Cara Traveling Sampai Ke Tanjung Bira

Bagi penikmat laut biru dan pasir putih pasti tak asing lagi ketika mendengar “Tanjung Bira”, sebuah pantai yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang selalu menjadi magnet para pelancong ketika berkunjung ke Makassar. Boleh dibilang kalau tanjung bira merupakan destinasi wajib seperti Toraja ketika kita menginjakkan kaki ke kota daeng. Bagi yang belum pernah kesini pasti masih bertanya-tanya apa sih bagusnya tanjung bira? Mending pergi ke bali sekalian atau Lombok juga bisa. Terus bagaimana cara untuk sampai kesana? Soalnya jarak dari kota Makassar lumayan juga.

Alasan ke Tanjung Bira?

Tanjung bira merupakan wisata pantai yang paling popular di Sulsel dengan berbagai aktifitas yang bisa kita lakukan disana mulai dari snorkeling, banana boat, prewedding, acara kantor, liburan keluarga dan masih banyak lagi. Jika berbicara mengenai fisik pantainya tidak akan mengecewakan bro & sist, pasirnya putih halus seperti tepung, lautnya biru jernih dan sejuk serta pemandangan alamnya sangat khas. Selain itu di sekitar tanjung bira kita juga bisa mendapatkan bonus trip seperti pantai bara, pulau liukang loe (penangkaran penyu) dan Apparalang yang sudah mulai hits saat ini.

Bagaimana cara ke Tanjung Bira ?

Jika ingin ke tanjung bira yang paling pertama dilakukan adalah berada di kota Makassar terlebih dahulu, nah silahkan naik maskapai penerbangan sesuai budget dan asal kota masing-masing. Tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar start dari bandara kemudian anda menuju ke Ke Terminal Mallangkeri untuk menaiki mobil menuju bulukumba.

Jika dari bandara anda masih bingung, anda bisa naik taksi menuju ke pusat kota Makassar tapi biayanya lumayan mahal, jika ingin lebih hemat saya sarankan untuk naik shuttle bus keluar bandara kemudian naik angkot atau di Makassar namanya adalah pete-pete menuju Terminal Mallangkeri, kalau masih bingung bisa baca selengkapnya pada artikel Rute Angkot pete-pete Makassar . Nah dari terminal ada dua alternatif kendaraan menuju Tanjung Bira, yang pertama menggunakan mobil Panther dan sejenisnya yang akan mengantarkan anda langsung on location dengan biaya Rp 60.000,- s/d Rp 70.000,- sedangkan cara yang kedua ialah dengan hanya merogoh kocek Rp 70.000 s/d 80.000 anda sudah bisa menaiki Bus ber AC tujuan Pulau Selayar, tapi nanti kalian harus turun di Pelabuhan Tanjung Bira dan berjalan kaki kurang lebih 500 meter untuk sampai ke pantai pasir putih Tanjung Bira dikarenakan Bus akan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Selayar.

Fasilitas apa saja yang ada di Tanjung Bira?

Berbicara mengenai fasilitas di Tanjung Bira sudah sangat komplit mulai dari penginapan, tempat makan, snorkeling, banana boat, spot berfoto, pasir putih, laut biru, cinderamata, memancing, dan berjemur semua bisa dilakukan disini. Hal inilah yang menjadi daya tarik Tanjung Bira bagi para traveler Indonesia. Pasirnya yang halus seperti tepung, lautan biru jernih nan bersih, serta sinar matahari yang hangat membuat kita enggan untuk beranjak. Bukan hanya itu, bahkan jika kita ingin merasakan sensasi berenang bersama penyu kita bisa pergi ke seberang pulau yang bernama Pulau Liukang Loe yang jaraknya tidak jauh dari bibir pantai Tanjung Bira. Namun seiring pupulernya tempat ini jangan heran ketika musim libur datang pasti para wisatawan membludak, setelah itu biasanya banyak sampah yang berserakan padahal sudah ada tempat sampah. Tapi mungkin begitu banyaknya pengunjung jadi sulit untuk mengatur semuanya. Solusi agar alam kita tetap terjaga mari mulai dari diri sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya untuk keindahan wisata kita di Indonesia.

Itulah sedikit informasi mengenai cara agar kita bisa sampai ke Tanjung Bira, jika masih bingung bisa langsung tinggalkan komentar dibawah untuk sekedar sharing dan jika ada info yang masih kurang dan perlu ditambahkan silahkan berkomentar juga. Jangan lupa yang punya itinerary ke Makassar untuk memasukkan Tanjung Bira ke salah satu daftarnya. ke sulsel yuk!

9 thoughts on “Cara Traveling Sampai Ke Tanjung Bira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *