Inspirasi 60 Tahun Astra Untuk Makassar Menuju Kota Dunia

Welcome to Makassar!
Makassar merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yang terletak di timur Indonesia. Kota yang dulu bernama Ujung Pandang ini menjadi pusat perdagangan di wilayah indonesia timur, tak heran jika saat ini Makassar menjadi salah satu kota metropolitan yang disegani hingga wilayah Asean.

Kota yang terkenal dengan kuliner Coto Makassar nya ini dipimpin oleh seorang lulusan arsitek brnama bapak Ir. H. Danny Pomanto atau yang akrab dipanggil pak Danny Pomanto.

Makassar dari atas via inaceb

Makassar Smart City Menuju Kota Dunia

Mendengar kata smart city maka yang ada di benak kita ialah sebuah kota pintar dengan berbagai kecanggihan teknologi yang ada. Mulai dari sistem lalu lintas dan transportasi yang canggih, peralatan kota berteknologi tinggi, tantanan pemerintahan yang canggih, lingkungan yang bersih, tak adanya kemacetan
hingga fasilitas kesehatan yang memadai.

Hal tersebut yang berusaha Makassar hadirkan kedepannya. Bukan hal yang mustahil, visi tersebut sudah mulai terlihat saat ini dengan dibangunnya berbagai sarana dan prasarana yang baru, pembuatan taman tematik, meningkatnya tingkat kebersihan kota, dibangunnya fasilitas kesehatan serta event-event nasional yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya.

Kedepan tantangan kita sebagai warga kota Makassar untuk beradaptasi dengan trend positif yang ada.

Bersamaan dengan itu, hal penting lain yang tidak boleh kita lupakan ketika Makassar tengah naik daun yakni pelestarian lingkungan dan pemenuhan fasilitas kesehatan bagi warga Makassar guna meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan tinggal di kota daeng ini.

Peran Astra Untuk Makassar Menuju Kota Dunia

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam lingkup kesehatan dan lingkungan, Astra Motor Makassar selaku main dealer jaringan purna jual sepeda motor Honda di Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara dan Ambon kian menggiatkan program kepedulian sosial dan kesehatan ke masyarakat, serta PT Toyota-Astra
Motor (TAM) memperluas cakupan kegiatan Car For Tree ke daerah lain di Indonesia, yaitu dengan meresmikan program Phinisi Bagi Negeri, di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pantai Losari via doc. pribadi

Pos Kesehatan Kelurahan
Warga Makassar pasti sudah tau kalau daerah Rappocini merupakan jalan yang sangat ramai dan padat akan kendaraan, hal tersebut sangat beresiko bagi kesehatan dan keselamatan para pengendara dan warga Sekitar.

Pos Kesehatan Kelurahan saat ini telah aktif kembali dan sudah beroperasi berkat Astra yang terjun langsung bekerja sama dengan kelurahan Rappocini pada Program Kampung Berseri Astra.

Kampung Berseri Astra merupakan salah satu program besar dari PT Astra International Tbk. yang dilaksanakan disetiap kota besar di Indonesia, segala macam kegiatan murni dilakukan untuk bersama-sama membenahi daerah kampung mulai dari lingkungan, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penggeraknya adalah seluruh perusahaan grup Astra yang berada di daerah tersebut bersama dengan masyarakat penghuni kelurahan.

Pos yang berada di Rappocini tersebut dulunya terbengkalai, tapi pihak Astra mengubah pos yang tidak digunakan tersebut sebagai sesuatu yang bernilai manfaat bagi masyarakat. Kedepannya tinggal bagaimana masyarakat mengelola dan memanfaatkannya

Pos Kesehatan Keliling via fajar

Kegiatan ini memiliki dampak yang sangat positif bagi warga Makassar, karena dengan adanya pos kesehatan keliling masyarakat bisa lebih mudah dalam hal pelayanan kesehatan terutama dalam hal pertolongan pertama yang merupakan suatu momen dimana kita harus sigap dan segera menangani pasien yang
membutuhkan pertolongan.

Program Phinisi Bagi Negeri
Phinisi Bagi Negeri sendiri merupakan sebuah program terpadu pelestarian lingkungan, pendidikan konservasi lingkungan serta kebudayaan maritim dengan menanam terumbu karang di antara Pulau Samalona dan Pulau Kodingareng Keke.

Oleh karena itu, Astra telah memberikan sumbangsih positif dalam melestarikan keanekaragaman hayati di kawasan laut dan pulau-pulau yang berada di kota Makassar. Bukan hanya itu, Astra juga turut andil dalam mengkader generasi muda dengan memberikan edukasi mengenai budaya maritim dan konservasi
lingkungan kota Makassar.

“Bersama masyarakat dan Pemerintah Kota Makassar serta dealer, kami telah merancang berbagai kegiatan dalam payung Phinisi Bagi Negeri untuk menggali potensi generasi muda dalam melakukan perbaikan lingkugan hidup di kawasan pantai Makassar dan dalam bidang kemaritiman,” uangkapan yang sering diuacpkan Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, di Makassar.

Program-program yang dilaksanakan tersebut menggunakan kapal kebanggan masyarakan Sulsel yakni kapal phinisi yang menjadi simbol sejarah yang sarat akan makna sekaligus diharapkan bisa menarik minak kalangan muda untuk menaiki kapal sambil mempelajari dan dengan tujuan kebudayaan tradisional masyarakat Bugis-Makassar.

Kapal phinisi sendiri memiliki arti yang sangat dalam bagi kami warga Makassar yang melambangkan semangat, keberanian dan kecintaan warga akan kotanya kota Makassar. Saya pun sebagai travel blogger selalu bangga ketika ditanya asal, saya sontak menjawab “Makassar” sembari saya mengajak untuk datang ke kota Makassar.

Phinisi via tribun
Kapal phinisi via baxton
Pulau kodingareng keke via doc pribadi

Terumbu karang yang ada di Makassar termasuk dalam segitiga terumbu karang dunia dimana tempat-tempat tersebut merupakan pusat keanekaragaman hayati laut dunia, dan salah satunya ada di MAKASSAR.

Astra telah melakukan konservasi tahap awal dengan menanam ribuan terumbu karang, dengan begitu Makassar bisa punya akuarium laut raksasa yang indah dan bisa menarik wisatawan untuk datang kemari.

Bantuan lain yang diberikan Astra berupa alat peraga, buku-buku, video, slideshow, poster, dan documentary dengan harapan bisa memberi dampak positif bagi masyarakat.

Saya sebagai warga Makassar memberikan apresiasi dan dukungan penuh terkait program CSR yang diadakan Astra untuk kota Makassar, Semoga kedepan hal ini bisa menjadi kegiatan rutin yang bisa diteladani juga oleh perusahaan lain yang terus berkembang tapi tak melupakan unsur budaya, lingkungan dan kesehatan
seperti PT Astra International Tbk.

Artikel ini dalam rangka menyemarakkan lomba blogger Makassar oleh Inspirasi 60 Tahun Astra “Menggali Inspirasi dari Masyarakat Kota Makassar dalam Mewujudkan Kota yang Unggul dalam Bidang Pelayanan Kesehatan”

sumber foto: doc.pribadi dan media Makassar

10 thoughts on “Inspirasi 60 Tahun Astra Untuk Makassar Menuju Kota Dunia

  1. saya mendukung seluruh kegiatan sosal astra di Makassar . Semoga kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunya agar tercipta suasana kota yang nyaman dan sehat

  2. Mantap Daeng, semoga PT. Astra International tbk, bukan hanya di kota Makassar saja. Tetapi juga di tempat tinggal saya, kab. Gowa.
    Banyak banget program program PT. Astra yang diperlukan di masyarakat kab. Gowa. Apalagi, masih berstatus kabupaten dimana terdapat banyak pedesaan yang perlu dijadikan desa binaan. 🙂

    1. Amiin, iya bro sy semoga kedepannya Astra bisa terus berbagi dalam kegiatan sosialnya di masyarakat dan desa yg ada di provinsi Sulawesi Selatan.

      mantapp bro..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *