Tips & Trik Traveling Ala Mydaypack

Tak bisa dipungkiri kalau traveling alias jalan-jalan saat ini merupakan hal yang sangat populer di masyarakat, termasuk di negara kita Indonesia. Namun ada beberapa kendala yang membuat orang-orang enggan untuk pergi traveling, seperti waktu yang kurang bersahabat, masalah dana, kesibukan sehari-hari hingga tak ada keberanian untuk keluar dari zona nyaman.

Berikut tips dan trik traveling ala mydaypack :

1. Buat Itinerary Lengkap

Jika anda ingin jalan-jalan anda nyaman dan efisien maka hal pertama yang harus dilakukan ialah membuat itinerary alias panduan liburan mulai dari packing, berangkatjam berapa, naik apa nantinya, tujuannya kemana saja dan pulangnya kapan.
Itinerary juga membantu kita menghemat waktu ketika traveling karena semuanya telah
tersusun rapi layaknya rundown acara.

2. Minimalisir pengeluaran yang ada

Banyak yang bilang kalau traveling selalu berkaitan dengan uang, uang, dan uang. Tapi hal tersebut tidak selalu benar. Jika anda cermat dalam mengelola dana maka bukan tidak mungkin anda bisa jalan-jalan kemana saja dengan hemat bahkan “gratis”. Misalnya saja ingin ke Manado tapi harga tiket mahal, maka solusinya anda bisa cari tiket di low season sambil nunggu promo tiket pesawat. Cara lain jika anda ingin mendapatkan tiket gratis anda bisa ikut lomba-lomba foto ataupun artikel yang diadakan oleh maskapai tertentu. Tak tanggung-tanggung hadiahnya tiket PP ke tujuan manapun.

3. Keluar dari zona nyaman

Kurangnya keberanian adalah salah satu faktor yang sering menghalangi kreatifitas seseorang, padahal jika berani sebenarnya dia bisa melakukan hal lebih. Jangan takut keluar dari zona nyaman dan cobalah jutaan hal-hal menarik yang ada di luar sana. Seperti
melihat surga alam di bumi kita, bertemu dengan berbagai suku dengan budaya unik, mencicipi kuliner yang lezat, mendapat teman dan pengalaman baru dan masih banyak lagi. Siapa yang tak tergiur jika membayangkan hal-hal seru dan menarik diatas. Semuanya hanya bisa dirasakan ketika punya keberanian untuk melompat keluar darigaris zona nyaman kita.

4. Manfaatkan teknologi yang ada

Ketakutan yang paling sering dirasakan orang-orang ialah “takut kesasar”, hahaha (walaupun saya juga dulu). Padahal di era modern ini semuanya sudah serba mudah dan praktis, tinggal bagaimana kita jeli melihat peluang yang ada. Aplikasi yang sangat-sangat bermanfaat saat ini menurut saya ialah “Maps”. Karena dengan maps semuanya bisa dengan jelas kita
lihat, bayangkan bahkan menggunakan maps dari jauh kita bisa melihat pintu rumah orang yang kita cari, dan kalau beruntung biasanya maps akan menangkap gambar si eyang lagi duduk di teras rumah, hahaha. Selain itu di internet juga sudah tersedia jutaan informasi yang siap dibaca kapanpun dan dimanapun.

Masalah lain yang sering dihadapi ialah tak ada signal di tempat tujuan kita, dan solusinya sangat mudah ialah kembali ke point pertama tadi. Saya rasa hal tersebut akan sangat berguna.

5. Efisiensi barang bawaan

Seringkali orang pergi traveling ataupun liburan membawa begitu banyak barang bawaan seperti koper, ransel, tas kecil, tas kamera dan tentengan lain yang pada akhirnya malah menyusahkan. Maka lebih baik kebiasaan tersebut diubah dengan hanya
membawa sebuah ransel saja sudah cukup. Estimasikan lama waktu traveling kita dengan jumlah barang bawaan, misalkan travelingnya hanya 3 hari maka bawalah pakaian secukupnya, serta aksesoris fotografi yang simpel dan mudah dibawa. Ingatlah bahwa kita ingin pergi jalan-jalan, bukan pindah rumah masbro.

6. Ikut trip gabungan

Jika anda ingin pergi ke tempat jauh sendirian pasti biayanya sangat mahal, maka solusinya ialah melakukan trip bersama kelompok yang biasa dinamakan trip gabungan, dari sini kita bisa meminimalisir seminimal mungkin pengeluaran yang ada, selain itu kita juga bisa mendapatkan teman jalan-jalan baru, barangkali jodoh hahaha.

Saat ini sudah banyak agen-agen travel yang menawarkan berbagai destinasi trip gabungan dengan harga terjangkau, cukup dengan ketik kata kunci di mbah google “trip bla bla..” maka muncullah berbagai pilihan yang anda cari. Oh iya jangan lupa follow akun travel saya coba rintis sesuai hoby saya di ig @ogitravel hahaha *promosi

7. Selalu punya banyak plan tempat nginap

Nah, sebenarnya ini salah satu yang paling penting saat traveling yakni dimana kita akan menginap nanti? Kalau yang punya banyak budget sih bisa ke hotel/penginapan dengan wifi gratis, mandi aiar hangat dan tidur di kasir empuk. Lalu bagaimana dengan kita yang hidupnya pas-pasan, untuk makan diluarpun di minimalisir ga boleh lebih dari Rp 12.000,-.

Solusinya ialah punya link alias teman di tempat tujuan yang bisa kita tempati nginap “gratis” plus “makan” kalau bisa hahaha, dengan begitu kita bisa menghemat hotel + makan. Terus bagaimana kalau kita tidak punya kenalan di tempat tujuan?

Jawabannya ialah kita bisa nginap di tempat-tempat umum yang terus ramai 24 jam. Tempat tersebut yan pernah saya tempati nginap yakni di pelataran masjid, rumah sakit, spbu, bandara, kursi taman dan tempat umum lainnya. Lumayan lho bisa menghemat biaya hotel, tapi butuh pengalaman minimal sekali, hahaha.

Cara terakhir yang lebih elit ialah ketika kita dipanggil untuk review hotel maka kita bisa nginap gratis lho dengan bekerjasama dengan pihak hotel tersebut, tapi ini butuh keberuntungan dan kerja keras juga supaya bisa dilirik pihak hotel. 

Itulah tadi tips dan trik traveling sendirian, semoga bermanfaat dan bisa diaplikasikan saat traveling. Selamat berlibur akhir tahun guys…

17 thoughts on “Tips & Trik Traveling Ala Mydaypack

  1. Buat destinasi domestik, aku nggak pernah bikin itinerary bro, hahaha. Aku cuma browsing mau ke mana aja, udah. Aku nggak cari tahu berapa biayanya dan naik apa ke sana. Pas di Bangka awal Desember kemarin, aku baru sewa motor di hari H, puji Tuhan masih dapet. Dan kalau destinasi domestik, aku lebih “nrimo”, lebih santai. Kalau bisa kebabat semua ya syukur, enggak juga nggak apa-apa.

    Seiring bertambahnya usia, aku sadar tubuhku makin manja hahaha. Udah nggak suka lagi ngemper di bandara 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *