Barang Penting Yang Wajib Saat Traveling

Jika ditanya satu barang penting apa yang selalu anda bawa saat traveling? Pasti masing-masing akan menjawab berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika yang ditanya adalah travel blogger pasti akan menjawab gadget seperti kamera, charger, laptop, handphone, dompet ataupun passport. Lain hal jika yang ditanya adalah perempuan kebanyakan akan menjawab lotion, topi, baju ganti, atau jaket. Kalau saya pribadi sih akan menjawab sebuah gadget yakni Handphone sebagai barang penting saya saat traveling. Mau tau alasannya? Cuss review dulu yuk handphone yang selalu setia bersama saya saat jalan-jalan.

barang penting

Alasan Handphone menjadi barang penting saat traveling

Handphone dewasa ini seakan sudah menjadi barang primer yang wajib dimiliki seseorang, bahkan rata-rata orang zaman now punya dua handphone yang satunya handphone pintar android dan yang satunya dikenal dengan istilah handphone senter-senter yang katanya sering digunakan sebagai pengganjal pintu, hahaha. Saya sendiri menggunakan Handphone Pintar alias smartphone merk Xiaomi mi4i yang saya beli sejak 2013 lalu. Artinya hp saya sudah berumur 5 tahun lamanya, sebuah umur yang lebih panjang jika dibandingkan umur pacaran anak sma saat ini. Karena itu saya termasuk tipikal orang yang setia dengan satu benda yang saya miliki, hahaha sama hp saja setia apalagi…. ah sudahlah. Oleh karena itu satu-satunya hp yang saya miliki ini saya rawat baik-baik sesuai SOP yang berlaku agar bisa saya gunakan dalam jangka waktu yang lama. SOP yang saya maksud seperti melakukan ODOC alias One Day Once Charger shingga baterainya bisa lebih awet, selain itu saya juga tidak pernah menggunakan power bank pada hp saya 4 tahun belakangan. Baru pada tahun ke 5 saya mencoba menggunakan power bank di kala baterai sekarat. Harapannya saya melakukan hal diatas agar bisa menggunakan hp saya dengan maksimal sampai lifetime nya benar-benar telah habis.

Saat traveling hp merupakan barang yang sangat berguna dengan alasan karena hp :

  • Bisa mengabadikan gambar layaknya kamera DSLR yang berat itu. Saya pernah menang lomba foto menggunakan hp mi4i saya melawan banyak dslr yang ada, hahaha
  • Bisa menjadi media komunikasi yang simple, cukup buka WA kemudian langsung chat nomor tujuan
  • Bisa mengambil video dengan mudah. Saya juga pernah menang lomba video menggunakan hp mi4i saya, hahaha.
  • Bisa jadi penunjuk jalan yang akurat (kecuali diatas gunung dan tempat terpencil)
  • Bisa pesan abang gojek kalau hayati lelah jalan kaki.
  • Bisa nelpon, ini mah semua orang juga sudah tau, hehehe
  • Hp Xiaomi saya harganya terjangkau tapi spec yang luar biasa, kalau tidak percaya silahkan coba beli di pricebook

Kisah Pembelian Hanphone saya

Smartphone yang saya gunakan ialah brand Xiaomi type mi4i sejak 2013 lalu. Jadi sebelumnya saya punya hp dengan brand lain seharga 7,8jt dengan kelebihannya yakni water resistance. Namun belakangan seiring berjalannya waktu saya merasa kurang puas menggunakan hp tersebut dengan beberapa alasan yang kuat seperti ; baterainya cepat lowbatt, terkadang masih ada loading dan yang paling parah ketika water resistance nya ternyata tidak berfungsi lagi –bahkan sebelum pemakaian satu tahun– yang membuat terpaksa membawanya ke service center selama 2 bulan. Selama waktu itu pun saya tidak menggunakan hp sama sekali.

“saat itu orang yang hp nya lowbatt saja sudah seperti belum makan 3 hari, begitu berartinya hp saat itu sebagai media komunikasi”

Kemudian saya bernadzar setelah itu jika hp saya sudah bagus maka saya akan menjual dan menggantinya dengan hp serupa tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Akhirnya 2 bulan setelah service saya pergi ke MTC -sebuah mall di samping Karebosi- untuk menjual hp saya tadi.

“mba saya punya hp yang ingin saya jual/tukar tambah dengan harga pembelian tahun lalu 7,8 jt, silah mba siapatau minat”

“oke mas saya ambil hp nya, silahkan pilih hp yang mas inginkan di toko saya”

“baik mba, saya ingin hp Xiaomi yang paling terbaru di release”

“ini mas merknya mi4i”

Tanpa pikir panjang saya langsung mengambil hp tersebut melihat spec nya yang bagus tapi dengan harga 2x lebih murah dari hp saya sebelumnya. Finally, saya merasa sangat puas menggunakan hp saya itu hingga pada hari ini. Mulai dari baterainya yang awet, kamera bagus, punya 2 sim card, dan sudah 4G walaupun saya belum tau hp saya ternyata sudah 4G (saat itu 4G belum laku keras).

barang penting
Hp andalan saya

Rencana Pembelian Gadget 2018 di Pricebook

Setelah puas menggunakan gadget smartphone mi4i selama 5 tahun tanpa ada kendala apapun, saya tau pasti semakin hari life time nya semakin berkurang. Maka dari itu saya memiliki beberapa rencana pembelian gadget pada tahun 2018 ini di pricebook, lagi dan lagi saya kembali melirik brand Xiaomi seperti Xiaomi Redmi Note 5A, Xiaomi Mi5s, hingga Xiaomi Mi 6. Insyaallah kelak salah satunya bisa jadi pilihan pengganti Xiaomi mi4i saya yang sekarang

barang penting
Rencana pembelian hp mi di pricebook

Selain itu gadget yang menjadi incaran saya di 2018 ini yakni kamera mirrorless yang sudah saya idam-idamkan sejak 2 tahun lalu. Insyaallah tahun ini tabungan saya sudah cukup untuk membeli mirrorless tersebut. Brand yang saya lirik untuk mirrorless ialah Fuji dan Sony. Pokoknya kedua mirrorless tersebut memiliki keunggulannya masing-masing yang tidak kalah hebatnya. Hal ini sudah saya bahas pada artikel Resolusi 2018 Mydaypack.

barang penting
Rencana pembelian mirrorless sony
barang penting
Rencana pembelian mirrorless fuji

 

3 thoughts on “Barang Penting Yang Wajib Saat Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.