5 Kuliner Enak Palembang Selain Pempek

      Palembang merupakan kota yang dikenal dengan kota pempek. Seantero Indonesia sudah tau kalau pempek paling enak dan murah itu ada di Palembang, jadi orang-orang berpikir kalau di kota ini pempek merupakan kuliner yang paling banyak di jajakan. Namun persepsi kita mengenai hal tersebut akan berubah ketika mengunjungi kota pempek ini secara langsung. Pada penghujung tahun 2016 lalu saya berkunjung ke kota ini dengan salah satu tujuan utama yakni Wisata Kuliner. Maklumlah yang namanya makan adalah prioritas dari segala prioritas, hahaha. Saat tiba dan berkeliling di Palembang ternyata ada banyak kuliner khas yang tidak kalah enaknya dengan pempek yang wajib kita coba, berikut beberapa kuliner tersebut:

  1. Mie Celor

      Mie Celor merupakan kuliner yang terbuat dari mie dengan kuah kental berwarna kuning ditaburi bawang goring dan dtambahkan telor rebus. Mirip-mirip dengan mie pangsit sebenarnya, namun mie celor ini memiliki kuah unik yang membedakannya dengan mie-mie lain yang ada di Indonesia. Saat kuahnya masuk di lidah rasanya sangat segar dengan rasa asam manis di lidah membuat kita tidak bosan untuk memakannya.

  1. Martabak HAR

      Semua orang pasti pernah mencoba martabak, sebuah jajanan yang banyak di jajakan di pinggir jalan di seluruh pelosok Indonesia. Nah, martabak yang satu ini agak berbeda dengan martabak lain yang pernah ada. Namanya Martabak Har yang merupakan sebuah martabak berisi sayuran, daging dan telor yang disajikan bersama kuah kari dan cuko khas Palembang. Rasa dari martabak ini sangat gurih dan enak karena disajikan dalam keadaan hangat pada saat di lokasi. Kata orang-orang sih martabak ini dulunya kuliner turunan dari orang India yang berada di Palembang pada jaman dulu.

  1. Ragit

      Ragit merupakan makanan khas Palembang yang berbahan dasar terigu yang kemudian diolah menjadi roti berbentuk segitiga dengan pori-pori seperti jala yang mirip seperti roti jala dari India. Ragit disajikan bersama kuah kari  kental dengan rasa asam manis yang mirip dengan kuah dari martabak HAR.

  1. Pindang Ikan Khas Palembang

      Setelah membahas beberapa jajanan diatas, sekarang kita mmbahas salah satu makanan berat di Palembang yang bernama Pindang Ikan Palembang. Ikan ini disajikan didalam kuah yang dimasak khusus dengan rasa manis asam dan tekstur ikan yang lembut. Kita bisa memilih jenis ikan yang mau kita makan tergantung selera kita.

  1. Durian

      Kuliner yang terakhir ini bukanlah jenis kuliner yang digoreng ataupun dimasak, namun merupakan jenis buah yang banyak kita jumpai di beberapa daerah di Indonesia yakni Durian. Kalau di Sulawesi Selatan yang banyak duriannya adalah kota Palopo, nah di Palembang juga tidak kalah dengan Duriannya. Mungkin karena kota ini sama-sama berawalan huruf “P” yah, hahaha ga nyambung. Jadi bagi durian lovers yang ingin mencicipi durian Palembang bisa ke Pasar Kuto yang menjajakan buanyaak durian di sepanjang jalan.

      Nah, benar kan kalau Palembang bukan hanya “Pempek”. Lebih dari itu ada banyak kuliner-kuliner unik dan enak yang bisa kita jumpai disana. Menurut saya Palembang termasuk kota kuliner karena banyak makanan dan jajanan yang enak dengan harga terjangkau yang bisa kita temui disana. Jadi para penggila kuliner belum sah kalau tidak mengunjungi kota Palembang untuk berwisata kuliner.

6 thoughts on “5 Kuliner Enak Palembang Selain Pempek

  1. Baru banget makan malem, langsung berasa laper ingin makan pempek setelah baca ini. Hahaha.

    Palembang memang salah satu kota yang kulinernya ajib. Terakhir ke Palembang tahun lalu, kerjaannya makan mulu. Semua yang di atas udah dicoba kecuali ragit. Pempek dan pindang yang paling jaya di hati :3

  2. Semuanya pernah dengar, meskipun banyak yang belum cicip apalagi di daerah asalnya, hehehe.. Apalagi durian, konon di Sumatera itu paling legit dan murah, beda banget sama di Jawa 🙂

  3. Penasaran sama mie celornyaa~~ pengen coba! Terus, kalau durian mah wajib coba 😀 siapa sih yang bakal nolak kelezatan durian~~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *