Buah Tangan Wajib Ketika Ke Garut

       Siapa yang tak kenal dodol, sebuah panganan manis legit yang berasal dari Indonesia atau lebih tepatnya di Garut, Jawa Barat dengan bentuk yang agak kenyal dan berbagai jenis rasa yang beragam. Saya pertama kali mengenal dan mencicipi dodol ketika masih TK. Saat masih kecil saya sering diberi oleh-oleh dari keluarga yakni Dodol Garut, yang saya tahu pada saat itu bahwa makanan ini bernama Dodol Garut yang terbuat dari gula aren/gula merah karena warnanya merah kecoklatan. Ternyata kata “Garut” merupakan nama Kota dimana “Dodol” itu dibuat. Sejak saat itu saya punya keinginan untuk membeli Dodol langsung di Kota asal pembuatannya yakni di tanah Sunda Kota Garut, Jawa Barat.

1       Bahan utama pembuatan dodol ialah gula merah, santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, dan garam dengan ukuran  paling umum adalah 2 cm x 1 cm x 3 cm yang dibungkus plastik atau kertas roti, dodol dengan bahan ini merupakan dodol original karna dari dodol ini bisa dihasilkan berbagai macam varian dodol.

Apa nama toko penjual dodol yang paling recomended?

      September, 2016 lalu Alhamdulillah saya menginjakkan kaki di Kota Garut, tujuan saya tidak lain ialah untuk membeli langsung Dodol di Kota ini. Terdapat begitu banyak penjual Dodol di sepanjang jalan pusat Kota Garut, tapi diantara semua penjual dodol pasti ada yang paling terbaik. Saya menyarankan sahabat traveler jika ingin membeli dodol maka singgahlah di Toko yang bernama Toko Cita Rasa karena Toko ini merupakan salah satu yang tertua di Kota Garut yang telah menjadi produsen dari banyak toko-toko penjual dodol yang ada. Berikut merupakan tampak depan toko.

2
Toko Cita Rasa

Jenis-jenis dodol apa saja yang dijajakan ?    

      Seiring berkembangnya zaman, terdapat begitu banyak jenis dan bentuk dari dodol tergantung dari jenis bahan tambahan dodol tersebut. Jika bahan tambahannya adalah strawberry maka disebut dodol strawberry, jika bahan tambahannya adalah anggur ato susu maka disebut dodol anggur atau dodol susu. Ada juga yang disebut dengan dodol Picnic yang merupakan dodol khas Garut yang dirintis oleh H. Iton Damiri (alm) dan Aam Mawardi (alm) sejak tahun 1949 dan sukses membisniskannya. Pada tahun 1957, merk dagang ‘PICNIC‘ untuk pertama kalinya diperkenalkan ke pasar dan dipatenkan pada tahun 1959. Jenis dodol ini merupakan dodol yang yang sudah dikemas menjadi sebuah paket/tentengan yang berisi satu sampai beberapa jenis dodol.

3
Dodol Rasa Buah
6
Dodol Kacang
5
Aneka rasa dodol
4
Dodol Makmur
10
Dodol PICNIC
9
Dodol Picnic
8
Kerupuk khas garut
7
Kerupuk khas Garut
11
Pengunjung toko
12
Suasana Toko

Apa itu Chocodot ?    

     Ada satu yang istimewa mengenai dodol pada era modern ini yakni ada sebuah inovasi dari putra asli garut bernama Kiki Gumelar yang berhasil mengkompilasikan dodol dengan coklat yang dinamakan “Chocodot” alias Chocholate With Dodol Garut yang di launching pada 9 Agustus 2009 dan diresmikan oleh wakil bupati Garut Diky Chandra. Sejak saat itu nama Chocodot mulai muncul ke permukaan dan menjadi incaran masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Kota Garut. Harga yang murah dengan rasa yang enak tentu menjadi alasan orang-orang untuk mencicipi Chocodot ini, bukan hanya di Indonesia tapi Chocodot ini juga berekspansi sampai ke daratan Eropa. Jika kawan traveler berkunjung ke Kota Garut, toko yang saya sarankan adalah Toko Gedoeng Cokelat Chocodot karena disini dijual berbagai macam jenis Chocodot dengan harga yang lebih murah di bandingkan dengan Toko Chocodot lain yang sempat saya singgahi.

13
Toko Godoeng Cokelat Chocodot
16
Tampak depan toko
15
Goodybag toko
14
Pelopor Chocodot pertama
42
Paket Chocodot buat dirumah
22
Chocodot Van Java
17
Chocodot unik
18
Cokelat Kepo Care
19
Cokelat isi korma (Chokor)
20
Dark Chocodot
35
Gantungan kunci Chocodot
34
Baju khas
33
Boneka Chocodot
32
Souvenir
31
Pengunjung toko
30
Suasana toko
29
Macam cokelat
28
Paket Chocodot
27
Chocodot ready to drink
26
Chocodot Cemumu
25
Paket Chocodot

Pemandian air panas alami    

      Setelah seharian penuh berkeliling di Kota Garut untuk membeli buah tangan untuk saudara destinasi selanjutnya yang bisa sahabat traveler kunjungi ialah pemandian air panas Kota Garut yang tidak kalah terkenalnya untuk dikunjungi. Ada beberapa tempat pemandian air panas di kota ini dikarenakan Garut berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh gunung-gunung seperti Darajat dan Cipanas, jadi jangan heran kalau ada banyak sumber mata air panas di tempat ini. Namun yang kali ini disinggahi adalah Cipanas, dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp 40.000,- kita sudah bisa menikmati sebuah tempat yang menyuguhkan suasana nyaman untuk bersantai sambil berendam dengan air panas dari sumber mata air alami yang terus mengalir dengan jernihnya. Sehingga setelah berendam tubuh akan kembali segar dan bugar.

36
Pintu masuk
40
HTM Rp 40.000,-
38
Cafe
39
Cafe
41
Geng
37
Kolam berendam

      Nah, itu tadi uraian singkat mengenai Dodol Garut dan Chocodot, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat traveler yang berkunjung ke Kota Garut, Jawa Barat. Paling tidak sudah tau toko mana yang menjadi tujuan ketika berada disini.

2 thoughts on “Buah Tangan Wajib Ketika Ke Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *