Ke Sumatera Kini Hanya Rp 13.000,-

       Sumatera merupakan salah satu pulau terbesar di dunia dengan berbagai provinsi dan pesona pariwisata yang ditawarkannya. Transportasi yang paling umum digunakan untuk pergi ke pulau tersebut adalah Pesawat Terbang, namun seperti yang diketahui bahwa biayanya cukup mahal bagi kita yang notabene nya merupakan pelancong yang ingin jalan-jalan kebanyak tempat dengan biaya yang hemat. Berikut salah satu cara untuk pergi ke pulau Sumatera hanya dengan Rp 13.000,- saja menggunakan kapal si ferry… eh maksudnya KM Ferry.

Mengapa naik Ferry ?

      Jalur laut melewati selat sunda merupakan jalur terhemat untuk sampai ke Pulau Sumatera atau sebaliknya (pulau Jawa) yakni hanya dengan merogoh kocek Rp 13.000,- menggunakan kapal ferry selama 2 jam perjalanan dengan pemandangan indah laut biru dan pulau-pulau yang berjejeran di selat sunda, diatas kapalpun masih ada signal jadi jangan khawatir masih bisa chat-chat dan upload foto brosist.

Dimana lokasinya ?

  • Pelabuhan Merak terletak di Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon, Banten.
  • Pelabuhan Bakauheni terletak di Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Apa saja yang bisa dilakukan diatas kapal ferry?

  • Melihat pemandangan laut biru dan pulau-pulau yang berjejer di selat sunda.
  • Nyantai di café/minibar yang ada.
  • Tidur (bagi yang mabuk laut, hahaha).
  • Berkeliling kapal melihat aktifitas pribumi.
  • Makan di kantin kapal.
  • Nonton TV, diatas kapal ada banyak TV di setiap dek.

Bagaimana caranya kesana?

      Cara untuk ke pulau Sumatera yakni melewati jalur laut menggunakan kapal ferry melewati selat sunda dari pelabuhan Merak menuju pelabuhan Bakauheni. Jika kita berada di pulau Jawa maka kita harus ke provinsi Banten terlebih dahulu. Jangan khawatir karena di pulau Jawa ada segudang transportasi yang bisa kita gunakan mulai dari Kereta Api, Bus antarkota, Travel, KRL dan masih banyak lagi cara-cara hemat untuk sampai ke provinsi Banten. Setelah tiba selanjutnya:

  • Naik Bus atau kereta ke kota Cilegon
  • Naik Angkot merah ke pelabuhan Merak dan membeli karcis tujuan pelabuhan Bakauheni, Lampung
  • Naik KM. Ferry jurusan Merak – Bakauheni atau sebaliknya dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan.
  • Tiba di pelabuhan Bakauheni, Lampung Pulau Sumatera anda bisa melanjutkan perjalanan darat ke provinsi terdekat yakni Sumatera Selatan (Palembang), Jambi, Sumatera Barat (Padang). Tenang saja karena bus antarprovinsi ini sangat nyaman bagai duduk diatas pesawat, jadi perjalanannya tidak akan terasa. Saran saya berangkatlah malam hari supaya pagi hari pas buka mata langsung tiba dilokasi.
  • Kita juga bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk kesana dengan tarif sesuai dengan jenis kendaraan kita, entah itu mobil, motor, bahkan ada juga truk besar dan bus lintas provinsi yang naik kapal ferry ini

      Setibanya di Provinsi Lampung kita langsung disambut destinasi pertama yakni Menara Siger berwarna kuning yang terlihat dengan jelas dari kapal ferry. Menara Sieger ini merupakan titik nol provinsi lampung, selengkapnya bisa baca di Ayo Ke Menara Siger, Titik Nol Provinsi Lampung.

      Semoga artikel ini dapat memberi informasi mengenai cara hemat ke pulau Sumatera bagi yang ingin melancong kesana dengan budget yang super murah, dan begitupun sebaliknya bagi yang  ingin ke pulau Jawa dari pulau Sumatera juga dengan budget yang sama. Seperti pepatah kuno, ada banyak jalan menuju Roma”, maka bagi pelancong /backpacker juga ada begitu banyak cara dan jalan untuk sampai ke destinasi impian dengan harga teman.

Nb: tidak direkomendasikan bagi yang mabuk laut berat, hahaha

8 thoughts on “Ke Sumatera Kini Hanya Rp 13.000,-

  1. wah, pelabuhannya udah jadi keren banget yaa.. mantap mantap!
    terakhir ke Bakauheni ini 5 tahun yang lalu apa ya.. pas mau ke Kiluan. udah beda banget gambarannya sekarang ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *