10 Destinasi Wisata Recomended Belitung Hanya Dengan Rp 70.000

Butuh piknik? Butuh jalan-jalan ? tapi kendalanya di budget ? Nah berikut bisa jadi solusi jalan-jalan hemat menyenangkan buat teman-teman yang butuh sejenak refreshing dari segala padatnya pekerjaan. Apalagi bagi yang tinggal di ibukokta Jakarta tempat ini pas banget buat dijadikan tempat liburan, yap tempat yang saya maksud ialah Belitung yang terletak di provinsi Bangka Belitung sekitar 1 jam perjalanan dari Jakarta menggunakan pesawat terbang. Tapi jangan khawatir soal harga tiket Jakarta – Belitung, murah kok hanya kisaran 200-300 ribuan saja.

Pertanyaan selanjutnya ketika sampai Belitung tempat mana saja yang akan kita kunjungi? Berikut saya share beberapa rekomendasi tempat yang hitz dan mudah dikunjungi di Belitung hanya dengan Rp 70.000,- saja hahaha lumayan murah kan.

Jadi 70rb itu adalah biaya sewa motor di Belitung. Karena Belitung merupakan sebuah pulau yang tidak begitu besar dengan akses jalan yang mulus semulus kulit Ariel Tatum hahaha, jadi kita bisa dengan mudah menjelajahi tempat wisata yang ada disini menggunakan kendaraan darat. Langsung saja, berikut 8 destinasi recomended di Belitung :

1.SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Tempat ini merupakan lokasi syuting salah satu film terkenal berjudul Laskar Pelangi, lokasinya tak jauh dari museum kata di Desa Gantung, Belitung Timur. Biaya masuk ke tempat ini cukup murah yakni hanya Rp 3.000,- saja

Upacara anak-anak laskar pelangi

2. Museum Kata Andrea Hirata

Museum ini merupakan museum sastra pertama di Indonesia yang didalamnya berisi berbagai karya tulis Andrea Hirata. Tempatnya yang sederhana dengan dekorasi yang simpel lantas tak membuatnya sepi pengunjung, bahkan didepan pintu terdapat sticker salah satu web review terkenal yakni Trip Advisor dengan rating yang tinggi, saluuut.

Ruang tengah museum kata

3. Batu Satam

Batu ini merupakan batu titisan Mr. Satam dalam serial Dragon Ball, hahaha canda. Batu ini merupakan pertanda pusat kota Belitung yang terletak di Tanjung Pandan. Pengambilan batu menjadi sebuah tugu ditandai karena di Belitung memang terdapat banyak batu-batu besar berjejer disepanjang desa di Belitung. Katanya sih karena proses geologi beribu-ribu tahun yang lalu.

Pusat kota tugu Batu Satam

4. Tanjung Pendam

Tempat ini merupakan sebuah pantai yang sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat Belitung dari sore hingga malam hari. Tempat ini juga merupakan tempat liburan keluarga di akhir pekan dengan pemandangan pantai dan sunsetnya juga dengan berbagai macam jajanan yang murah-meriah.

Tanjung Tinggi

5. Bukit Berahu

Awalnya saya mengira kalau tempat ini merupakan sebuah bukit berbatu, hahaha. Ternyata Bukit Berahu merupakan lokasi sunset view alias tempat melihat sunset yang bagus juga terdapat resort dengan kolam renang yang disediakan. Selain itu tempati ini juga merupakan lokasi pembuatan kapal nelayan yang sering kita lihat dijadikan sebagai angkutan antar pulau dan saat mencari ikan.

Bukit Berahu

6. Jimbaran

Seperti di Bali, disini jimbaran juga ternyata adalah tempat makan romantis dengan suasana laut dan pantai yang eksotis. Lokasinya  terletak setelah objek wisata tanjung tinggi, sangat cocok buat yang ingin bersantai bersama keluarga atau pasangan. Kalau sendiri yahh, mending ke wisata pantai saja, hahaha siapa suruh sendiri.

Jimbaran Belitung

7. Tanjung Tinggi

Tanjung tinggi bukan hanya untuk orang-orang tinggi, hahaha. Tanjung tinggi merupakan wisata pantai yang berbeda dengan pantai lain di Belitung, di pantai ini terdapat benyak batuan raksasa yang tersusun rapi dan indah menjadikannya spot yang sangat instagrammable.

Tanjung TInggi

8. Tanjung Kelayang

Tanjung kalayang merupakan spot yang wajib dikunjungi saat ke Belitung, karena di tempat ini semuanya sudah tertata rapi oleh pengelola. Pantainya rapi dan bersih (kecuali musim liburan), selain itu dari pantai ini kita bisa menyeberang ke beberapa spot sekaligus untuk aktifitas snorkeling, seperti:

  • Pulau batu berlayar
  • Pulau Burung Garuda
  • Pulau Kelayang
  • Pulau Lengkuas
  • Pulau Pasir (jika laut surut)

Tanjung Kelayang

9. Wisata Alam Batu Mentas

Dalam perjalanan menuju Museum Kata kita akan melewati sebuah wisata alam yang belum banyak diketahui orang, namanya ialah Batu Mentas yang merupakan objek wisata pemandian alam sungai sejuk, air terjun dan kumpulan tarsius yang berkeliaran, jika anda beruntung maka anda dapat melihatnya.

Wisata Alam Batu Mentas

10. Danau Kaolin

Pasti sudah sering melihat danau dengan warna biru terang dan pasirnya yang seputih tepung. Lokasi ini bernama Danao Kaolin yang hanya terletak di Bangka dan Belitung. Benar-benar spot foto yang sangat instagramable di zaman now ini, tapi hati-hati dengan keindahannya karena menurut warga sekitar pasir di tepian dana merupakan lumpur hidup yang bisa membahayakan jika kita terlalu dekat. Jika anda melihat foto saya dibawah tanpa pagar pembatas itu karena saya melompati pagar tersebut demi mengambil view keren di tepian danau, hahaha setelah itu langsung dimarahin dahh dan disuruh minggat.

Danau Kaolin Belitung

6 thoughts on “10 Destinasi Wisata Recomended Belitung Hanya Dengan Rp 70.000

    1. kalau 1-2 orang naik motor aja lebih hemat kok.

      klo yang berangkat lebih banyak naik mobil recomended.

      disana kondisi jalannya mulus dan bersih bebas macet, haha jadi enak keliling2 nya

  1. Ah, beberapa tempat seperti bukit berahu dan batu mentas belum sempat saya datengin nih. Jadi pengen main ke Belitung lagi. Wisata di Belitung ga terlalu mahal biaya masuknya ya. Ngeluarin uang paling banyak untuk masuk tempat wisata ada di Museum Andrea Hirata 🙂 Tapi itu juga baliknya bisa bawa buku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.