Tips dan Cara Trip Kawah Putih Ciwidey

      Bandung merupakan kota yang memiliki segudang tempat wisata yang sangat menjanjikan untuk dikunjungi. Sebut saja salah satu destinasi legendaris satu ini yang bernama Kawah Putih yang berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat yang berjarak sekitar 50 Km kearah selatan kota Bandung. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10, dari situlah terbentuk kawah indah yang berwarna putih kehijauan berdasarkan kandungan belerang pada kawah tersebut setiap musimnya.

Bagaimana cara kesana?

      Kunjungan kita tidak sah rasanya di Bandung jika belum mengunjungi Kawah Putih yang indah ini yang katanya juga masih bersaudara dengan Kawah Ijen, Banyuwangi dan Kawah Kelimutu, NTT. Ada beberapa cara untuk sampai ke kawah putih tergantung situasi dan kondisi dari para pelancong itu sendiri:

  1. Kendaraan umum:
  • Dari Terminal Leuwi Panjang naik Bus/Mini Bus (elf) jurusan Bandung – Ciwidey, dan akan berhenti di terminal Ciwidey.
  • Dari Terminal Ciwidey naik angkot jurusan Ciwidey – Situ Patengang yang berwarna kuning, dan kemudian mintalah turun di pintu Gerbang Kawah Putih
  • Dari Pintu Gerbang menuju lokasi Kawah Putih menggunakan angkutan khusus yang sering disebut onteng-onteng oleh orang sekitar.
  1. Kendaraan Pribadi

      Jika naik kendaraan Pribadi cukup mudah untuk menemukan lokasi kawah putih, dari pusat kota Bandung anda bisa mencari Jl. Raya Soreang Ciwidey di Maps handphone anda dan kemudian anda tinggal mengikuti jalan raya tersebut sampai menemukan pintu gerbang masuk Kawah Putih Ciwidey di sebelah kiri jalan. Pada perjalanan agar lebih mudah dimengerti maka anda akan melewati tempat-tempat seperti Stadion Sijalak Harupat – Taman Kelinci Ciwidey –  Ciwidey Valley Resort – Kampoeng Strawberry – Wisata Kawah Putih.

Jadwal Kunjungan

      Setiap Hari 07.00 – 17.00 WIB (berdasarkan kondisi cuaca). Kebetulan sewaktu saya ke tempat ini cuacanya sedang tidak bersahabat karena hujan yang turun menyebabkan timbunya kabut yang menghalangi pemandangan indah kawah putih. Jika ingin melihat pemandangan indah kawah maka datanglah pada musim panas.

Harga Tiket Masuk:

HTM Lokal                : Rp 20.000,-/org

HTM Mancanegara  : Rp 50.000,-/org

Angkutan                  : Rp 15.000,-/org

Preweddeing            : Rp 500.000,-

Parkir Bawah

Roda 2           : Rp 5.000,-/org

Roda 4           : Rp 6.000,-/org

Roda 6           :  Rp 25.000,-/org

Alamat

Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40973

Bersama bacpacker dari Saudi

      Pada foto diatas terlihat dua orang berbaju putih yang merupakan backpacker asal Saudi Arabia yang bernama Mr. Hamood (kiri) dan Mr. Husein (kanan). Karena mereka tidak tahu berbahasa Indonesia dan hanya mengandalkan bahasa isyarat saya pun menjadi tour guide sementara mereka saat mengelilingi kawah putih dengan kemampuan bahasa inggris alakadarnya yang saya miliki.

Mr. Hamood and Mr. Husein say that Indonesia is a beautiful country and i love Indonesia. This is the first time i came in Indonesia and i Love all people here because they always smile. I hope i can visit Indonesia again in the next time.

Tips ke Kawah Putih

      Pergi ke suatu lokasi tanpa persiapan sama saja dengan makan nasi tanpa lauk maka rasanya akan hambar. Berikut tips agar bisa melakukan trip ke kawah putih dengan nyaman dan maksimal berdasarkan pengalaman saya tempo hari ke kawah putih:

  1. Berangkatlah mulai pagi hari agar pada siang hari bisa melihat warna maksimal dari kawah putih. Selain itu anda bisa memiliki waktu lebih untuk berfoto dan bersantai.
  2. Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi maka gunakanlah kendaraan sepeda motor agar lebih leluasa melaju dijalan.
  3. Jangan berangkat menggunakan kendaraan bermobil pada long weekend ataupun hari libur, karena kemacetan jalan menuju destinasi wisata kota Bandung menyaingi kemacetan di Jakarta.
  4. Berangkatlah pada musim panas antara bulan Februari – Oktober agar bisa melihat indahnya warna kawah.
  5. Jangan lupa membawa powerbank agar bisa main hp sepuasnya.
  6. Bawalah masker, karena bau dari kawahterkadang menyengat bergantung dari kandungan belerang (dari pada beli disana harganya Rp 10.000,-/masker)
  7. Bawalah cemilan karena di tempat ini bebas membawa cemilan untuk menghemat pengeluaran disana.
  8. Bawalah Cellphone Waterproof Cover untuk jaga-jaga dikalau turun hujan anda masih bisa menggunakan maps dijalan.

3 thoughts on “Tips dan Cara Trip Kawah Putih Ciwidey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *