Tips Berwisata Bersama Orang Tua di Kota Malang

     Bagi Anda yang masih memiliki kedua orang tua, pernahkan terpikir untuk mengajak mereka bepergian? Mengunjungi tempat-tempat yang mereka sukai ketika muda, atau melihat benda-benda yang akan menghidupkan kenangan mereka.

     Jika pernah, maka bersegeralah melakukan persiapannya. Namun sebelumnya, pastikan orang tua Anda berada dalam kondisi yang fit dan bisa bepergian cukup jauh. Anda bisa mulai dengan mencari hotel yang memiliki sejarah yang panjang dan memiliki koleksi benda-benda dari masa lalu, atau setidaknya hotel yang merawat peninggalan masa lalu dengan baik.

image001
Kehendakbaru.wordpress.com

      Malang adalah salah satu kota yang memiliki sejarah panjang dengan kependudukan Belanda, menyebabkan banyaknya peninggalan bangunan yang memiliki arsitektur kolonial. Jika kota Malang dijadikan tujuan, Anda bisa memilih hotel Tugu untuk menyenangkan kedua orang tua Anda. Pemesanan hotel bisa Anda lakukan dengan mudah melalui Traveloka, salah satu situs online travel agent ternama dan berpengalaman dalam merekomendasikan hotel-hotel pilihan.

       Hotel Tugu Malang terletak di pusat kota Tua, tepatnya berada di jalan Tugu no 3, berhadapan langsung dengan monumen atau tugu kota Malang. Lokasinya dapat diakses dengan hanya menempuh 30-45 menit perjalanan dari bandara udara Abdurahman Saleh.

       Hal-hal menarik dan pasti disukai oleh para orang tua dari hotel Tugu adalah, benda-benda seni peninggalan zaman kolonial yang masih terawat dengan baik. Furnitur berdesain klasik, dan kamar-kamar yang bertemakan tradisional Jawa dan Bali, terasa hangat dan akrab.

image003
Tuguhotels.com

      Tema klasik yang mewah tetap dipertahankan hingga sekarang, mengingat pendiri  hotel Tugu yang bernama Anhar Setjadibrata adalah sosok yang bercita rasa tinggi pada seni. Beliau memiliki banyak sekali koleksi benda-benda seni yang berasal dari kerajaan kuno yang melegenda.

image005
Tuguhotels.com

      Berada di area hotel yang penuh benda-benda seni dari masa lalu, bukan hanya mengajak Anda untuk bernostalgia, namun menumbuhkan sisi-sisi romantis dari diri Anda.

       Selain berada di hotel yang membuat orang tua Anda nyaman, Anda juga dapat mengajak mereka berjalan-jalan. Namun harus dipastikan lokasi yang Anda tuju cukup aman dan nyaman bagi orang tua. Tempat yang direkomendasikan diantaranya:

  1. Taman Selecta

      Lokasi taman ini berada di Jalan Raya Selecta No.1, Malang, Ini adalah taman yang dibangun pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1930 an. Jika kedua orang tua pernah tinggal di wilayah Jawa Timur kemungkinan besar mereka mengehahui taman tersebut.

       Di dalam Taman yang luasnya 18 hektar ini terdapat Taman rekreasi, restoran, kebun, dan joging trek. Hawa yang cukup sejuk akan nyaman bagi orang tua Anda ketika mereka ingin berjalan-jalan di sekitar taman.

image007
Zulfiaruaida.blogspot.com
  1. Museum Angkut dan Museum Topeng

       Kedua museum tersebut letaknya berdekatan, memudahkan Anda untuk mengunjungi dua tempat dalam waktu yang sama. Bahkan pengelola menyediakan tiket terusan bagi wisatawan.

      Di dalam museum Angkut Anda dan orang tua bisa meihat beragam jenis kendaraan dari masa ke masa dan aneka jenis transportasi. Setiap jenis diletakan dalam setting yang mendukung kendaraan itu berasal. Seperti jakarta yang lengkap dengan bajaj dan stasiun kota. Di dalam ruang yang menampilkan mobil produksi Inggris dibuat menyerupai sebuah kota lengkap dengan figur Ratu Elizabeth.

     Di museum topeng Anda bukan hanya bisa melihat jenis-jenis topeng yang berasal dari seluruh Indonesia bahkan dari Mancanegara. Tetapi ada juga koleksi benda-benda seni bersejarah dari penjuru tanah air.

image009
Dewipuspasari.net
image011
Blognyamitra.blogspot.com

    Jika sudah meneukan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda bepergian dengan mengajak orang tua, yaitu :

  1. Perhatikan kondisi tubuh orang tua.

    Bepergian dengan mengajak serta orang tua, sama halnya seperti Anda mengajak anak-anak Anda. Setiap selesai berkegiatan diusahakan Anda harus mengecek kondisi tubuh mereka karena usia senja seringkali membuat mereka mudah lelah.

  1. Cermati perubahan sekecil apa pun.

     Beberapa orang tua, dengan satu alasan tertentu, misal karena tidak ingin merepotkan atau tidak ingin membuat cemas, seringkali mengaku baik-baik saja. Padahal ada sesuatu yang dia rasakan dengan tubuhnya. Jika mereka mengatakan, “ibu baik-baik saja.” Namun Anda melihat wajahnya lebih merah dari biasa, atau lebih panas dari sebelumnya Anda harus meperhatikannya lebih sering.

     Karenanya, jangan sampai lupa membawa perbekalan obat-obatan dan multivitamin. Bila perlu Anda dapat mempersiapkan kontak tenaga medis di kota yang sedang Anda kunjungi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Perhatikan Keinginannya.

      Karena ini adalah perjalanan Anda dan orang tua Anda, dengan berfokus pada kebahagiaan mereka. Sebaiknya Anda selalu mengajaknya berdiskusi, tentang apa saja yang ingin dia lakukan, makanan apa yang ingin dia makan. Jika orang tua Anda kebingungan karena tidak tahu banyak perubahan di zaman modern ini, Anda bisa menawarkan hal-hal yang mungkin mereka sukai.

  1. Saatnya membalas budi.

Sebanyak apa pun Anda melakukan kebaikan pada orang tua Anda, jasanya dalam membesarkan dan mencintai Anda sepenuh hati tidak akan bisa terbalas sepenuhnya. Namun, setidaknya dengan membahagiakan mereka di masa tuanya. Dan Anda membuktikan pada mereka, bahwa mereka lah yang telah berhasil menjadi orang tua dengan menjadikan Anda pada posisi sekarang ini. Semua itu menjadi kebahagiaan sempurna di akhir masa hidupnya.

Karena terkadang orang tua seringkali merasa sungkan dan tidak enak hati jika merepotkan anak-anaknya, Anda harus ucapkan bahwa semua adalah hak mereka sebagai orang tua.

  1. Pilih tujuan wisata yang mudah, nyaman dan tidak menguras energi.

Pilihlah tempat-tempat wisata yang ramah bagi orang tua, memiliki udara bersih, jalanan yang rata atau mudah menggunakan kursi roda jika diperlukan, biasanya para orang tua lebih menyukai tempat wisata yang bernuansa alam dibandingkan tempat wisata yang hiruk pikuk.

image013
Pixabay.com

    Demikian beberapa tips untuk mengajak orang tua Anda bepergian dengan aman dan menyenangkan. Selamat berbakti dan nikmati kegembiraan berwisata bersama orang-orang tercinta Anda, mulailah mengelilingi kota Malang.

11 thoughts on “Tips Berwisata Bersama Orang Tua di Kota Malang

  1. terimakasih tipsnya mas, bisa mengingatkan kembali kita akan pentingnya membahagiakan orang tua kita 😀 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *