10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Medan dan Sumatera Utara

Horas bang! merupakan kata yang banyak terdengar dan terlihat saat tiba di provinsi Sumatera Utara. Horas sendiri memiliki arti ungkapan rasa gembira danrasa  syukur, selain itu kata ini juga sering diucapkan sebagai kata pembuka dan penutup oleh orang-orang Batak sama seperti kata Ewako kalau di Makassar. Saya selalu menantikan saat kapan saya bisa traveling ke Sumatera Utara (Sumut) dan mengeksplore tempat wisata di Medan, akhirnya pada awal Februari 2018 lalu hal tersebut bisa terwujud. Nah, yang menjadi permasalahan bagi orang baru dan nekat saat ke Sumut ialah jalan menuju tempat wisata yang ada disini bagaiamana? aksesnya lewat mana? dan naik apa kita kesana?

Berbicara mengenai tempat wisata saya yakin semua sudah tau lokasi wisata tujuan yang ada disini tidak lain ialah Geopark Danau Toba. Kalau saya sendiri tidak muluk-muluk sih, tujuan utama saya ke Sumut hanya ingin naik perahu di Danau Toba, jalan-jalan di Pulau Samosir serta melihat langsung air terjun Sipiso-piso tertinggi di Indonesia. Berikut saya jelaskan akses dan tempat wisata recomended di Medan dan Sumatera Utara agar teman-teman bisa efisien pada saat ke Sumut.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Medan dan Sumatera Utara

Pagoda Brastagi

Setelah tiba di Medan dengan flight pagi maksimal jam 9 saya menyarankan untuk mengambil rute alias jalan melewati Kabupaten Karo melewati Berastagi untuk menghemat waktu perjalanan. Karena di Berastagi banyak wisata yang bisa kita jangkau dengan mudah dibandingkan jalur Pematang Siantar yang jalurnya cukup jauh.

Tempat Wisata Di Medan

Air Terjun Sipiso-piso

Destinasi selanjutnya ialah air terjun tertinggi yang ada di Indonesia yang terletak tepat setelah melewati Kabupaten Berastagi tadi, jarak dari bandara di Deli Serdang kurang lebih 2-3 jam lah tanpa macet. Jangan sampai melewati jalur Siantar – Toba Samosir – Dairi seperti saya, hahaha bisa-bisa sipiso-pisonya tidak terkejar.

Khusus wisata ini saya menyarankan untuk tidak membawa barang berat jika ingin melihat dasar air terjun, cukup membawa air dan roti saja. Mengapa? karena di jalan kita akan menuruni dan mendaki sekitar 2000 anak tangga untuk mencapai dasarnya.

Tempat Wisata Di Medan

 

Bukit Gajah Bobok

Destinasi selanjutnya ialah Bukit Gajah Bobok yang terletak kurang lebih 7 Km dari Air Terjun Sipiso-piso. Jangan lupa mampir kesini mumpung dekat dari air terjin tadi. Dari atas bukit kita bisa melihat pemandangan indah sambil berfoto-foto.

Tempat Wisata Di Medan

 

Danau Toba

Perjalanan dilanjutkan 2-3 jam lagi menuju Geopark Lake Toba yang sangat terkenal dalam hikayat era 90-an. Saya pun kesini karena cita-cita saya sewakti kecil ingin melihat langsung Toba dari dekat dan mencicipi airnya *iseng (jangan ditiru hahaha)

Hal yang bisa kita lakukan disini ialah Sailing Toba alias naik perahu sambil menikmati pemandangan Danau Toba dengan semilir angin yang sejuk bahkan lebih sejuk dari Lembang. Biaya yang dikeluarkan cukup murah, yakni Rp 8.000,-/orang dan 10.000,-/motor.

Tempat Wisata Di Medan Tempat Wisata Di Medan

 

Pulau Samosir

Setelah puas menikmati pemandangan Toba kita akan tiba di Pulau Samosir (Tobasa) yang juga sekaligus merupakan salah satu Kabupaten di Sumut. Alangkah baiknya jika kita ingin berpetualang sambil backpackeran maka bawalah kereta ke Samosir agar lebih mudah jika ingin kemana-mana hahaha.

Kereta dalam istilah anak Medan artinya Sepeda Motor, awalnya saya juga bingung “bagaimana caranya bawa kereta kemana-mana? hahaha”. Tapi setelah beberapa hari di Sumut akhirnya saya mengerti dan belajar beberapa istilah disini.

Tempat Wisata Di Medan

 

Huta Siallagan

Huta Siallagan juga dikenal dengan sebutan batu persidangan yang dalam adat Batak merupakan prosesi sakral jika ditemukan orang yang melakukan pelanggaran. Maka orang tersebut akan diberi hukuman alias di sidang diatas batu persidangan tersebut.

Tempat Wisata Di Medan

Rumah Adat Samosir

Rumah adat ini bernama Rumah Adat Bolon yang banyak terdapat di sepanjang Pulau Samosir. Jika ingin melihat yang lebih kuno rumah tersebut banyak ditemukan di sekitar Huta Siallagan. Jarak dari dermaga menuju tempat wisata ini cukup dekat kurang lebih 10 menit menggunakan kereta alias sepeda motor.

Tempat Wisata Di Medan

 

Green Hill Sibolangit

Jika waktu anda sedikit maka ambillah jalur pulang dengan kembali menyeberangi Danau Toba dan melewati jalur Berastagi untuk efisiensi wakti perjalanan, di tengah perjalanan kalian akan melewati Green Hill Sibolangit yang merupakan jalan pegunungan indah yang bisa kalian tempati berfoto di mana saja.

Tempat Wisata Di Medan

Istana Maimun

Perjalanan dari Berastagi menuju Kota Medan kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua. Setibanya di Medan jangan kita bisa langsung menuju Istana Maimun yang megah dengan ornamen Melayu khas didalamnya.

Hal yang bisa kita lakukan didalam ialah mengenakan pakaian adat khas Melayu. Istilah zaman now Makassar “ala-ala dan spec-spec jadi Raja tawwa”

Tempat Wisata Di Medan

Masjid Raya Al-Mashun Medan

Saat berada di Istana Maimun dan memasuki waktu sholat kita bisa sekaligus mengunjungi Masjid Raya Medan yang tak kalah megahnya, dari istana maimun cukup berjalan kaki kurang lebih 3 menit untuk sampai ke tempat ini.

“ingat motornya ga usah dibawa, nanti bayar parkir lagi disana hahaha”

Tempat Wisata Di Medan

 

Beli Bika Ambon dan Medan Napoleon

Setelah puas berjalan-jalan, terakhir untuk menyempurnakan trip jangan lupa membeli kue kekinian Medan Napoleon yang hanya ada 1 di Medan, harganya berkisar antara Rp 55.000,- s/d Rp 75.000,-

Setelah itu jangan lupa membeli kue khas Medan yang sangat terkenal sejak dulu yakni Bika Ambon, toko paling enak Bika Ambonnya bernama Toko Sulaikha yang terletak di Jl. Mojopahit No.96, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Harga 1 kotak kue ini ialah Rp 33.000,- sedangkan kotak yang besar yakni Rp 60.000,- dengan varian rasa original, pandan, keju dan cokelat.

Tempat Wisata Di Medan Tempat Wisata Di Medan

32 thoughts on “10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Medan dan Sumatera Utara

  1. Bapakku juga asli medan mas, beberapa udah pernah aku datengin tapi kalau geser dikit dari medan ke toba misalnya emang bagus banget ya spot wisatanya, udaranya juga makin dingin dan sejuk

  2. Pantes banyak orang Batak jadi pengacara ya. Adat istiadatnya aja udah kenal sistem peradilan. Hehe.

    Berapa hari di Medan, Mas? Kayaknya ga cukup 1-2 malam kalo mau eksplore daerah sana ya, banyak wisata alam, apalagi liat Danau Toba yang luas dan tenang. Kayanya enak males-malesan di sana. Anyway, itu cicipin air Danau Toba beneran?

    1. saya di medan 3-4 hari, memang minimal harus 4 hari sih klo menurut saya hehee soalnya lokasi wisatanya berjauhan

      iya iseng2 aja sih nyobain airnya asin apa kagak hahahaaa *jangan ditiru

  3. Wah, gak mampir ke bukit Teletubbies ya bang? Hehe. Nama lainnya bukit holbung. Ini sumpah kece lo. Camping jg bisa di sana smbil nikmati sunrise dan indahnya danau toba?

    Btw, salam kenal ya bang. Saya orang Medan (tapi bukan suku Batak) ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.