Spot Foto Unik Ini Hanya Ada di Taman Prasejarah Leang-Leang

      Lagi dan lagi daerah timur Indonesia ini mulai memperlihatkan eksostisme wisata alamnya yakni sebuah taman yang unik dengan berbagai keindahan alami yang ditawarkan di kawasan batu bersejarah leang-leang. Pada zaman modern ini ada begitu banyak taman kota yang dibuat dengan berbagai keindahan yang ditawarkan, namun di tengah menjamurnya taman kota di Indonesia saat ini masih ada sebuah taman yang masih eksis menjadi magnet para traveler dan wisatawan untuk dikunjungi, namanya adalah Taman Prasejarah Leang-leang.

Apa dan Mengapa Leang-leang ?

      Taman Prasejarah Leang-leang merupakan sebuah taman batu purbakala yang terletak di kota Maros, Sulawesi Selatan yang jaraknya bisa dibilang sangat dekat dengan kota Makassar. Leang dalam bahasa Makassar berarti “Goa”, pada wisata sejarah yang sudah ada ribuan tahun lalu ini terdapat 280 batuan karst dengan berbagai ukuran serta goa-goa yang didalamnya terdapat banyak tanda kehidupan pada masa lampau. Mengapa wisata ini wajib dikunjungi saat kita ke Sulsel? Jawabannya karena lokasinya yang bisa diakses dengan mudah dan dekat dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar kita sudah bisa dimanjakan dengan pemandangan alam bebatuan dan goa yang alami entah bagaimana bisa ada batu di tengah-tengah taman seperti itu, hahaha. Selain itu kita juga bisa mengunjungi dua tempat wisata yang sangat terkenal dan lagi hits saat ini yakni Rammang-rammang dan Taman Kupu-kupu Nasional Bantimurung, jadi bisa lebih mengefisienkan itinerary anda.

Dimana lokasinya?

      Taman Prasejarah Leang-leang secara administrative terletak di Kelurahan Leang-leang Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan Indonesia yang terletak diantara dua kawasan pegunungan Bulusaraung dengan rincian biaya masuk yang sangat murah untuk kalangan masyarakat umum dan pelajar, yakni:

  • Harga Tiket Masuk : Rp 10.000,-/org
  • Mobil : Rp 5.000,-/mbl
  • Motor : Rp 2.000,-/mtr

Bagaimana cara ke Taman Prasejarah Leang-leang

Jika anda berada di luar provinsi Sulsel maka akses termudah ialah naik pesawat dari kota asal dengan tujuan Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar yang nantinya akan menjadi titik START menuju ke lokasi. Setelah sampai, dari Bandara selanjutnya:

  • Naik Bus Bandara keluar kawasan bandara menuju jalan poros Makassar-Maros atau naik ojek juga bisa.
  • Naik Pete-pete (Angkot) 7 menit dari proyek jalan underpas Makassar-Maros menuju pasar Maros 7 menit Rp 5.000,-
  • Naik Pete-pete (Angkot) 20 menit lagi dengan tujuan Tamn Nasional Kupu-kupu Bantimurung kemudian turun di depan pintu gerbang masuk Taman Prasejarah Leang-leang Rp 5.000,-
  • Naik Ojek 10 menit dari pintu gerbang menuju lokasi Taman Prasejarah Leang-leang Rp 10.000,-

Apa saja yang bisa dilakukan?

      Ada banyak hal yang bisa kita lakukan disini yang tidak kalah kerennya dengan taman-taman yang dibangun di tengah kota, tapi lebih alami dan lebih asri karena jauh dari keramaian kota. Berikut hal tersebut:

  • Berwisata sekaligus belajar sejarah
  • Foto Prewedding, tempat ini juga merupakan salah satu spot prewedding yang lain dari pada yang lain.
  • Berfoto black & white
  • Menghirup udara segar desa dan pegunungan.
  • Melukis
  • Dan masih banyak lagi sesuai kreatifitas yang biasa dilakukan para pelancong ketika kesini

      Timur Indonesia memang merupakan surganya wisata alam. Jika sebelumnya Rammang-rammang yang notabenenya merupakan wisata batuan karst terbesar di Indonesia dan terbesar kedua di dunia setelah karst di Guangzou, China. Kali ini saya ingin mengekspose Taman Prasejarah Leang-leang menjadi satu tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan kalau kita berkunjung di Rammang-rammang ataupun Taman Nasional Kupu-kupu Bantimurung. Jadi tunggu apalagi, ayo ke Sulsel tawwa!

4 thoughts on “Spot Foto Unik Ini Hanya Ada di Taman Prasejarah Leang-Leang

  1. kalau ke makassar lagi pasti mampir kesini! 🙂 Itu tata letak batunya alami kan? Unik banget ya! Padahal nggak diatur sama manusia~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *