Trip Tanjung Lesung, Salah Satu Destinasi Prioritas Pesona Indonesia 2016

      Hey sobat yang suka liburan di pasir putih dan birunya laut kali ini ada satu lagi tempat liburan di Indonesia yakni wisata pantai yang tengah menjadi sorotan di Indonesia, namanya adalah Tanjung Lesung yang terletak di desa Tanjung Jaya kec. Panimbang Pandeglang, Banten. Indonesia memang kaya akan wisata pantainya dikarenakan Negara ini merupakan negara kepulauan, yang memiliki garis pantai yang sangat panjang yang membentang dari sabang-merauke.

Mengapa Tanjung Lesung?

      Jika ditanya mengapa memilih destinasi ini? Maka jawabannya karena tempat ini merupakan salah satu dari 10 destinasi tempat wisata prioritas yang sedang dikembangkan oleh “Pesona Indonesia dan diproduksi oleh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) , diantaranya adalah Danau Toba (Sumut), Tanjung Kelayang (Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kep Seribu (Jakarta), Borobudur (Jateng), Bromo (Jatim), Mandalika (Lombok), Wakatobi (Sultra) dan Morotai Maltara (sumber). Jadi patutlah kita menyempatkan diri untuk singgah di tempat ini melihat salah satu keindahan Indonesia di ujung pulau jawa.

Bagaimana Cara Kesana?

      Rute menuju Tanjung Lesung sekitar 97 Km dari kota Cilegon, Banten. Tapi, jalan menuju tempat ini sudah bagus jadi kendaraan kita bisa melaju kencang diatasnya dengan estimasi waktu 3 jam (kurang atau lebih). Jika dari arah Jakarta/Tangerang kita akan melewati kota Serang-Cilegon-Anyer-Carita-Labuan-TanjungLesung, sedangkan rute yang lain ialah Serang-Carita-Labuan-Tanjung Lesung.

Harga Tiket Masuk

      Tanjung Lesung merupakan salah satu obek wisata pantai yang tengah dikembangkan oleh “Pesona Indonesia” dan “Kemenpar”. Jadi apabila ingin berlibur kesini maka akan dikenakan biaya tertentu yakni:

  • Weekday : Rp 25.000,-
  • Weekend : Rp 40.000,-

      Adapun fasilitas yang ada didalam ialah banana boat, camping area, restoran, pasir putih pantai dan masih banyak lagi. Tapi satu yang perlu diketahui jika ke tempat ini yakni jangan dulu ber ekspektasi tinggi karena Tanjung Lesung masih dalam proses pengembangan dan pembangunan spot-spot wisata jadi masih ada beberapa area dan jenis permainan yang dalam tahap pembangunan dan pengembangan.

Cerita perjalanan

       Kendaraan yang saya gunakan menuju tempat Tanjung Lesung ialah sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Selama di perjalanan kami menggunakan maps hp menyusuri jalanan pinggir pantai Serang-Carita-Labuan-hingga sampai pantai Tanjung Lesung. Selama perjalanan terdapat puluhan wisata pantai yang kami lewati mulai dari pantai sambolo, pantai anyer, pantai carita, pantai jambu, pantai florida dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu, dari situlah saya bisa menarik kesimpulan bahwa Provinsi Banten yang terletak di ujung pulau jawa merupakan provinsi yang kaya akan wisata pantai. Kondisi jalan menuju lokasi yang mulus membuat perjalanan 3 jam tidak terasa dan ternyata sudah sampai di pintu gerbang Tanjung Lesung. Tiba di pintu gerbang ternyata masih masuk sekitar 2 Km lagi, jadinya sempat kesasar juga dijalan masuk tadi sakin luasnya jalan masuk tempat ini. Jangan sampai terjadi seperti yang saya alami, pas masuk sudah sok-sokan parker motor dan berjalan di pintu masuk dan tiba-tiba pak penjaga gerbang memanggil dan menanyakan

“bapak dikamar berapa ya, mari saya antarkan”

      Ada dua hal yang salah, yang pertama tempat yang saya masuki merupakan area hotel alias penginapan yang sudah dipesan jauh-jauh hari untuk liburan keluarga selama beberapa hari, jadi  malu sudah sok-sok masuk dengan percaya diri maksimal eh ternyata salah. Sedangkan hal janggal kedua yakni saya dipanggil bapak padahal saya masih belum beristri dan saya juga baru tamat kuliah tahun lalu eh sudah dipanggil bapak, mungkin takdir atau wajah saya yang memang sudah terlihat tua. Padahal saya berpakaian anak muda dan baru saja selesai cukuran, yaa whatever lah yang penting sudah sampai di tempat tujuan.

Vote Tanjung Lesung

       Saat ini Tanjung Lesung dalam proses pengembangan tempat budaya, jadi ketika sampai dilokasi jangan kaget jika ekspektasi mengenai tempat ini belum sesuai dengan harapan dikarenakan masih ada beberapa spot pantai dan jalan yang tengah proses pembangunan. Besar harapan kita agar 3 s/d 10 tahun kedepan Tanjung Lesung bisa menjadi pusat perhatian di Indonesia dan mancanegara tentunya. Jadi ayo dukung wisata alam pantai pasir putih di Banten dengan share dan upload hal-hal menarik seputar Tanjung Lesung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat memberikan pengetahuan tambahan pesona yang ada di Indonesia, sampai jumpa lagi di Visit Banten selanjutnya.

      Tulisan ini saya ikut sertakan dalam Blog Competition HIS Travel Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 7 Dec 2016 – 7 Jan 2017. HIS Travel Indonesia merupakan solusi yang tepat untuk paket liburan seru yang kita impi-impikan seperti group tour packages, dan wisata internasional seperti Jepang, Hongkong, Bangkok, Korea, dan masih banyak lagi, serta tidak ketinggalan berbagai Paket Domestik yang ada didalamnya. Selain itu, paket liburan kita akan lebih lengkap dengan paket bookingan hotel di hotetrip.com dengan tiga hal yang utama yang ditawarkan situs ini yakni jaminan harga murah, pelayanan terbaik dan poin hoterip.

#HISDomesticHoliday

5 thoughts on “Trip Tanjung Lesung, Salah Satu Destinasi Prioritas Pesona Indonesia 2016

  1. Jauhhhhh buanget, aku tahun 2014 diajak ama kalicca resort berkunjung kesana dan memakan waktu 6 jam dari jakarta #lelah.
    Semoga jalan tol yang di rencanakan, segera terealisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *