One Day Trip Rammang-rammang

Liburan adalah hal yang selalu dinantikan oleh setiap orang, namun harapan tak selalu sesuai dengan ekspektasi. Saat ini waktu adalah sesuatu yang sangat berharga dimana kebanyakan orang ingin pergi ke suatu tempat namun terhalangi oleh waktu luang yang dimiliki oleh orang tersebut. Timur Indonesia menyajikan banyak pesona yang menawan yang sayang untuk dilewatkan, tapi tempat yang jauh membuat orang agak sulit mencari waktu yang pas dan lama agar bisa berlibur dengan puas. Salah satu provinsi yang berada di Timur Indonesia adalah provinsi Sulawesi Selatan dengan ibukotanya adalah Makassar, dan salah satu tempat yang lagi hits diisini adalah Rammang-rammang yang secara geografis terletak di kab. Maros di seberang kota Makassar.

Mengapa Rammang-rammang ?

Rammang-rammang merupakan pegunungan karst terbesar di Indonesia dan kedua terbesar di dunia setelah pegunungan karst yang ada di Guangzou. Pemandangan alam yang asri serta lokasi yang tidak jauh dari bandara Sultan Hasanuddin, Makassar membuatnya bisa menjadi salah satu destinasi utama saat berkunjung di Kota Daeng ini.

Dimana lokasi Rammang-rammang ?

Pegunungan Karst Rammang-rammang secara geografis terletak di Desa Salendrang, Bontolempangan, Bontoa Kab. Maros, Sulawesi Selatan. Sekitar 36 Km jika start dari bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Tiket masuk lokasi wisata pun sangat murah hanya Rp 3.000,- saja

Apa saja yang bisa dilakukan disana?

Rammang-rammang merupakan pedesaan yang dikelilingi pegunungan karst yang menjulang tinggi serta persawahan sejauh mata memandang. Jadi hal yang bisa kita lakukan disini yakni menikmati udara segar pegunungan dan sejenak melupakan padatnya aktifitas setiap hari. Selain itu kita juga bisa merasakan sensasi berpetualang ke alam sungguhan sambil naik perahu melewati sungai layaknya di film-film adventure. Setelah sampai terdapat banyak spot berfoto yang lain daripada yang lain. Pokokya benar-benar suasana alam yang bukan seolah-olah, hahaa.

Selain itu spot wisata yang ada di Rammang-rammang adalah:

  1. Kampung Berua
  2. Situs Pasaung
  3. Padang Ammarung
  4. Gua Kelelawar
  5. Goa Sikki Berlian
  6. Goa Baru Berlian
  7. Batu Kingkong

 Bagaimana cara sampai kesana?

Ada banyak cara untuk bisa sampai ke Rammang-rammang. Bagi orang Makassar dan sekitarnya saya rasa sudah tahu rute menuju ke tempat ini, jadi yang saya bahas kali ini ialah rute bagi orang luar Sulsel yang ingin kesini. Berikut rinciannya:

  • Naik pesawat dengan tujuan bandara Sultan Hasanuddin, Makassar
  • Naik ojek/bus bandara/taksi/mobil daerah keluar bandara di simpang lima underpass Mandai
  • Naik pete-pete (angkot)/mobil daerah rute Maros-Pangkep kemudian turun di depan jalan masuk daerah wisata Rammang-rammang
  • Naik ojek menuju dermaga 1/dermaga 2 Rammang-rammang
  • Naik perahu menuju kawasan pegunungan karst Rammang-rammang

Nah, itu tadi rincian transportasi serta biaya menuju ke kawasan pegunungan karst rammang-rammang. Semoga bermanfaat, jika tertarik ingin kesini saya bisa bantu membuatkan paket private trip buat teman-teman di luar Sulsel yang ingin oneday trip, karena bagi yang suka suasana alam tak ada salahnya membuat itinerary ke Rammang-rammang sebelum melancong ke Toraja. Timur Indonesia memang indah. So, Ke sulsel yuk!

 

 

 

One thought on “One Day Trip Rammang-rammang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *