Cara Tepat Liburan di Jogja Untuk Kamu Yang Belum Pernah Ke Sana

Jogja adalah ibukota Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi sasaran utama wisatawan untuk berlibur. Kota gudeg ini memang tak hanya menjadi kota seni dan pendidikan saja, melainkan wisata budaya, alam, dan lainnya. Itulah yang menjadikan Jogja selalu dirindukan oleh semua orang yang pernah ke sana.

Menarik : Daftar Kuliner Jogja Ini Wajib Kamu Catat

Untuk kamu yang belum pernah ke Jogja dan ingin berlibur ke sana, coba deh baca artikel berikut ini. Dijamin Jogja akan membuatmu sukses gagal move on dan ingin kembali lagi ke kota tersebut. Berikut hal-hal yang ngangenin di Jogja:

Nongkrong di angkringan bersama segelas Kopi Joss

liburan di jogja

Makan Gudeg di pagi hari

liburan di jogja

Jalan kaki di sepanjang Malioboro

liburan di jogja

Menikmati sejuknya hutan pinus mangunan

liburan di jogja

Transportasi

Berbicara mengenai transportasi menuju Jogja ada banyak macamnya. Kamu bisa memilih sarana transportasi sesuai dengan budget liburan kamu. Jika kamu ingin liburan mewah, kamu bisa menggunakan pesawat dan turun di Bandara Internasional Adi Sucipto. Tapi ingat jangan pesan tiket terlalu mepet dengan waktu liburan.

Kamu juga bisa ke Jogja dengan naik bus, tinggal cari tiket dari kotamu menuju ke terminal Giwangan Jogja. Namun terminal ini terletak agak jauh dari pusat kota, jadi kamu harus naik angkutan umum atau taksi jika ingin pergi ke daerah kota. Namun jangan khawatir, karena ada banyak angkutan umum yang tersedia ketika kamu sudah sampai di kota.

liburan di jogja

Pilihan selanjutnya adalah kereta api. Jika kamu berangkat dari ibukota, kamu bisa memilih tiket kereta Jakarta – Jogja. Ada dua stasiun yang bisa kamu pilih, yakni:

  1. stasiun Lempuyangan, dan
  2. stasiun Tugu (Stasiun Yogyakarta).

Saran saya Lebih baik turun di stasiun Tugu karena letaknya sangat dekat dengan Malioboro dan tempat wisata lainnya. Tiket kereta Jakarta – Jogja ini bisa kamu beli jauh-jauh hari lewat website resmi PT KAI atau menggunakan aplikasi yang saat ini sangat mudah digunakan yakni Traveloka. Ketuk tanda panah ke bawah dalam menu pilihan kereta di aplikasi Traveloka untuk melihat detail stasiun tujuan akhirnya.

Belanja dan Oleh-Oleh

liburan di jogja

Belum ke Jogja jika belum membeli oleh-oleh dari sini, salah satu yang menjadi buah tangan wisatawan sebelum pulang ialah Bakpia Pathok 25 yang terletak di Jalan AIP II KS Tubun No.504, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah itu barulah terasa lengkap berlibur ke Jogja sobat.

Berkeliling Jogja

Jika ingin berkeliling di Jogja, kamu bisa memilih beberapa alternatif transportasi seperti taksi, becak, andong, ataupun bis Trans Jogja. Karena kota Jogja relatif kecil, berkeliling dengan transportasi di atas tidak akan banyak menguras uang sakumu. Kecuali jika kamu ingin berwisata ke daerah Gunung Kidul atau ke daerah pantai selatan. Jika demikian kamu lebih baik menyewa motor/mobil yang banyak tersedia di Jogja sana. Untuk sewa motor biasanya diperlukan biaya sekitar 50 ribu rupiah saja per harinya.

Ada banyak sekali tempat wisata di Jogja yang harus kamu datangi. Akan tetapi jika ini kali pertamamu ke Jogja, maka kamu harus mendatangi landmark penting seperti Tugu Jogja, Titik Nol Km, Hutan Pinus Mangunan,  Benteng Vredeburg, Keraton Jogjakarta, Taman Sari, Alun-Alun Kidul, Candi Prambanan dan masih banyak lainnya. Jika ada waktu lebih, jangan lupa untuk menyisir indahnya pantai yang ada di daerah Gunung Kidul dan juga mendaki bukit untuk berburu sunrise. Dijamin tidak akan mengecewakan dahh. Ayo buruan pesan tiket kereta Jakarta Jogja sekarang dan nikmati serunya berkeliling di kota romantis tersebut.

8 thoughts on “Cara Tepat Liburan di Jogja Untuk Kamu Yang Belum Pernah Ke Sana

  1. Nongkrong kece sampai lupa waktu tetep di Tugu sih. Soalnya saya pernah ngajak teman saya ke sini, terus ngobroooool sampai lama sekali. Pas saya ajak pulang, dia gak mau. Baru mau pas saya tunjukin jam, yang kala itu sudah menunjuk di angka 2 pagi wgwgw.

  2. whahaha baca artikelmu aku jadi ingat, sempat ke jogja 2 tahun lalu tapi ndak sampai 24 jam di sana. tapi sempet menginjakan kaki di Malioboro. jadi mau balik lagi haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.