Pulau Indah di Sulawesi Selatan

 

     Sulawesi selatan (Sulsel) merupakan kota yang kaya akan tempat wisata yang indah, namun belum semua orang mengetahui tempat-tempat indah yang ada di Sulawesi selatan. Hal tersebut karna masih kurangnya publikasi secara massal mengenai tempat-tempat wisata yang baru yang hanya masyarakat daerah tersebut saja yang mengetahuinya. Dari sekian kota/kabupaten yang ada di provinsi Sulsel ada beberapa tempat yang memiliki daerah wisana yang indah, unik dan seru untuk dikunjungi, seperti Makassar, Toraja, Bulukumba, Maros, Pangkep, Soppeng dan Enrekang. Kota/kabupaten tersebut memiliki pesona wisata  yang memikat para traveler baik dalam negeri maupun mancanegara. Sebut saja tempat yang baru-baru ini dikunjungi ibu presiden yakni Toraja, namun daerah wisata yang ingin ogi traveler share pada kesempatan kali ini adalah wisata pantai pulau.

Jika mendengar wisata pulau yang ada di Sulsel pasti yang muncul di benak orang-orang pertama kali adalah Pulau Samalona, Pulau Khayangan, Pulau Kodingareng, Pulau Lae-lae, dan lain-lain yang sudah sering dikunungi. Namun pulau yang satu ini masih jarang didengar di telinga para penggila traveling, pulau tersebut bernama “Pulau Badi” (Badi Island).

    Pulau Badi merupakan sebuah pulau indah yang terletak di antara kota Makassar dan Kabupaten Pangkep yang sempat saya kunjungi beberapa tahun silam. Jika anda dari luar Pulau Sulawesi maka anda harus naik pesawat dengan estimasi biaya sesuai kota asal keberangkatan dan selanjutnya start dari bandara Sultan Hasanuddin, dari bandara kita memulai perjalanan darat naik  bus bandara menuju kota, nah jika kita memulai perjalanan dari kota Makassar rute yang dilewati yakni jalur darat dengan naik angkot menuju ke galangan kapal yang bernama pelabuhan “paotere”. Paotere merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal penyebrangan antar pulau di sekitaran kota Makassar, dari paotere kita melanjutkan perjalanan jalur laut menaiki kapal kecil yang kira-kira bermuatan 20 s/d 30 orang saja dengan biaya yang pastinya tidak merobek kantong para traveler sekalian yakni hanya Rp 15.000,- saja. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari paotere yakni sekitar 90 menit perjalanan dengan ombak yang sedang. Saya menyarankan para traveler sekalian jika ingin berangkat maka berangkatlah pada musim panas agar bisa melihat birunya laut di perjalanan dan putihnya pasir dipulau.

      Sesampainya di pulau anda akan disambut dengan angin sepoi-sepoi pesisir pantai serta udara yang sangat segar jauh dari polusi kendaraan kota. Terdapat dua pilihan untuk menginap di pulau tersebut, anda bisa menginap dirumah warga yang disewakan ataupun di pinggiran pantai dengan memasang tenda dan perlengkapan lainnya, tapi sebelum itu anda harus memberitahu sekaligus izin di kepala desa setempat. Hal yang berbeda dari pulau ini dibandingkan pulau-pulau lain yakni tidak ada biaya masuk, uang retribusi dan sejenisnya, selain itu hal yang harus para traveler ketahui bahwa listrik di pulau ini hanya menyala pada pukul 18.00 s/d 06.00, jadi persiapkan power bank jika tak ingin kehilangan momen. Pulau ini dihuni kurang lebih 300 kepala keluarga yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan. Masyarakat pulau yang ramah, suasana yang nyaman, kurangnya orang luar yang berkunjung menjadi hal yang tepat bagi kalian yang ingin bersantai untuk menghilangkan penat.

   Tak afdol rasanya jika tidak mandi di pantai pasir putih Pulau Badi ini. Saya dan kawan-kawan pun bergegas menuju pantai meskipun hari masih terik, ternyata ketika menyentuh air laut saat mandi, airnya terasa sejuk dan segar meskipun sinar matahari masih terik, alhasil kami sampai lupa waktu hingga petang menjemput.

     Esok hari sebelum pulang kami disuguhkan makanan-makanan laut dari para nelayan yang mencari ikan di subuh hari. Begitu kayanya Indonesia dengan ikan dan hewan-hewan laut lain yang selalu diperoleh para nelayan pulau ini sebagai mata pencaharian mereka. Satu lagi tempat yang menjelaskan bahwa Indonesia memang adalah Negara kepulauan yang terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau  (9.634  pulau belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tak berpenghuni) dengan begitu banyak kekayaan alamnya. Sulawesi selatan patut bangga memiliki banyak pulau-pulau yang indah yang menjadi daya tarik para traveler yang hoby bertualang, so ke Sulsel yuk !

One thought on “Pulau Indah di Sulawesi Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *