Deklarasi Genpi Sulsel Oleh Kemenpar RI

Kabar positif datang dari dunia pariwisata sulsel, pasalnya sebuah komunitas bernama Genpi Sulsel  telah resmi dibentuk pada tanggal 17 Maret 2018 lalu oleh bapak Don Kardono dari bidang komunikasi Kemenpar Republik Indonesia.

Banyak yang bertanya apa sih Genpi itu? apakah dia hanya sebuah komunitas dari anak-anak muda di suatu daerah kemudian membuat akun mengatasnamakan Pesona Indonesia saja, atau sebuah komunitas yang suka jalan-jalan terus cekrek dan upload di sosial media. Nah mari kita bahas pada artikel berikut.

Apa sih Genpi itu?

Awalnya saya mengira kalau Genpi adalah komunitas biasa yang terdiri dari mereka yang suka jalan-jalan saja, terus buat hastag sendiri dan kemudian upload foto dan video jalan-jalan mereka di media sosial. Ternyata setelah mengikuti deklarasi Genpi sulsel dan mendengar pemaparan pak Don yang super menarik, saya baru tahu latar belakang dari pembentukan Genpi ini sebenarnya oleh Kemenpar RI.

Genpi merupakan singkatan dari Generasi Pesona Indonesia, GenPI juga adalah komunitas netizen (termasuk blogger) yang suka Pariwisata. Buat kamu yang suka piknik, suka kulineran kuy gabung bersama Genpi. Orang-orang dibalik Genpi sendiri merupakan relawan dan komunitas yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI.

wisata sulsel : Jalan-jalan sehari di Rammang-rammang

Deklarasi Genpi Sulsel

Diawali dengan tari 4 etnis khas Sulsel, para peserta terlihat sangat terhibur dengan salah satu tarian tersebut. Setelah tarian usai kemudian pak Don masuk sambil disambut dengan pemasangan “pattonro” -sebuah hiasan kepala khas budaya Makassar- dikepala, dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

genpi sulsel
Tari 4 Etnis
genpi sulsel
Tari Paraga
genpi sulsel
Materi dari pak Don

Sebelum memasuki inti acara Pak Don Kardono selaku perwakilan dari Kemenpar RI memberikan penjelasan menarik terkait industri pariwisata yang saat ini tengah naik daun.

Dalam materinya beliau menjelaskan mengenai potensi wisata Indonesia di mata dunia sangatlah positif, hal tersebut dapat dilihat dari sumbangsih pariwisata Indonesia yang berada di posisi kedua sebagai penyumbang devisa terbesar menyalip beberapa industri besar lain yang ada di Indonesia.

Melihat statistik tersebut Kemenpar RI bersama pak Don mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut serta mendukung pariwisata yang ada di Indonesia dengan mendirikan komunitas Genpi di 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Memasuki acara inti yakni pendeklarasian Genpi Sulsel bersama anak-anak muda Makassar yang kreatif dan diakhiri dengan pemasangan pattonro dan foto bersama

genpi sulsel
Deklarasi Genpi Sulsel

Tentang Pariwisata Sulsel

Apapun yang berhubungan dengan jalan-jalan dan dunia pariwisata apalagi di sulsel, saya manyambut hal tersebut dengan hangat dengan upaya terus mendukungnya guna kemajuan pariwisata di Sulsel. Hal tersebut sesuai dengan visi saya terjun dalam dunia Travel Blogger yakni melestarikan pariwisata Indonesia khususnya di tanah kelahiran saya sendiri Sulawesi Selatan.

Semoga pariwisata Sulsel bisa terus maju, ewako !

genpi sulsel
Bersama Pak Don Kardono

14 thoughts on “Deklarasi Genpi Sulsel Oleh Kemenpar RI

    1. untuk jadi anggota free kok, syarat dan ketentuan juga ga ribet yang penting kita suka pariwisata netizen atau blogger yang hoby jalan2. bisa langsung ke genpi.co kk

    1. iyaa genpi udah dimana-mana hehee. smoga jambi juga bisa terbentuk, klo mau kmu bisa pelopori, nanti aku bantu kontek tmn2 genpi

      iyaa mandar salah satu suku besar di sulsel juga padahal

  1. Genpi itu aset pariwisata Indonesia dalam bidang promosi. Semakin banyak muncul dari dearah-semakin jayalah pariwisata kita. Selamat atas terbentuknya Genpi Sulsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *