada, yang ada hanya papan penunjukkan dusun tempat pantai ini berada. Jadi, saya menamakannya Pantai Inaoe sesuai dengan nama dusun yang ada disini.

Berbicara mengenai kelebihan dari pantai ini adalah di pasirnya, diantara ke enam pantai yang sudah saya ejlajahi diatas, pantai ini yang memiliki pasir paling putih diantara yang lainnya. Sungguh benar-benar pecahan surga yang baru ditemukan.

Menarik :Tips Traveling Hemat ke Jogja 

So, jika disuruh memilih dari ke tujuh pantai diatas kira-kira sobat travelers pilih yang mana? Kalau saya sih pastinya bingung, hahaha soalnya semua punya keunikan masing-masing.

Intinya yang saya tahu bahwa rote punya potensi wisata pantai yang sangat menjanjikan untuk dunia pariwisata Indonesia, khususnya destinasi pantai yang anti-mainstream

4 thoughts on “7 Potensi Wisata Pantai Eksotis di Pulau Rote Yang Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.