5 Tempat Ini Wajib Dikunjungi Saat Traveling Ke Malino

Malino adalah sebuah kelurahan yang terletak di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Orang luar pulau Sulawesi mungkin belum banyak yang mengetahui tempat ini, pasalnya untuk sampai ke tempat ini kita harus ke Indonesia bagian Timur dulu yakni di provinsi Sulsel kota Makassar. Setelah itu melakukan perjalanan darat sekitar 2-3 jam melewati jalur yang cukup terjal. Tapi perjalanan panjang itu akan terbayarkan ketika sampai di kota bunga ini dimana kita akan dimanjakan oleh banyaknya wisata yang bisa kita jelajahi disana.

Apa sajakah wisata tersebut, berikut yang saya rekomendasikan:

  1. Hutan Pinus Malino

Hutan pinus menjadi tempat andalan para pelancong yang ke Malino karena letaknya tak jauh dari pusat kota. Tempat yang luas dan juga gratis menjadi faktor banyaknya orang yang kesini. Disini juga menjadi spot andalan prewed di hutan pinus sambil naik kuda. Oh iya, Jangan lupa membawa jaket ketika ke tempat ini, karena suhunya cukup dingin sob.

  1. Malino Highland

Berbicara wisata hutan pinus yang gratis tadi berbeda dengan Malino Highland. Jika kita ingin masuk kedalam harus merogoh kocek senilai Rp 50.000,-. Tapi jangan khawatir, ketika masuk didalam mata langsung dimanjakan dengan warna hijau-hijau alias luasnya kebun teh yang ada disana, sangat luas….. sejauh mata memandang. Jika berjalan kaki maka tak cukup hanya dengan sehari, hahaha.

  1. Kebun Stroberi Malino

Karena iklim yang dingin jadi tak sulit menemukan kebun stroberi disini, disetiap sisi jalan selalu ditemui kebun stroberi. Bagi yang suka makan buah berwarna merah yang satu ini, maka Malino menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi.

  1. Air Terjun Takapala

Air terjun ini merupakan tempat favorite orang-orang yang berlibur ke Malino. Air Terjun Takapala atau Takapala Waterfall memiliki daya Tarik tersendiri bagi orang-orang. Tingginya sekitar 100 m dengan debit air dari puncak air terjun yang sangat deras, dibawahnya terdapat kolam yang bisa menjadi tempat mandi-mandi. Bagi yang tidak tahan dingin hati-hati kalau mau mandi disini karena airnya sangat dingin.

  1. Markisa Malino

Sebelum pulang jangan lupa membawa buah tangan sirup atau buah markisa yang ada di Malino. Rasa sirup markisa buatan Malino adalah yang terbaik, bahkan toko oleh-oleh di Makassar memasok sirup markisa dari Malino. Jika kalian ingin membeli buah atau sirup yang murah banyak terdapat di pasar sentral Malino yang terletak sebelum kita sampai di hutan pinus malino. Pasar tersebut merupakan pasar tradisional yang selalu ramai dikunjungi masyarakat yang tinggal di Malino

Nah itu tadi tempat yang recommended untuk dikunjungi di Malino, ingat jangan sampai ketinggalan eksplore Malino ketika mengunjungi provinsi Sulsel. Alasan mengapa orang-orang mengunjungi malino karena para pelancong cukup hanya ke sebuah tempat yakni Malino tapi sudah bisa menikmati buuanyaaaakk wisata alam yang keren-keren.

8 thoughts on “5 Tempat Ini Wajib Dikunjungi Saat Traveling Ke Malino

  1. Nah Markisa Malino ini yg khas, aku pernah nyoba sih waktu di bawakan oleh2.

    Wah berati setelah masuk bayar itu kendaraan juga ikut masuk ya ? semacam kayak mengelililngi taman safari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *