Kesasar di Pulau Lima Yang Indah

      Minggu, awal tahun kemarin tepatnya tanggal 2 Januari saya masih berada di Jakarta setelah mencoba iseng-iseng eksplore Jakarta naik angkot dan jalan kaki saya berencana untuk nanjak ke Gn. Pulosari dimana disana tujuan kami ialah Curug Putri, The Little Green Canyon yang saya kunjungi bulan lalu. Alasan saya ingin mengunjungi tempat tersebut karena ketagihan dengan suasana green canyon yang ditawarkan. Saya pun bergegas kembali ke Provinsi Banten yang menjadi mepo bersama sahabat daypack yakni bro Bara dan Dewan yang juga suka jalan.

      Singkat cerita kami sudah membuat schedule ke curug putri, namun sejam sebelum berangkat tiba-tiba kami putar haluan setelah ada sebuah tempat yang katanya indah dengan budget murah kita sudah bisa sampai kesana. Tempat tersebut merupakan sebuah pulau yang katanya sangat indah tapi masih jarang terjamah oleh orang-orang. Paling yang kesana hanya warga Banten dan sekitarnya daerah itu saja. Karena wisata pulau terdengar menarik maka saya join dengan sahabat daypack lain meski kita tak tahu jalan tak ada salahnya jika mencoba mencari tahu jalan untuk kesana.

Dimana lokasinya?

Pulau Lima merupakan sebuah pulau yang secara geografis terletak di seberang kota Serang, Banten. Nama pulau lima berdasarkan penamaan pulau-pulau sebelumnya yang tidak kalah indahnya yakni pulau tunda, pulau dua (pulau burung), pulau tiga (mojan besar) dan pulau empat (pamujan kecil) yang jaraknya tidak jauh dari pulau ini. Jadi apabila ingin wisata pulau, kota Serang merupakan salah satu pilihan yang tepat dimana kita bisa mengunjungi lima pulau yang jaraknya saling berdekatan.

Mengapa Pulau Lima?

      Pulau Lima ini termasuk masih baru di dunia traveling yang tengah menunjukkan taringnya dengan pesona keindahan yang ditawarkan, harganya pun masih sangat terjangkau bagi kalangan mahasiswa. Namun, seiring berjalannya waktu pulau ini semakin berkembang dengan dibangunnya 3 buah penginapan dan 7 gazebo sebagai tempat peristirahatan para pelancong yang dating kesini. Bukan hal tak mungkin jika beberapa tahun kedepan harganya akan semakin naik seiring dengan populernya destinasi wisata pulau lima ini yang bisa menjadi salah satu wisata favorit Pesona Indonesia.

Bagaimana cara kesana?

Berikut merupakan rincian biaya yang kita keluarkan misalnya jika kita start dari Ibukota Jakarta:

  • Kereta api jurusan Stasiun Duri – Karangantu pkl 14.00 Wib (3 jam) : Rp 8.000,-/org
  • Angkot dari Stasiun Karangantu – Pelabuhan Karangantu (5 menit) : Rp 5.000,- /org (jalan kaki 500 m Gratis)
  • Speed boat PP Pelabuhan Karangantu – Pulau Lima (25 menit)       : Rp 50.000,- /org (kalau perginya sendiri maka biaya speed boat disewa Rp 200.000,-/kapal)
  • Karcis masuk Pulau Lima  : Rp 5.000,-/org

       Jadi total biaya perjalanan untuk melancong ke Pulau Lima ini sebesar Rp 68.000,-/org. Sungguh merupakan budget yang sangat murah untuk sebuah liburan yang mahal. Selain itu disini juga sudah di bangun 3 buah penginapan bagi yang ingin menginap untuk liburan keluarga sebesar Rp 200.000 – Rp 800.000,-/malam. Kalau anda seorang backpacker akan lebih hemat jika menginap pakai SB atau hammock di gazebo, bisa juga mendirikan tenda dibawah sinar bulan sambil main gitar. Sedangkan apabila anda ingin wudhu untuk sholat ataupun ke kamar mandi untuk bilas jangan khawatir, karena disini sudah disediakan kamar mandi dengan air tawar yang dibawa dari seberang pulau dengan harga sebagai berikut :

  • Wudhu : Rp 3.000,-/org
  • Bilas : Rp 5.000,-/org
  • Buang air kecil : Rp 3.000,-/org

Apa yang bisa dilakukan di Pulau Lima:

Berikut merupakan aktifitas-aktifitas yang bisa lakukan di pulau ini:

  • Mandi di laut lepas pantai, jangan khawatir karena walaupun siang hari air lautnya tetap sejuk untuk melakukan aktifitas mandi-mandi.
  • Bersantai di gazebo pulau sambil melihat pemandangan laut dan pulau-pulau sekitar yang indah.
  • Mengelilingi pulau, karena luas dari pulau ini tidak begitu besar maka kita bisa mengelilinginya dalam waktu 30 menit melewati hutan mangrove yang rindang.
  • Berfoto di Pulau Lima, dimanapun kita berfoto di berbagai tempat di pulau ini tetap saja hasilnya akan bagus karena tiap jengkal dari pulau ini sangatlah indah.
  • Camping, mendirikan tenda sambil melihat bulan dan bintang malam hari di tengah laut sangatlah beda apabila kita melihat langit di kota metropolitan.
  • Memancing, ketika baru sampai saya melihat banyak orang-orang dari kejauhan yang memegang tongkat ternyata sedang memancing jadi tak ada salahnya mencoba memancing ikan disini karena saat berenang pun terdapat segerombolan ikan yang ikut berenang di samping kita menandakan bahwa ada banyak ikan di pulau ini.
  • Naik banana boat, fasilitas ini biasanya ada pada long weekend atau hari-hari tertentu dimana pada saat itu ada banyak pengunjung.
  • Snorekling, jernihnya laut membuat kita bisa juga melakukan aktifitas ini, tapi biasanya kalau mau spot yang lebih bagus kita diajak melirik pulau seberang yakni pulau dua yang lokasinya berada di seberang pulau lima.

14 thoughts on “Kesasar di Pulau Lima Yang Indah

    1. oh yaa, kalo udah ke pulau tunda seharusnya omcumii bisa singgah ke pulau lima jugaa lho, sayang banget.
      bahkan ada pulau dua, pulau tiga dan pulau empat yang tidak kalah indah juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *