7 Wisata Kuliner Padang Yang Wajib Kamu Coba

Rancak bana, tambuah ciek olalaaaa onde mande… Merupakan bahasa minang yang saya ketahui pertama kali pada serial suami-suami takut istri yang tayang di stasiun tv pada zaman SMP dulu, sedangkan wisata kuliner padang yang saya tahu hanya rumah makan padang saja yang menjadi destinasi utama saya nantinya, hahaha.

Menarik : Salah Satu Sate Terenak di Indonesia

Tiga bulan lalu atau tepatnya pada bulan Februari saya pertama kalinya menjejakkan kaki di tanah minang ini. Rasa tak sabar ingin menjelajah dan bertualang ke tempat baru selalu jadi hal yang menarik.

Tau tidak apa yang ada di pikiran saya saat mendarat?

“wisata alam kah, air terjun, sate padang?”

Sayang sekali bukan itu jawabannya, yang ada di pikiran saya ialah “rendang, rendang, dan rendang” hahaha. Namanya juga lapar habis turun dari pesawat, jadi yang ada dipikiran ya masakan Padang mulu.

Baiklah langsung saja berikut 7 kuliner padang Sumbar yang wajib kamu cicipi:

1. Rendang + Masakan Padang

Ke padang tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi rendang buatan asli orang minang. Terus ada pertanyaan:

“Beda tidak yah rendang di padang sama di rumah makan padang kota lain? dan jawabannya beda ! “

Menurut saya tekstur daging masakan orang sini lebih empuk, dengan rempah-rempah yang lebih terasa di lidah dipadukan dengan suasana rumah makan di tempat duduk sebelah kiri dan kanan saya yang berbahasa minang menjadikannya benar-benar rasa pengen tambua cie (nambah).

Dulu memang cita-cita saya yang paling sederhana ya makan masakan Padang di Padang, hahaha. Walaupun terdengar biasa saja tapi saya ingin merasakan sensasi masakan padang di tanah minang ini.

Kuliner PadangKuliner Padang Kuliner Padang

2. Sate Padang Mak syukur

Sate ini masuk dalam 7 sate terenak di Indonesia yang menjadi incaran saya. Sebelumnya saya telah mencicipi kelezatan sate maranggi, sate madura dan sate usus. Kali ini waktunya mencicipi sate padang langsung di tempatnya.

Perbedaan sate padang dengan sate lain yang ada di Indonesia yakni dari sisi Bumbunya yang berwarna kuning pekat dengan rasa asam manis dan gurih disertai bau yang lain daripada yang lain. Sate ini dibuat dari daging sapi yang dihidangkan diatas daun pisang bersama kerupuk kulit.

Keunikan lain yang dimiliki sate ini ialah dari cara pembuatan bumunya yang agak rumit membuatnya sulit ditiru di daerah lain. Karena sate pada umumnya hanya mengandalkan pembakaran daging dan bumbu kacang plus kecap.

Sobat traveler bisa mencicipi sate enak ini di jalan poros Padang-Bukit tinggi. Nama tempatnya adalah Sate Padang Mak Syukur yang terletak di Jl. Sutan Syahrir No.250, Silaing Bawah, Padang Panjang, Sumatera Barat 27118

Kuliner PadangKuliner Padang

3. Teh Talua

Seperti namanya, teh talua berbahan dasar teh seperti pada umumnya, yang membedakan teh ini dengan teh lainnya terletak dari cara pembuatan dan topingnya.

Teh ini dicampur dengan telur, susu dan jeruk nipis kemudian di kocok layaknya mocca float di cafe. Walaupun dicampur dengan telur, teh talua ini sama sekali tidak berasa amis ataupun berbau seperti telur. Rasanya manis dan lembut di lidah.

Kuliner Padang
Teh talua enak

4. Karupuak leak

Jajanan ini banyak terdapat di pesisir pantai padang pada malam hari. Karupuak leak merupakan kerupuk yang berbentuk piring yang diatasnya ditaburi potongan mie yang hangat yang lezat.

Makan 1 porsi karupuak leak cukup membuat anda kenyang dan tidak berpikir untuk makan malam lagi.

Kuliner Padang
percayalah ini mengenyangkan

5. Langkitang Cucuik

Kalau bukan orang minang pasti berasa bingung dengan nama makanan ini. Saya saja sempat lupa nama jajanan unik yang satu ini.

Langkitang cucuik merupakan jenis kerang laut yang direbus dalam kuah berbumbu dan disajikan hangat diatas piring kecil. Dinamakan cucuik (hisap) karena cara makan jajanan ini dengan dihisap agar daging empuk yang berada didalam cangkang dapat keluar dan masuk ke dalam mulut.

Kuliner Padang
dihisap lebih enak

6. Pensi

Pensi merupakan jajanan kerang yang banyak terdapat di pesisir pantai kota Padang pada malam hari. Jajanan ini masih bersaudara dengan langkitang cucuik yang dibahas pada paragraf sebelumnya, jadi cara penyajiannya kurang lebih hampir sama.

Yang membedakan yakni kita tidak usah susah payah cucuik (hisap) daging nya dari dalam, hahaha

“ingat pensi itu bukan pentas seni yah hehe”

Kuliner Padang

7. Bika 

Bika di Padang adalah jajanan berbentuk bulat yang terbuat kelapa, ketan dan santan yang dipadukan menjadi satu kemudian dibakar pada tungku diatas arang. Harga yang cukup murah menjadikan bika ini cocok dimakan pagi hari bersama segelas teh hangat.

Itulah tadi 7 wisata kuliner Padang yang saya rekomendasikan saat sobat travelers jalan-jalan ke tanah minang ini. Semoga bermanfaat dan bisa membuat anda lapar saat membacanya, hehehe. Silahkan di share sebagai referensi teman yang ingin jalan-jalan ke padang

36 thoughts on “7 Wisata Kuliner Padang Yang Wajib Kamu Coba

  1. wah, kacau kak. enak-enak nampaknya.
    saya bacanya aja jadi ikut lapar haha

    harga makanan di sana mahal2 kah kak? kira2 di range berapa? 😀

    1. hahhaaa baguslah, brrti berhasil hehe

      klo harga sih murah meriaaaahhhh…. bikanya 2000 rupiah, langkitang 10rb klo rendang 15rbuan dapet …. tp hati2 karena apa yang kita cicipi di piring itu maka itu juga yang dibayar, walaupun hanya sesendok hahahaha

      1. haha perlu bae2 ya pas makan.

        punya temen orang Padang tp belum pernah diajak ke sana wkwk
        semoga bisa segera berburu kuliner di sana hihi

  2. Kalo udah liat nasi padang lengkap dengan lauk pauknya gitu langsung jadi laper, hahaha.
    Saya sih belum pernah ke Padang.
    Jauh banget soalnya 😀

  3. Haha, kayaknya salah banget aku baca tulisan ini pagi-pagi. Btw, dulu pas sering dinas di Padang, sama orang lokal biasanya diajakin makan sate padang. Enak banget! sayangnya aku lupa itu Mak Syukur atau bukan.

    1. waktu masih bankers nih hihiii.
      ayo coba ingat satenya di daerah padang panjang apa bukan? trus kuahnya yang kuning banget tuh warnanya. klo iya, itulah mak syukur.. hehe

  4. Kenapa saya baca ini siang hari bolong pas puasa cobaaaa? 😭😭😭 Rendang itu penyelamat nafsu makan, biar cuma kuahnya tetap enak.

  5. alamaakk…sate padang nya bikin ngiler aja.
    tau ga mas…di Salatiga itu cuma ada satu orang yang jual sate padang. itu juga gerobak-an dan sering “menghilang”. trus rasanya juga ya…gitu deh.

    ini kenapa jadi curhat ya? hahahha…

    1. sedih juga yah cuma ada 1 jual sate padang hehee, btw kok penjual satenya sering menghilang ya, jangan2 ???

      oh iya saya pernah ke salatiga, disana saya sempat mencicipi kuliner soto rumput “curhat juga”

  6. yasss sebagai penggemar nasi padang sejak orok, jadi mupeng and laper beraaadhh baca postingan ini..semoga suatu saat bisa kesini..ajak ajak atuh lah bang

  7. Inilah ranah minang dengan segudang kuliner lezatnya yg dapat menggoyangkan lidah siapapun yg melihat,, hahaha
    Ditunggu kedatangannya lagi do kota padang tercinta in I @mydaypack 😉😆😆

  8. Kalo redang sih aku doyaaaaaan bgt tapi sate padang aku ga begitu suka krn bukan riil daging sapi ya. Ga doyan lidah, paru basah pokoknya daleman binatang jauh2 deh hehehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.