4 Pulau Di Sulsel Yang Bakalan Hitz Tahun 2018

Awal perjalanan saya dimulai di penghujung tahun 2017 atau tepatnya pada tanggal 30 Desember 2017 lalu mengunjungi 4 pulau di Sulsel yang saya yakin bakalan hitz di 2018 nanti. Hal tersebut saya lihat dari banyaknya wisatawan lokal maupun luar yang silih berganti untuk berlibur di tempat ini beberapa tahun terakhir.

4 Pulau di Sulsel yang saya maksud ialah sebagai berikut:

1. Pulau Kodingareng Keke

Pulau ini terletak di seberang kota Makassar tepatnya di kecamatan Ujung Tanah kurang lebih 40 menit naik perahu dari dermaga, yang mau kesini bisa lihat Cara Ke Pulau Kodingareng Keke. Saat ini pulau kodingareng keke menjadi salah satu pulau yang sering dikunjungi oleh wisatawan karena keindahannya yang masih alami dibanding pulau lain yang ada di Makassar.

Pulai ini sebenarnya tak berpenghuni, tapi warga sering kesini pada musim liburan untuk membuka lapak dan sekedar menjual kopi dan gorengan bagi wisatawan yang datang.

pulau di sulsel
Pulau Kodingareng Keke

2. Pulau Samalona

Pulau ini pasti tak asing lagi bagi warga Makassar. Karena pulau ini menjadi destinasi wajib saat eksplore pulau-pulau yang ada di sekitar Makassar. Cara kesini pun sangat mudah baca : Cara ke Pulau Samalona

Rata-rata orang yang ke Makassar pasti menyempatkan kesini, karena jaraknya yang terbilang dekat kurang lebih 15-25 menit naik perahu dari dermaga kayu bangkoa. Selain itu, di pulau ini juga sudah tersedia fasilitas yang memadai seperti penginapan, balai-balai, tempat makan, mushollah hingga peralatan snorkeling.

pulau di sulsel
Pulau Samalona

3. Pulau Kambing

Jika melihat namanya pasti berpikiran kalau disini banyak kambing, hahaha. Hal tersebut salah besar, Pulau Kambing merupakan pulau terdekat dari Pantai Bira, Bulukumba dan tak ada penampakan kambing disini. Saya juga masih belum tahu asal usul penamaan pulau kambing ini, wadduh malah bahas kambing kan, hahaha. Intinya yang saya tahu pulau ini sangat indah karena dikelilingi banyak spot snorkeling dengan karang dan laut yang jernih.

Orang-orang yang ke Bira dan hendak melakukan snorkeling pasti direkomendasikan tempat ini, maka dari itu saya yakin kedepan pulau kambing akan semakin populer di kalangan pencinta wisata.

pulau di sulsel
Pulau Kambing

4. Pualu Liukang

Setelah puas menikmati keindahan pulau kambing selanjutnya menuju ke pulau seberang yang bernama Pulau Liukang. Menurut saya pulau ini punya segalanya, mulai dari keindahan pantai, fasilitas, hingga biota laut yang beragam. 

Ketika snorkeling disini saya melihat struktur karang dan jenis ikan yang serupa dengan yang ada di Bunaken. Bukan hanya itu, disini juga  terdapat penangkaran penyu yang bisa kita ajak berenang bersama. Hal tersebut pernah saya bahas pada artikel Sensasi Berenang Bareng Penyu Di Pulau Liukang

pulau di sulsel
Pulau Liukang

Selain menikmati 4 Pulau Sulsel Yang Bakalan Hitz Di 2018 diatas, kita juga bisa sekalian menikmati Bonus Wisata lain yang tidak kalah indah, karena lokasinya yang saling berdekatan yakni:

Pantai Losari & Masjid Terapung

Jika mengunjungi pulau kodingareng keke dan samalona maka sangat rugi jika tidak jalan-jalan kesini karena lokasinya berada tepat di samping dermaga, cukup dengan jalan kaki saja sudah sampai. Disini kita bisa melakukan banyak hal seperti menikmati view sunset Pantai Losari Makassar yang terkenal indah, makan pisang epe hingga sholat di masjid terapung.

Pantai Losari

Tanjung Bira

Siapa yang tek kenal pantai yang berada di Bulukumba ini, saya yakin penggila wisata pasti tau. Destinasi ini merupakan destinasi bonus ketika mengunjungi pulau kambing dan liukang karena lokasi penyeberangan ke pulau ini berada di pesisir pantai bira, hahaha, jadi otomatis kita bisa sekaligus bisa menikmati pemandangan disini. Bagi yang mau kesini bisa lihat artikel Cara Traveling Sampai Ke Tanjung Bira, disana saya sudah menjelaskan secara detail bagi yang baru pertama ingin ke sini.

“sekali mendayung satu dua pulau terlampaui”

Tanjung Bira

Tebing Apparalang

Salah satu destinasi yang namanya melejit pesat di dunia pariwisata ialah Tebing Apparalang. Rata-rata para wisatawan sekarang setelah melakukan wisata pulau di tanjung bira akan singgah kesini dikarenakan pada perjalanan pulang kita akan melewati tempat ini. Kita cukup belok kanan dari arah tanjung bira maka sampailah kita ke tempat indah ini.

Tebing Appralang

25 thoughts on “4 Pulau Di Sulsel Yang Bakalan Hitz Tahun 2018

    1. iyaa masih kok, sekarang sudah lebih bersih, parkir gratis dan ga ada pengamen lagi hahaaa

      ditambah ada anjungan bugis makassar juga yang dibangun buat liat sunset di sore hari

  1. Bang, ada transportasi publik utk ke tempat2 di atas nggak? Aku tahunya cm ada bus utk ke tanjung bira aja. Kalo jalan sendirian (solo traveling) bisa diakali nggak utk ngirit transport?

  2. Halo Mas Muh, makasih buat sharingnya ya 🙂

    Akhir tahun kemarin punya kesempatan buat melimpir ke pantai Tanjung Bara, deket kan ya sama Tanjung Bira? hihi
    Dan pulangnya sempet mampir ke Tebing Apparalang. Duh, cantik banget di sana haha. Bikin gak mau balik lagi ?

    Keep writing ya mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *