18 Oleh-oleh Khas Makassar & Sulawesi Selatan Yang Wajib Dibawa

Tak lengkap rasanya jika traveling ke sebuah tempat/kota tanpa membeli buah tangan alias oleh-oleh. Nah, setiap kota/kabupaten pasti memiliki pusat penjualan oleh-oleh di setiap daerah masing-masing, termasuk yang akan saya bahas kali ini yakni pusat penjualan oleh-oleh yang ada di tanah Daeng alias kota Makassar. Apa saja kah oleh-olehnya? dan dimana tempat membelinya? Berikut ulasannya….

Dimanakah tempatnya?

Pusat penjualan oleh-oleh di kota Makassar terdapat di sepanjang Jl. Somba Opu Makassar. Jika bingung mencari alamat ini jangan khawatir, sebab jalan ini sangat strategis yang terletak di seberang jalan pantai losari.

Apa saja oleh-oleh Makassar yang wajib dibawa?

Makanan

  1. Baruasa

Baruasa merupakan kue berwarna putih terbuat dari bahan dasar kelapa dan tepung beras dengan rasa yang gurih. Kue ini biasanya disajikan berpasangan dengan teh hangat dan dimakan bersama keluarga saat pagi hari.

Baruasa – Mydaypack

  1. Bannang-bannang

Seperti namanya “bannang-bannang” yang berarti “benang-benang” merupakan kue yang bentuknya seperti benang-benang kusut berwarnah merah kecoklatan karena bahan dasar dari kue ini dari gula merah.

Bannang-bannang

  1. Otak-otak ikan

Jangan kaget mendengar namanya, makanan ini bukan terbuat dari otak kok, hehehe. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar, sehingga rasanya sangat unik dank has dengan tekstur daging yang lembut.

Otak-otak

  1. Kue kurma

Seperti namanya kue ini berbentuk mirip seeprti kurma tapi dengan bahan dasar kue pada umumnya yakni tepung terigu, mentega, telur, maizena yang kemudian dipadukan dan dibentuk seperti kurma kemudian diselimuti karamel dan potongan kacang. Rasa kue ini sangat gurih dan manis. 

Kue kurma – Mydaypack

  1. Dangke

Dangke ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari fermentasi susu kerbau dengan system pengolahan tradisional. Tekstur makanan ini boleh dibilang mirip-mirip tahu dengan rasa kayak keju.

Dangke

  1. Kue Tori/Beppa Tori

Kue ini berasal dari Toraja yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan gula merah. Walaupun bentuknya sederhana tapi rasanya manis dan khas, jangan lupa membeli ini saat ke Toraja. Kalau lupa di Makassar juga ada kok, tepatnya di jl. benteng somba opu. 

Kue tori – Mydaypack

  1. Kacang sembunyi

Kacang ini merupakan jajanan yang sangat popular di semua kalangan yang banyak dijual di sepanjang pantai losari dan di sekolah dasar di kota Makassar. Sesuai namanya jajanan ini terbuat dari kacang tanah yang bersembunyi oleh balutan tepung terigu dan diselimuti karamel manis, bentuknya mirip seperti molen tapi dengan bentuk yang lebih kecil.

Kacang sembunyi – Mydaypack

  1. Kacang disko

Kacang ini biasa dimakan sambil disko, hahaha bercanda bro, saya juga kurang tau persis kenapa penamaannya musti ada kata “disko”, katanya kacang ini juga banyak terdapat di Bali, sepertinya karena Makassar dan bali sama-sama merupakan pulau dari timur Indonesia.

Kacang ini menjadi cemilan favorite saat idul fitri tiba, sangat digemari mulai dari anak-anak hingga orang tua karena rasanya yang gurih dan membuat lidah tak mau berhenti mengunyah.

Kacang disko – Mydaypack

  1. Mantao pare

Mantao merupakan sejenis roti/kue yang mirip bakpao dengan bentuk bulat berwarna putih dan bisa dimakan langsung. Selain itu mantao ini juga bisa dikukus ataupun digoreng. Saat ini roti mantao sudah memiliki berbagai varian rasa seperti mantao isi coklat, isi daging, rasa pandan dan masih banyak lagi, yang saya suka dari mantao ini karna kuenya yang multifungsi, hahaha alias bisa disajikan dalam keadaan apapun dan dengan toping apapun sesuai lidah masing-masing

Mantao Pare

  1. Kerupuk Jintan

Namanya sih kerupuk, tapi bentuknya menyerupai kacang, hehehe. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu, margarine, soda kue, telur dan disempurnakan dengan jintan hitam dengan tekstur yang keras, namun setelah digigit akan terasa gurih dan renyah. 

Kerupuk jintan

  1. Bagea

Bagea merupaka kue yang yang berbahan dasar dari sagu. Tekstur dari kue ini sengat keras jadi tidak cocok untuk kakek dan nenek, hehehe. Kecuali dihidangkan bersama secangkir teh, jadi bisa di celup-celup.

Bagea – Mydaypack

Minuman

  1. Kopi Toraja

Kopi ini merupakan oleh-oleh yang paling wajib saat menjejakkan kaki di Sulawesi. Kopi yang terkenal dengan aroma dan rasanya yang sangat khas ini banyak terdapat di Jl. Somba Opu dan juga banyak distributor kopi di seluruh wilayah kota Makassar. Ada beberapa jenis kopi yang disediakan seperti Arabica, Robusta dan Spesial Blend.

Kopi Toraja – Mydaypack

  1. Sirup markisa Malino

Sirup ini merupakan sirup yang berbahan dasar buah markisa asli yang ditanam di Malino, bukan dari serbuk markisa buatan. Jadi selain rasanya manis, sirup ini juga kaya akan vitamin yang menyehatkan.

Markisa – Mydaypack

  1. Sirup DHT

Sirup ini berwarna merah pekat dengan rasa manis pisang ambon. Tapi saya juga heran dengan kemasannya yang bergambar buah-buahan seperti apel, nenas, jambu dll, padahal rasa pisang ambon, hehehe.

Sirup DHT

Cinderamata/benda

  1. Minyak tawon (minyak gosok)

Minyak ini bisa disebut juga minyak ajaib karena fungsinya yang sangat banyak, hahaha. Mulai dari pegal, terkilir, asam urat, luka dll sejak saya kecil hanya menggunakan minyak ini dan berangsur sembuh. Minyak tawon atau orang-orang Makassar umumnya menyebut minyak gosok ini sudah ada sejak tahun 1912, jadi tak heran jika minyak ini sudah sangat pupuler.

Minyak tawon/minyak gosok – Mydaypack

  1. Kain tenun sutera

Kain sutera buatan Kab. Sengkang alias sarung Bugis ini sudah sangat terkenal dengan kualitas tenunnya dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh buat ibu, tante dan juga si doi yang disana, hehehe. Ada banyak motif bergaris dan warna yang ditawarkan, sehingga bisa dijadikan sebuah pakaian, sarung, dan juga kado pernikahan yang tentunya berkualitas. Ingat kalau membeli, belilah yang tenun asli, jangan yang cetak. Harga mulai Rp 60.000,-/meter.

Tenun sutera sengkang – Mydaypack

  1. Gantungan kunci Toraja & Makassar

Oleh-oleh gantungan merupakan oleh-oleh yang selalu ada disetiap kota, biasanya oleh-oleh ini sangat cocok untuk diberikan ke orang banyak. Bentuk yang banyak terdapat di kota Makassar ialah rumah tongkonan Toraja, kapal phinisi, tulisan hello Makassar dan lain sebagainya. Harga mulai Rp 5.000,-/buah 

Gantungan kunci Makassar – Mydaypack

Gantungan kunci Toraja – Mydaypack

  1. Rumah tongkonan & kapal phinisi

Oleh-oleh ini merupakan replika yang mirip rumah tongkonan dan kapal phinisi yang dibuat dari kayu, biasanya dijadikan hiasan rumah ataupun cinderamata.

Replika tongkonan

Itulah tadi oleh-oleh khas Makassar yang wajib kita bawa pulang ketika berkunjung kesini. Jika ada jenis oleh-oleh Makassar yang lupa saya sebutkan diatas bisa ditambahkan di kolom komentar dibawah, sebab refensi oleh-oleh yang saya tulis diatas berdasarkan referensi masa kecil saya yang suka jajan dan ngemil, hehehe.

8 thoughts on “18 Oleh-oleh Khas Makassar & Sulawesi Selatan Yang Wajib Dibawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *