5 Alasan Merencanakan Liburan ke Taman Botani Sukorambi Jember

Kemana liburan kita selanjutnya? Merupakan sebuah pertanyaan yang yang membuat setiap orang pasti bersemangat untuk menjawabnya. Bagaimana tidak, yang dibahas adalah liburan yang notabenenya merupakan sesuatu yang selalu menjadi penantian orang-orang saat tanggal merah tiba.

Ada yang menjawab liburan ke pantai, ada pula yang menjawab ingin berlibur ke pegunungan. Sementara yang lain ada yang ingin ke wisata air terjun dan ada juga yang ingin nanjak gunung.

Menarik : 5 Tips Liburan Seru, Dijamin Tanpa Ribet!

Semua destinasi diatas adalah tempat wisata yang pastinya seru untuk dikunjungi. Tapi nantinya hanya ada satu yang menjadi kesepakatan untuk menjadi tujuan wisata selanjutnya.

Saya menyarankan wisata jember yang bernama Taman Botani Sukorambi yang merupakan salah satu destinasi yang paling pas menjadi solusi destinasi liburan selanjutnya. Mengapa demikian?

Berikut 5 rencana kegiatan yang bisa kamu lakukan saat Liburan ke Taman Botani Sukorambi:

1. Merasakan Hijau, sejuk dan Asrinya wisata Ini

Taman Botani Sukorambi
Menikmati sejuk dan asrinya taman botani (doc: Taman Botani Sukorambi)
Taman Botani Sukorambi
taman yang hijau dan sejuk (doc: Taman Botani Sukorambi)

Kesejukan dan hujaunya taman botani sukorambi merupakan salah satu alasan utama pengunjung banyak yang berlibur kesini. Hal tersebut karena tempat ini diapit oleh 3 gunung yakni gunung Argapura, gunung Raung dan gunung Semeru.

Ditambah lagi berbagai jenis tumbuhan yang ditanam disana menjadikannya asri dan benar-benar membuat orang betah berada di taman botani ini berlama-lama.

2. Menikmati fasilitas yang memanjakan pengunjung

Taman Botani Sukorambi
salah satu fasilitas favorite pengunjung (doc: Taman Botani Sukorambi)

Dari semua wisata yang pernah saya kunjungi, taman botani ini merupakan salah satu yang terlengkap dalam hal fasilitas yang saya yakin bisa memanjakan pengunjung yang hendak berlibur kesini, seperti yang terlihat

Fasilitas yang ditawarkan antara lain:

  • Family room
  • Villa dengan 2 kamar tidur dan kamar mandi
  • 6 kolam renang dewasa, anak-anak hingga balita
  • Restauran
  • Bunny friends and village
  • Muslimah private area
  • Fasilitas Golf Cart
  • Penyediaan spot foto instagrammable
  • Area outbond
  • Panggung musik outdoor
  • Pondok seni
  • Horti Hut (pusat oleh-oleh sayuran dan buah)

Bagaimana? lengkap bukan? Jadi cukup hanya ke satu tempat wisata kita sudah bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang ada didalamnya. Lumayan bisa efisien untuk waktu liburan kita

3. Mengajak Mama ke destinasi favoritenya

Taman Botani Sukorambi
favorite mama ternyata wisata alam (doc: pribadi)
Taman Botani Sukorambi
episode mamatraveling (doc: pribadi)

Mama termasuk tipe pecinta wisata alam seperti taman bunga, kebun sayur dan buah-buahan, hutan dengan pepohonan yang berjejer rapi, serta berbagai wisata flora lainnya.

Hal tersebut saya ketahui setelah sukses mengajak mama backpackeran di malang beberapa bulan lalu pada episode #MamaTraveling

Oleh karena itu saya berencana mengajak Mama untuk traveling lagi kesini, ke Taman Botani Sukorambi. Saya yakin pasti bakal kegirangan saat melihat wisata yang satu ini.

4. Liburan sambil belajar

Taman Botani Sukorambi
salah satu even di taman botani (doc: Taman Botani Sukorambi)

Liburan selalu menjadi hal yang seru, tapi liburan sambil dapat ilmu pasti tak kalah serunya. Hal tersebut bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke taman botani ini.

Disini terdapat sarana belajar hidroponik bagi sobat travelers yang tertarik dengan biologi ataupun tumbuh-tumbuhan. Pasti akan jadi hal menarik, terlebih lagi hidroponik saat ini sudah sangat populer dan menjadi hobi bagi sebagian ibu rumah tangga.

Hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya, dengan prinsip bahwa nutrisi untuk tanaman yang harus dipenuhi. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas”

Diatas merupakan penjalasan singkat tentang hidroponik. Nah baru baca artikel ini saja sudah dapat ilmu, apa lagi kalau belajar langsung ke taman botani sukorambi hahaha.

5. Menyalurkan kecintaan terhadap flora dan fauna

Taman Botani Sukorambi
flora taman botani yang subur (doc: Taman Botani Sukorambi)
Taman Botani Sukorambi
salah satu fauna lucu yang ada di taman (doc: Taman Botani Sukorambi)

Salah satu minat saya sedari dulu yakni interest dengan flora dan fauna Indonesia yang beragam. Saat masih duduk di bangku sekolah dasar pun film yang sering saya tonton adalah yang ada hewan-hwannya atau film tentang tumbuh-tumbuhan.

Beberapa kali saya sering traveling ke berbagai provinsi pasti menyempatkan untuk singgah ke kebun binatang yang ada di daerah tersebut, untuk melihat langsung harimau, jerapah, singa, ular, merak hingga monyet yang bergelantungan di pohon.

Info terbaru yang saya ketahui tentang taman botani sukorambi katanya terdapat 500 jenis flora dan fauna yang beragam. Wow, luar biasa! saya langsung googling di laptop pada website tamanbotanisukorambi.com untuk mencari informasi dan lokasi dari taman botani ini dimana.

Berikut rincian tentang Taman Botani Sukorambi, Jember, Jawa Timur:

Lokasi

Jl. Mujahir, Sukorambi, Jember Jawa Timur

Jam operasional

Buka setiap hari, pukul 07.00 – 16.00 WIB, kecuali hari Jum’at.

HTM

  • Senin s/d Kamis Rp 12.000,-
  • Sabtu s/d Minggu Rp 20.000,-
  • Hari Libur Rp 20.000,-

Menarik : Jangan Kaget! Inilah Isi Museum Tsunami Aceh

Murah bukan? hahaha saya rasa wisata ini termasuk  destinasi yang sangat ekonomis bagi semua kalangan. Hanya dengan maksimal Rp 20.000,- saja kita sudah bisa berlibur sambil berpiknik didalamnya. Karena itulah wisata jember yakni taman botani sukorambi masuk dalam bucket list saya saat traveling ke Jawa Timur.

Dengan adanya taman botani ini pati Jember makin rame, Jember makin asik dan Jember bakal jadi salah satu tujuan wisatawan saat liburan ke Jawa Timur

“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2”

7 thoughts on “5 Alasan Merencanakan Liburan ke Taman Botani Sukorambi Jember

  1. Waaah gagal fokus ke mama.. Ibu dan anak mirp banget uyy.. Btw, aku jg blm pernah main ke jember, ckup lah 5 alasan itu supaya main ke jember 🙂

  2. Buibuk emang gitu kali ya, doyan ke tempat alam tapi gak alam-alam banget (gimana sih?) hahaha jadi kalau dikasih yang banyak kembang2 mereka tuh seneng gitu hahaha.

  3. Cocok buat family gathering. Tempatnya luas dan bisa menampung banyak kegiatan yang berbeda buat seluruh anggota keluarga besar. Sayangnya jauh tempatnya. Pernah ke Jember cuma buat naik Gunung Ijen sama main ke Pantai Pulau Merah hehehe 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.