Nginap Hemat di Gorontalo

Beberapa waktu lalu saya sempat melancong ke kota yang terkenal dengan kue pianya yakni Gorontalo. Provinsi yang terletak di pulau Sulawesi ini merupakan salah satu yang tertua dan menjadi pusat perdagangan dan penyebaran agama Islam kala itu. Makanya tak heran jika Gorontalo memiliki sederet destinasi wisata religi dan pantai yang indah.

Terbang dari Manado

Sebelum ke Gorontalo, terlebih dahulu saya sudah melancong di tanah Minahasa Manado, Sulawesi Utara untuk menyelami Tebing Laut Vertical Bunaken. Awalnya saya ingin melewati jalur darat dari Manado menuju Gorontalo. Tapi setelah saya perhitungkan baik-baik antara pengeluaran dan waktu tempuh ternyata saya memilih terbang ke Gorontalo menggunakan sayap, bukan sayap saya hahaha tapi sayap pesawat Wings Air IW-1165 dengan jumlah penumpang hanya puluhan saja.

– Naik Bus jurusan Manado – Gorontalo sekitar 9 jam Rp 200.000an
– Naik Pesawat jurusan Manado – Gorontalo 40 menit juga Rp 200.000an

Selain bisa hemat waktu juga beda harganya tidak terlalu jauh, belum lagi kalau naik bus itu pasti ada pengeluaran makan ini itu lagi, hahaha seperti perjalanan saya di Palembang lalu menaiki bus jurusan Merak – Palembang dengan waktu tempuh  12  jam plus-plus.

Oh iya berikut tiket saya dari Manado menuju Gorontalo yg ternyata menggunakan app si biru muda juga.

 

Tiba di Gorontalo

Setibanya di Gorontalo saya sempat stress karena tidak ada signal sama sekali. aarrghhht…. Provider yang saya gunakan adalah smartfren dan tri. Warna  lampu mifi saya hanya merah berkedip-kedip menjerit mencari signal.

Benar-benar diluar dugaan dan itinerary saya, selain itu bus bandara juga sudah tidak beroperasi pada sore hari. Jadinya saya naik taksi dengan ongkos Rp 70.000,- menuju pusat kota Gorontalo.

Menginap dimana?

Setibanya di pusat kota Gorontalo hal diluar dugaan kembali terjadi, saya tiba malam hari ditengah guyuran hujan dan angin malam yang dingin. Planning
saya keliling kota Gorontalo di sore hari gagal, malah belum tau mau nginap
dimana.

Akhirnya saya mencoba melakukan pencaria di google maps dengan mengetik subjek Airy Hotel, dan finally muncul banyak hotel-hotel dengan harga terjangkau buat para Blogger, hahaha.

Malam ini alhamdulillah bisa tidur nyenyak diatas kasur airy, bukan di pelataran masjid ataupun pom bensin lagi, hahaha.

 

Destinasi Gorontalo

Setelah mendapat penginapan selanjutnya kita bisa memulai trip kita di Gorontalo dengan tenang. Karena lokasi wisata Gorontalo terbilang mudah untuk dijangkau. Adapun destinasi wisata terdekat yang saya sarankan setelah mendapat penginapan di Airy yakni:

– Benteng Otanaha
– Masjid Walia Emas
– Taman Laut Olele
– Mencicipi Es Brenebon
– Desa wisata religius
– Membeli oleh-oleh kue pia
– Mencoba keliling kota naik bentor

Naahh…. itu tadi cerita saya saat berada di Gorontalo. Saya bisa menjelajah berbagai wisata Gorontalo dengan hemat karena menginap di airy. Kedepan saat buat itinerary menginap sebaiknya disisipkan untuk lokasi penginapan di airy rooms dari awal biar tidak keteteran di akhir.

4 thoughts on “Nginap Hemat di Gorontalo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *