Rute Menuju Curug Putri, The Little Green Canyon

      Sudah tahukah anda tempat jalan-jalan yang lagi hits saat ini yang bernama Curug Putri yang terletak di Taman Hutan Raya Carita, Provinsi Banten. Saya sering membaca artikel-artikel dari beberapa travel blog di internet mengenai tempat ini, ada yang mengatakan tempat ini merupakan hidden paradise yang dinamakan The Little Green Canyon. Ketika mendengar nama green canyon pasti kita mengingat Afsel dan Pangandaran yang juga memiliki green canyon versinya sendiri.

            Foto-foto yang diterbitkan di beberapa akun instagram dan travel blog memperlihatkan indahnya tempat ini dengan dengan berbagai aktifitas yang bisa kita lakukan, namun ketika saya mencari sumber dan rute menuju lokasi Curug Putri ini saya tidak menemukan satupun informasi yang jelas mengenai rute lengkapnya. Misal kita berangkat dari mana, lewat jalan apa saja, dan menemui tempat apa di tengah perjalanan yang bisa menjadi tanda lokasi ini. Bahkan di aplikasi maps Waze dan Gmaps yang saya gunakan tidak bisa menemukan titik akhir lokasi ini, karena itulah saya berencana untuk menelusuri jalan menuju Curug Putri dan berapa lama waktu tempuhnya.

Mengapa curug putri?

      Curug Putri adalah tempat yang termasuk masih baru dan belum banyak orang ketahui kecuali masyarakat dan traveler sekitar provinsi Banten yang pernah ke tempat ini. Selain Curug Putri kita juga akan melewati beberapa curug yang tidak kalah indahnya di tengah perjalanan nanti. Bagi yang suka wisata alam tempat ini sangat cocok untuk menjadi destinasi berikutnya, karena kita akan melakukan sedikit pemanasan saat tracking menuju curug ini sambil menghirup udara segar pegunungan. Tapi semua akan terbayarkan saat sampai di lokasi yang disebut the little green canyon ini.

Bagaimana rute sampai dilokasi?

Rute yang kita lalui untuk sampai dilokasi curug putrid ada 2 jika kita start dari Jakarta:

  1. Jakarta-Tangerang-Serang-Cilegon-Anyer-Carita
  2. Jakarta-Tangerang-Serang-Pandeglang-Carita

      Tinggal memilih rute mana yang anda kehendaki untuk sampai di lokasi. Tempo hari saya memilih rute yang pertama, tapi saya start dari perbatasan kota Serang-Cilegon dengan waktu tempuh sekitar dua jam lebih.  Saya mennggunakan aplikasi waze dan mencari titik akhir lokasi curug putrid tapi tidak ketemu, titik akhir waze saya hanya berujung di Carita. Akhirnya saya memeberanikan diri untuk menelusuri jalan menuju lokasi tersebut. Saya memilih jalur yang pertama karena jalannya lebih mudah karena hanya menelusuri pinggir laut dengan melewati beberapa pantai hingga tiba di lokasi.  Setibanya di lokasi Carita dan sekitarnya saya pun bertanya dengan warga sekitar mengenai daerah tersebut dan ternyata orang-orang di daerah Carita tau mengenai lokasi curug putrid, jadi jangan malu bertanya daripada sesat di jalan hehee kutipan pepatah tempo dulu. Selanjutnya untuk lebih memudahkan menemukan lokasi saya sengaja mengambil foto pintu masuk gerbang curug putri tersebut seperti berikut:

peristirahatan menuju curug putri

lokasi curug putri (hp basah jadi hanya foto ini yang sempat diambil, maklum belum punya go pro)

Setelah masuk pintu gerbang:

  1. Melewati jalan setapak kurang lebih 15 menit hingga tiba dilokasi parkir motor dengan membayar Rp 15.000, beruntunglah bagi yang menggunakan sepeda motor karena bisa masuk sampai tempat parkir jalur tracking.
  2. Menlakukan tracking selama 30 menit dengan jalur pendakian vertical menuju curug yang terjal dan seru hingga sampai di “Curug Gendang”.
  3. Melanjutkan tracking selama 10 menit dengan jalur landai hingga tiba di pos guide.
  4. Selanjutnya melewati medan air selama 5 menit sedalam 2 meter menggunakan pelampung bersama guide dengan membayar Rp 15.000,-.
  5. Tibalah dilokasi curug putrid

Tips dan persiapan menuju curug putri:

  1. Berangkatlah pada pagi hari agar bisa leluasa menikmati keindahan curug putri.
  2. Gunakanlah kendaraan sepeda motor agar bisa menghemat waktu perjalanan, karena dengan naik motor kita bisa sampai ke jalur tracking.
  3. Jangan lupa membawa pakaian ganti, karena mau tidak mau kalian akan basah untuk sampai ke lokasi.
  4. Bawalah waterproof case agar hp nya bisa digunakan basah-basahan, jika punya go-pro/yi malah lebih bagus.
  5. Gunakan sandal gunung, karena jalur tracking sangat licin.
  6. Jangan lupa membawa air minum dan cemilan agar bisa bersantai saat beristirahat.

      Itulah tadi cerita singkat mengenai the little green canyon alias curug putri, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin kesini. Tempat ini sangat recommended lah pokoknya bagi yang ingin menikmati keindahan alam serta sedikit pemanasan saat tracking.

 

10 thoughts on “Rute Menuju Curug Putri, The Little Green Canyon

  1. Meskipun sempit, tapi keliatannya asik juga ya main air di Curug Putri. Makasih infonya, kayaknya kapan-kapan harus dicoba nih. Sekalian pengen tau kalau dari Bogor via Pandeglang butuh waktu berapa lama untuk sampai di situ 🙂

    salaam kenal,
    BaRT …

  2. Meskipun sempit, tampaknya asik juga ya main-main air di Curug Putri. Makasih infonya, kapan-kapan boleh dicoba juga nih, sekalian pengen tau kalau dari Bogor via Pandeglang berapa jam untuk sampai di situ.

  3. Wisata alam di Banten sepertinya belum banyak yang membahas ya. Kebanyakan kalau bicara curug pasti terpusat di wilayah Kab. Bogor. Padahal Curug Putri ini juga bagus banget. Yah, hasil memang tak pernah membohongi usaha. Meski basah-basahan, dan mesti mengarungi sungai sedalam 2m, tapi keajaiban alam di Curug Putri ini tak bisa dipandang sebelah mata. Keren banget! Tapi namanya ke air terjun memang tak pernah mudah, ya. Jalanannya mesti menembus hutan dengan serasah berlumpur sebagai lantai. Doh, kapanlah ke air terjun bisa naik travelator #eh.
    Sebuah tempat yang asyik banget buat dikunjungi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *