Dukung BPK Kawal Harta Negara Demi Kesejahteraan Masyarakat

BPK Kawal Harta Negara merupakan tema lomba yang diadakan oleh BPK pada Desember 2017 lalu. Saya begitu bersemangat mengikuti lomba ini, bagaimana tidak ! hadiah lombanya lumayan yakni Rp 10.000.000,- untuk juara satu, lumayan bisa jalan-jalan gratis. Tapi semuanya pupus setelah begitu lama saya menunggu pengumuman lomba yang saya nanti-nantikan pada pertengahan Februari ini tiba-tiba sirna karena masalah yang tidak saya duga.

Tiga hari menjelang pengumuman lomba tepatnya tanggal 14 Februari tiba-tiba blog saya yang isinya terdapat artikel lomba BPK Kawal Harta Negara tiba-tiba di retas dengan script aneh yang membuat semua isinya hilang tak tersisa. Backup artikel saya belum ada sama sekali, saya sudah coba komunikasi dengan pihak MWN namun hasilnya juga nihil saat mencoba restore hosting saya. Entah kebetulan atau bagaimana waktunya sangat pas dengan jadwal pengumuman ini.

Yang membuat saya jengkel karena artikel yang saya buat ini cukup berat, karena saya perlu belajar beberapa lama tentang BPK hingga kemudian saya tuangkan dalam sebuah artikel yang menarik. Alhasil hanya berujung kekecewaan karena semua tak ada artinya lagi. Saya sempat berpikir mungkin ini salah satu cobaan blogger apakah masih bisa konsisten dan terus bangkit untuk menulis artikel-artikel menarik nan bermanfaat lainnya. Semoga para peretas dunia maya bisa mendapat ganjaran setimpal oleh yang dilakukanya. Percuma punya ilmu jago kalau hanya digunakan untuk sesuatu yang salah.

Berikut penggalan artikel tentang BPK yang sempat saya ingat:

Tak bisa dipungkiri kalau Indonesia merupakan negara yang sangat kaya mulai dari sektor alam, pariwisata, hingga sumber daya manusia, dan hal itu telah disadari oleh masyarakat Indonesia bahkan hingga ke luar negeri. Oleh karena itu kita perlu menjaga dan mengawal harta negara kita agar tak serta merta dikuras sedikit demi sedikit oleh orang luar.

Siapalagi yang pantas mengawal harta negara selain kita sendiri, selain pemerintah kita, dan selain bangsa Indonesia. Maka dari itu didirikanlah sebuah lembaga yang bernama BPK. Tapi tahukah anda apa BPK itu? Terus apa tujuan didirikannya BPK? yuk mari kita kenal lebih dekat mengenai BPK

Apa sih BPK itu?

BPK merupakan kependekan dari Badan Pemeriksa Keuangan yang merupakan suatu lembaga yang sengaja didirikan oleh negara dengan kebebasan dan kemandiriannya dalam memeriksa pengelolaan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan alias harta negara.

Berbicara mengenai kebebasan memeriksa pengelolaan uang merupakan hal yang sensitif, maka dari itu BPK dalam melaksanakan tugasnya didasari oleh dasar hukum yang kuat yang tertuang dalam UUD 1945 Pasal 23 E, 23 F dan 23 G. Saya rasa dasar hukum tersebut bisa menjadi tameng yang kuat agar harta negara dapat dikawal dan diketahui secara transparan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia.

BPK Kawal Harta Negara

Sejarah BPK yang Perlu Diketahui

Berbicara mengenai sejarah kita semua pasti ingat kalimat inspiratif dan tegas Bung Karno:

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah bangsanya”

Maka dari itu kita perlu tahu cikal bakal sejarah dasar berdirinya BPK yakni berdasarkan Pasal 23 ayat (5) UUD 1945 yang berisi penetapan pemeriksaan keuangan negara  oleh suatu badan yang berlandaskan UU yang kemudian dilaporkan ke DPR.

Nah, berdasarkan amanat diatas kemudian dikeluarkan surat penetapan pemerintah No.11/OEM tanggal 28 Desember 1946 tentang pembentukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tanggal 1 Januari 1947 yang diketuai R. Soerasno dengan beranggotakan 8 orang yang berkedudukan sementara di Magelang.

Seiring berjalannya waktu sejak era kepemimpinan R. Soerasno kemudian lahir penerus tongkat estafet kepemimpinan BPK, yakni:

  • R. Karisman 1949-1949
  • A.K. Pringgodigjo 1957-1961
  • Sri Sultan Hamengkubuwono IX 1964-1966
  • D. Suprayogi 1966-1973
  • Umar Wirahadikusuma 1973-1983
  • M. Jusuf 1983-1993
  • J.B.Sumarlin 1993-1998
  • Satrio Boedihardjo Joedono 1998-2004
  • Anwar Nasution 2004-2009
  • Hadi Poernomo 2009-2014
  • Rizal Jalil 2014-2014

dan terakhir ialah bapak Harry Azhar Azis yang telah memimpin sejak 21 Oktober 2014 lalu sampai sekarang. Mungkin tak banyak warga yang hapal nama-nama diatas, apalagi mereka yang tidak jauh dari suara bising kendaraan perkotaan. Namun perlu kita ketahui bahwa beliau -yang saya sebutkan namanya- merupakan pahlawan yang terus berusaha agar negara dan rakyat terus mendapatkan keadilan dan kesejahteraan.

BPK Kawal Harta Negara

Adapun visi dan misi BPK ialah sebagai berikut:

Visi

Menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat.

Misi

1. Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri.

2. Melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan profesional.

Dengan adanya visi dan misi yang jelas, diharapkan dapat menghasilkan tindakan yang tegas agar memperoleh hasil yang pantas. Oleh karena itu BPK didasari oleh 3 nilai yang saya singkat dengan “I2P”. Tahukah anda apa artinya?

I2P adalah singkatan dari :

I = Independensi yang berarti dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan pekerjaan pemeriksaan BPK bebas dalam sikap intern dan eksternyang dapat mempengaruhi indenpedensi. Huruf yang kedua memiliki arti

I = Integritas artinya BPK memiliki sikap jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan  prinsip, nilai, dan keputusan, sedangkan

P = Profesionalisme artinya BPK membangun nilai profesionalisme dengan menerapkan prinsip kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan, serta berpedoman kepada standar yang berlaku.

Hubungan BPK Dengan Kesejahteraan Masyarakat

Kira-kira apa hubungan BPK dengan kesejahteraan Masyarakat, kok bisa kesejahteraan masyarakat ditentukan oleh BPK? Hal ini tak lepas dari tugas dan tanggung jawab BPK kawal harta negara kita seperti yang tertuang pada visi dan misi yang dibahas pada paragraf sebelumnya.

Peran BPK dalam mengawal pengelolaan keuangan negara dan pemeriksaan kinerja terhadap lembaga pemerintah seperti pemerintah pusat, daerah, dan BUMN/BUMD akan sangat berpengaruh agar tercapai masyarakat yang sejahtera adil dan makmur.

Selain itu, yang menjadi indikator kesejahteraan rakyat ialah sebagai berikut:

  • Tingkat kemiskinan yang menurun,
  • Kecerdasan masyarakat yang semakin meningkat,
  • Kurangnya angka pengagguran negara kita,
  • Indeks pemerataan pembangunan yang semakin meningkat, serta
  • Menurunnya persentasi tindak kejahatan.

Point-point diatas lah yang dapat saya simpulkan manyikapi peran BPK kawal harta negara dengan kesejahteraan masyarakat

BPK Kawal Harta NegaraBPK Kawal Harta Negara

Adapun langkah-langkah sistem kerja BPK yakni :

Melakukan pemeriksaan keuangan negara >> Melaporkan ke aparat penegak hukum jika ditemukan tindak pidana >> Hasil pemeriksaan selanjutnya diserahkan DPR, DPRD, dan DPD >> Memantau tindak lanjut BPK

Nah dari situ kita BPK bisa mengetahui sistem pengelolaan keuangan mana yang sehat dan tidak sehat untuk kemudian dilaporkan pada pada lembaga perwakilan.

Dari kalimat diatas pasti timbul pertanyaan :

Apakah boleh BPK mengumumkan hasil pemeriksaan langsung secara umum di luar lembaga perwakilan?

BPK dilarang mempublikasikan hasil pemeriksaan kepada siapapun termasuk pemerintah dan media massa. Sesaat setelah BPK menyerahkan hasil pemeriksaannya kepada DPR, DPD, DPRD barulah hasil pemeriksaan tersebut dinyatakan terbuka secara umum. Nah pada tahap ini BPK akan mempublikasikan hasilnya pada media pribadi terlebih dahulu seperti website dan publikasi cetak, setelah itu laporan yang sudah tercetak akan dikirim ke kepada pihak-pihak terkait melalui konfrensi pers dan acara-acara lain dengan media massa secara umum

Kesimpulan BPK Kawal Harta Negara

Berdasarkan penjelasan dan dasar-dasar hukum yang saya rangkum dari beberapa referensi, saya berharap semoga kita bisa terus mendukung BPK kawal hata negara kita agar  terwujudnya masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Selain itu

http://www.bpk.go.id/news/pengelolaan-keuangan-negara-dan-kesejahteraan-rakyat

http://www.bpk.go.id/page/sejarah

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_Ketua_Badan_Pemeriksa_Keuangan_Republik_Indonesia

4 thoughts on “Dukung BPK Kawal Harta Negara Demi Kesejahteraan Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *