Tips dan Trik Lulus BUMN (PLN, Pertamina, Indonesia Power, Angkasa Pura, BPJS, BI, Badak LNG, Garuda Indonesia)

      Sejalan dengan kegiatan Traveling keliling Indonesia bersama Daypack kesayangan saya, tidak jarang saya mendengar cerita dari berbagai orang di berbagai daerah mengenai tips mencari kerja, karena sudah tertampung sangat banyak, maka dari itu saya mencoba menuangkan cerita dari orang-orang yang saya temui di TRAVEL BLOG saya. Katanya tujuan orang kuliah tidak lain ialah bekerja, namun kadang keadaan tidak sesuai yang diinginkan dikarenakan kurangnya persiapan diri memasuki dunia kerja. Siapa yang tidak ingin bekerja di perusahaan BUMN? Semua pasti ingin masuk perusahaan BUMN, namun terkadang dari puluhan ribu peserta hanya ratusan bahkan puluhan saja yang diterima, padahal orang-orang yang mendaftar tersebut merupakan lulusan-lulusan terbaik dari perguruan tinggi di masing-masing daerah. Bukan karena orang-orang tersebut IPK nya rendah, atau kemampuan dan pengetahuannya kurang. Tapi karena mereka hanya kurang mengetahui TIPS dan TRIK masuk di perusahaan BUMN idaman mereka. Berikut saya rangkum TIPS dan TRIK masuk PERUSAHAAN BUMN yang diimpikan. SUMBER yang saya peroleh ini merupakan hasil dari PENGALAMAN-PENGALAMAN dari BERBAGAI cerita-cerita NARASUMBER yang sudah pernah melewati TES tersebut SECARA LANGSUNG yang sekarang sudah bekerja di masing-masing BUMN besar yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca, jika ingin di share harap tetap lampirkan sumber web ini www.mydaypack.com .

1

Kartu tes salah satu narasumber yang sudah mengikuti serangkaian tes

      Kartu tes diatas merupakan salah satu contoh rentetan tes-tes yang dihadapi pada tes BUMN. Pada dasarnya tes masuk kerja ialah sama, tapi yang membedakan hanya lembaga mana yang digandeng untuk bekerjasama dengan BUMN tersebut. Misalnya Prodia, Parahita, PPM, LPTUI, Lembaga, Titian Carrerr, dan lembaga-lembaga lain. Terimakasih kepada narasumber atas informasi yang diberikan, semoga dapat bermanfaat bagi yang sedang berjuang pada tiap tahapan tes.

lowongan-kerja-pt-perusahaan-listrik-negara-pln-dan-anak-perusahaan-lulusan-d3-d4-dan-s1-rekrutmen-besar-besaran-april-2016ip

pertaminaap-logo-primer-rgb

bpjs-kesehatan

logo

 

bi

logo-hires1

1. Tes Administrasi

    Cara untuk lolos pada tes administrasi tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ada 90% kemungkinan lulus pada tes ini, 10 % penyebab tidak lulusnya orang pada tes administrasi adalah karna kecerobohan dan kurang telitinya orang tersebut. Tips jika kalian ingin lulus tes adimistrasi ini yang pertama pastikan semua kelengkapan berkas ada dan sesuai dengan permintaan dari perusahaan dari a s/d z. Jika cara pendaftarannya online pastikan semua data diri diisi dan semua berkas diupload tanpa terkecuali, jangan sesekali meremehkan berkas-berkas sederhana yang diminta oleh perusahaan seperti surat keterangan sehat, SKCK, sertifikat organisasi dan yang paling sering diminta saat ini adalah serifikat berbahasa seperti TOEFL/IELTS/TOEIC dengan skor masing-masing paling rendah 450/470/4. Persiapkan semua jauh-jauh hari sebelum hari H, khusus untuk sertifikat TOEFL/IELTS/TOEIC jangan mudah putus asa, sarang saya anda bias mulai dari sekarang mengikuti bimbel/privat selama 1 s/d 2 bulan yang sekaligus menyediakan Prediction Test agar bisa mendapatkan sertifikat sekaligus. Jika masih mentok coba ambil paket ke Kampung Inggris Pare (klik link), ada begitu banyak paket yang ditawarkan dengan waktu yang bias kita atur sesuai jadwal kita dan dengan biaya bimbel yang hemat tentunya.

2. Tes Akademik

     Jangan takut ketika akan menghadapi tes akademik, karena itu adalah awal dari kegagalan seseorang. Tips yang pertama ialah percaya diri dan yakin bahwa soalnya sangat mudah. Ada dua tipe orang dalam menghadapi tes akademik ini, yang pertama ialah tipe pintar dimana orang tersebut sudah belajar sebelum menghadapi tes akademik. Hal tersebut sangat bagus karna sudah ada persiapan, tips saya kalau ingin belajar maka pelajarilah pelajaran dasar dan yang paling umum sewaktu kuliah. Misalnya jurusan Akuntansi pelajari hal-hal mendasar yang berhubungan dengan jurusan Akuntansi yang paling dasar dan umum, begitupun dengan jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Hukum, Administrasi dll. Ketika didalam kelas cermaati baik-baik apakah soalnya system minus atau tidak, kalau perlu bertanya kepada pengawas ruangan. Jumlah soal pada tes akademik terbilang sedikit dibandingkan yang lain, biasanya sekitar 20 s.d 60 soal. Tapi rata-rata soalnya adalah 30 dan 40 soal bergantung pada jenis perusaan BUMN yang didaftari. Hal terakhir ialah pelaari soal yang berhubungan dengan jenis perusahaan yang didaftari, misalnya anda mendaftar di Pertamina, PGE, Pertamina Lubricants, Donggi Senoro LNG, Badak LNG, PGN atau perusahaan migas sejenisnya maka pelajari mata kuliah dasar yang berhubungan perusahaan tersebut. Contohnya mau ngapain jurusan Kimia disana? Maka pelaarilah tentang eksraksi, distilasi dll. Mau ngapain jurusan Elektro disana? Maka pelajari tentang listrik, arus lemah/kuat dll. Berbeda apabila anda mendaftar pada perusahaan Listrik seperti PLN, Indonesia Power, PJB, Cogindo, IPP dan perusahaan listrik sejenisnya maka pelajari mata kuliah apa yang kira-kira berhubungan ketika bekerja di perusahaan tersebut. Contohnya mau ngapain jurusan Mesin di perusahaan Listrik? maka pelajari tentang pompa, turbin uap/gas, valve, cara pemeliharaan dll. Mau ngapain jurusan Kimia? Maka pelajari tentang kimia air, WTP, limbah, konsentrasi. Hal yang sama ketika kalian mendaftar pada perusahaan Perbankan, Transportasi, Telekomunikasi dll. Pelajari hal-hal dasar apa yang kira-kira berhubungan dengan perusahaan tersebut.

3. Tes Intelegensi/Kemampuan Umum

     Semua orang bisa menjawab tes yang satu ini, bahkan anak SMA/SMP bisa menjawabnya dikarenakan soal pada tes intelegensi ini sangatlah mudah. Tapi jangan terkecoh dengan mudahnya soal intelegensi ini, karena hal yang menentukan lulusnya orang pada tes intelegensi ini adalah CEPAT dan TEPAT nya jawaban orang tersebut. Misalnya kalian diberi 50 soal hanya dengan waktu 5 menit, dia yang bisa menjawab paling banyak dengan paling tepat adalah yang lulus. Tips saya ialah diantara 50 soal tersebut jawablah dengan teliti dan apabila kesulitan dalam satu soal maka beralihlah pada soal selanjutnya, biasanya pada soal tersebut sengaja disisipkan beberapa soal yang memerlukan waktu berpikir untuk menjawabnya, jangan sesekali terkecoh dengan hal tersebut yang dapat menghasbiskan waktu anda. Jenis soal pada tes intelegensi ini ialah deret angka, sinonim, antonym, padanan kata, spasial, serta penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan variasinya. Soal-soal yang sangatlah mudah tapi hanya waktu yang membatasi kita.

4. Tes Psikologis (Psikotest)

   Psikotest merupakan tes yang sering menggungurkan setengah dari jumlah peserta bahkan yang pintar dan memiliki IPK Cumlaude pun sering gagal pada tes ini, sedangkan mereka yang memiliki IPK biasa saja malah lolos pada tes ini. Kepintaran bukanlah hal yang dinilai pada tes ini, lebih dari itu yang dinilai adalah potensi yang anda miliki yang dicari oleh perusahaan. Jenis tes ini adalah tes logika aritmatika, logika penalaran, analogi verbal, krapelin/pauli, wartegg, menggambar orang, menggambar pohon, army alpha intelegence test,  Edwards Personal Preference Schedule (Epps).

a. Tes Logika Aritmatika

Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.

Tipsnya:

  • Jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 3-4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.

  • Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya. 3) Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes UMPTN/SPMB untuk materi deret hitung/deret ukur.

Contoh:

– 16 8 4 2 1 1/2 … …

– 45 15 18 6 9 3 … …

 b. Tes Logika Penalaran

Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut.

Tips :

Konsentrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.

c. Tes Analog Verbal

Tes ini terdiri atas 40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan.

Tips:

Apabila anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, anda bisa mencocokkannya dengan menghafal soal dan jawaban. Karena beberapa kali penulis menghadapi tes in, soal yang diberikan relatif sama.

Contoh:

– wanita : kebaya = pria :
a. sepatu b. baju c. topi d. jas

– kubus : pyramid = empat persegi :
a. peti b. mesir c. pentagon d. Segitiga

d. Kraeplien / Pauli

Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah/bawah-atas) dalam bentuk lajur-lajur. Calon pegawai diminta untuk menjumlahkan dua angka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Tips :

  • Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan pensil biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkan di-reload ketika ujung granitnya habis, mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik. Apabila anda melakukan reload dalam 10 lajur berarti anda telah kehilangan waktu 5-10 detik.

  • Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri di awal tes namun tergopoh-gopoh di pertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga.

  • Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini akan merugikan anda sendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutuskan dan itu berarti justru membuang waktu dan memubuat grafik penjumlahan anda tidak alami.

  • Hal yang paling penting dari keseluruhan tes kraeplein adalah konsentrasi. Terkadang anda akan merasablank padapertengahan tes, namun anda harus bisa bangkit & fokus lagi pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapan dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini sangat menyedot energi anda.

e.  Warteg Test

Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.

ss

Tips :

  • Gambar sudut gambarlah benda mati (warna merah), sedangkan bentuk tak bersudut gambarlah makhluk hidup (warna hijau)

  • Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya.

  • Ada banyak narasumber yang lulus karna menggunakan variasi urutan 8,7,6,5,4,3,2,1 ada juga 1,2,3,4,8,7,6,5

f. Menggambar Pohon & Orang

Pada tes ini anda akan diberikan waktu singkat kemudian disuruh untuk menggambar sebuah pohon serta jenis pohon tersebut, kemudian gambar kedua anda akan disuruh menggambar orang disertai jenis kelamin, umur serta aktifitas orang tersebut.

Tips :

  • Gambarlah Pohon Dikotil lengkap yang terdiri dari akar batang daun dan buah, kemudian posisi ranting seimbang seperti: pohon nangka, mangga, dan pohon dikotil lainnya.

  • Gambarlah orang yang masih muda yang sedang melakukan aktifitas seperti: pemain sepakbola, orang berangkat kekantor, orang jogging dsb.

  • Gambar tidak musti bagus, intinya memenuhi dua syarat diatas

5. Tes Focus Group Discussion (FGD)

    Tes FGD atau LGD (Leaderless Group Discussion) atau sejenisnya sama saja, poin inti dari tes ini ialah untuk mengetahui apakah orang tersebut bisa bekerjasama, vocal, kreatif, dan bisa memimpin. Satu kelompok akan disuguhkan sebuah topik permasalahan, kemudian dalam waktu 20 s/d 30 menit dengan mandiri kelompok tersebut harus memecahkan masalah tersebut yang didampingi 1 orang psikolog. Contoh masalahnya bisa mengenai SDM, Lingkungan, ataupun disiplin ilmu perusahaan tersebut. Tips saya ialah ketika awal masuk berkenalanlah terlebih dahulu disertai berjabat tangan dengan teman kelompok kemudian bagi tanggung jawab masing-masing anggota kelompok seperti ada yang bertindak sebagai ketua kelompok, sekretaris, notulen, pembaca solusi, time keeper dll sekreatif kalian. Kemudian aktiflah berbicara dan mengeluarkan pendapat, jangan ngotot dengan pendapat yang diutarakan, biarkan teman kelompok untuk mengeluarkan pendapatnya. Jangan sesekali mendominasi/memonopoli jalannya diskusi karna akan berdampak negatif pada penilaian. Pastikan semua anggota kelompok mengeluarkan pendapat dan aktif saling berdiskusi, bekerjasamalah dan temukan solusi dari permasalahan tersebut sesuai waktu yang diberikan.

6. Tes Fisik

     Tes ini tidak bisa berbohong sama sekali dikarenakan yang diperiksa adalah keadaan fisik luar kita. Tapi, bukan berarti tidak bisa diakali. Selalu ada tips untuk setiap persoalan yang ada. Pada tes fisik ini yang diuji adalah keadaan fisik luar kita yang terdiri dari tes buta warna, ambeien, tes mata, tinggi dan berat badan, keseimbangan, kesehatan gigi, serta tekanan darah. Sekarang kita bahas satu per sau tipsnya.

     a. Tes Buta Warna

Sangat sulit untuk mengakali tes ini, bagi yang memiliki buta warna pada beberapa warna teruslah berlatih dengan buku manual tes buta warna karena buku yang digunakan pada tes buta warna rata-rata adalah sama, selain itu jaga kondisi mata, jangan sering main hp/laptopo/nonton tv terlalu dekat, tidur yang cukup, serta sering-seringlah melihat yang berwarna hijau.

test-buta-warna     b.Tes Ambeien

Tes ini dikenal juga dengan “tusbol” yang membuat banyak orang yang tidak lulus terauma. Pada tes ini kita disuruh nungging kemudian lobang pan*** ditusuk setelah itu diperiksa apakah biji zakar milik kita genap dua atau kurang satu. Pada tes ini sulit untuk berbohong, biasakanlah prilaku hidup sehat jauh hari sebelumnya.

     c. Tes Mata

Tes ini disebut juga sebagai tes Visus Mata. Kita akan dihadapkan pada tes kemampuan mata kita untuk melihat jauh dengan menggunakan kartu Snellen berupa susunan huruf- huruf yang bervariasi ukurannya. Pada tes ini kita disuruh untuk melihat huruf dari kejauhan, tipsnya bagi yang berkacamata/kontak lens jangan takut membawa kacamata, segera laporkan minusnya karna berkacamata bukan faktor tidak lulusnya seseorang. Selain itu ada tipsnya bro.

snelleen-chart

Tips :

Ketika kita didalam antrian dan menunggu giliran mendekatlah ke dekat papan huruf, kita bisa menghafalkan huruf-huruf yang akan di tes kepada kita, jadi pas giliran kita akan sangant mudah karna kita sudah tau huruf-hurufnya.

d. Tes Berat Badan

Berat badan ideal ialah 110 cm – tinggi cm. Setelah selesai wisuda jangan terlalu senang dengan makan gila-gilaan paahal belum dapat kerja, terus jaga pola hidup sehat dan makan teratur dan tidak berlebih.

     e. Tes Keseimbangan

Sebelum menghadapi tes ini pastikan bahwa istirahat anda cukup, dan minumnya juga cukup agar tidak dehidrasi. Intinya ialah FOKUS, karna yang anda akan dusuruh berjalan lurus sambil mata tertutup diatas lantai yang datar sejauh 10 m – 20 m.

     f. Kesehatan Gigi

Rajinlah menyikat gigi serta membersihkan karang gigi beberapa bulan sekali agar gigi kita awet, karena gigi merupakan asset. Bagi yang berkawat gigi jangan panic, tidak usah melepas kawat giginya. Cukup bersihkan gigi dengan sikat gigi teratur.

Tips :

  • Gigi berlubang yang WAJIB di TAMBAL dan yang rusak WAJIB di CABUT.

  • Karang gigi

  • Penyakit gigi dan mulut lain.

g. Tekanan Darah

Rumus dari tekanan darah normal adalah hindari yang bergaram & olahraga teratur. Jika Tekanan Darah Kamu Tinggi/Rendah maka kalian harus mengikuti tips ini. Sekedar info, tekanan darah  normal adalah 120/80.

Tips :

  • Istirahat yang cukup di malam harinya.

  • Tidak begadang.

  • Minum lah bernard bear eh salah bear band *kayanya (pokoknya minuman yang ada gambar beruangnya.

7. Tes Lab dan Penunjang

Tes ini ialah kebalikan dari tes fisik karena yang di cek adalah KESEHATAN DALAM. Pada tes ini yang UMUM di cek adalah kandungan urine, pemeriksaan darah, EKG, foto rontgen dan audiometric.

a. Pemeriksaan Urine

Kita akan diberikan tabung plastik kecil untuk menampung urine kita. Urine yang bagus adalah urine yang tidak keruh dan warnanya tidak pekat.

Tips :

  • Minum air putih (AQUA) sebanyak-banyaknya dan buang air kecil sebanyak banyaknya.

  • Saat buang air kecil ambillah urine yang berada di tengah.

  • Apabila urine anda terlihat keruh saat pengambilan, keluarlah dari WC kemudian kembali minum air putih sebanyak-banyaknya lalu masuk WC lagi 10 menit kemudian dan lakukan pengambila

 

b. Pemeriksaan Darah

Pemeriksaan yang dilakukan ialah kolestrol gula darah sebelum dan setelah berpuasa (puasa 10-12 jam dari malam hari sebelumnya). Saran saya sebelum berpuasa minumlah air kelapa muda serat merah sebelum tidur.

Tips :

  • Minum air putih (AQUA) yang banyak

  • Minum air kelapa muda serat merah 1 minggu secara teratur

  • Olahraga teratur dan istiqomah

  • Konsumsilah jus buah tanpa gula setelah berolahraga

  • Makan sayuran hijau yang banyak

  • Kurangi makan gorengan

  • Jangan makan kuning telur dari nasi kotak yang diberikan karna memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi

c. Elektro Kardio Graf (EKG)

Ada dua jenis tes EKG yang umum dilakukan yakni :

  1. pertama pada bagian ini kita akan berbaring pada sebuah ranjang, dan tubuh kita akan dipasangi alat, 2 dijepit diatas mata kaki, 2 dijepit di pergelangan tangan, dan yang banyak dipasang di bagian dada. Prosesnya tidak lama, cukup singkat. Kita hanya butuh rileks agar detak jantung kita berjalan normal. Jangan sesekali merasa deg-degan karna irama jantung akan berubah-ubah dan akan mempengaruhi hasil perekaman jantung.
  2. Kedua tes TREADMILL dimana kita disuruh berlari diatas alat treadmill kemudian penejepit dan connector dibadan kita dihubungkan dengan alat perekam jantung dan hasilnya langsung di print out. Orang-orang yang lulus tes ini adalah mereka yang bisa mencapai level 3 s/d 4 (2-5 menit per level) dengan irama jantung dan tekanan darah konstan, kemudian akan uncul hasil print out yang kemudian dibaca dan diartikan oleh dokter ahli yang bersangkutan

Tips :

  • Pada treadmill berlarilah dengan konstan sesuai irama dan jangan tergesa-gesa.
  • Jangan melakukan aktifitas yang berat sebelum tes dilaksanakan, bagi yang rumahnya jauh dengan lokasi tes harap untuk menginap dirumah saudara atau kenalan yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi tes
  • Sebelum tes ini berolahragalah dengan teratur dan istiqomah, misalnya 2 hari sekali selama 30 menit pukul 17.00. Intinya KONSTAN dan ISTIQOMAH.

d. Foto Rontgen

Prosesnya sederhana, kita akan berdiri membelakangi kamera dengan kedua tangan dibelakang pinggang, tarik nafas dan tahan, trus difoto dan selesai. Pemeriksaan ini untuk mengetahui adanya kelainan/penyakit paru-paru, jantung dan organ sekitarnya.

e. Audiometri

Kita akan disuruh masuk ke sebuah ruangan khusus kedap udara, kemudian kita akan gunakan headphone sambil memegang sebuah alat yang terdapat tombol. Prosesnya sederhana, jika ada bunyi yang terdengar pada headphone yang kita gunakan maka kita harus menekan tombol tersebut. Setiap bunyi, jadi baik bunyinya besar ataupun kecil. Hati-hati pada tes ini, kerna panitia tidak akan member kode kappa dia start. Ketika kalian sudah masuk pada ruangan kedap udara maka kalian sudah start.

Tips :

  • Bersihkan lubang telinga sebelum tes, biaya biasanya ialah Rp 100.000. (normalnya setiap 6 bulan seseorang harus membersihkan telinganya di dokter THT)

  • Jauhi sumber bunyi yang keras (headset, konser musik, speaker yang keras,keramaian dsb) sehari sebelum diadakan pemeriksaan

 

Alasan Tidak Lolos Tes Kesehatan

  • Menggunakan Narkoba / Pecandu / Junkies

  • Menderita Hiv / Aids Atau Penyakit Menular Lainnya

  • TBC Atau Kanker Paru Atau Kanker Lainnya

  • Cacat Fisik

  • Bertatto

  • Tuli, GangguanPendengaran

  • Gangguan Penglihatan Parah (Buta/Buta Warna Total)

  • Tekanan Darah Melebihi 135 / 95 Mmhg

  • Hati Yang Membesar Dengan Sgpt Dan Sgot Tinggi

  • Sindrom Karpel Tunnel

  • Skoliosis Berat

  • Hamil

  • Kelainan Ritme Jantung/Ekg(Baradikardi/Sinus Takikardi Dengan Tyroid T3& T4)

  • Leukemia

  • Suspek Diabetes Melitus / Kencing Manis

  • Kolesterol Tinggi

  • Asam Urat Tinggi

  • Hbsag Positif

  • Starbismus / Juling

  • Mata Minus/Plus Lebih Dari 5 Di Salah Satu Atau Kedua Mata.

  • Tinggi Kurang Dari 156 Cm

  • Gangguan Kejiwaan

  • Ada Lebih Dari 2 Masalah Gigi Dan Mulut

Khusus Tes WAWANCARA (wawancara kerja, wawancara psikologis, dan wawancara user) silahkan klik disini, semoga bermanfaat, namun kembali saya ingatkan TIPS dan TRIK masuk PERUSAHAAN BUMN ini SUMBER yang saya peroleh dari PENGALAMAN-PENGALAMAN dari BERBAGAI cerita-cerita NARASUMBER yang sudah pernah melewati TES tersebut SECARA LANGSUNG yang sekarang sudah bekerja di masing-masing BUMN besar yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca, jika ingin di SHARE harap tetap lampirkan sumber web ini www.mydaypack.com. Jangan lupa TIPS dan TRIK ini tiada gunanya tanpa DO’A dan IBADAH kepada ALLAH SWT. 

*NB Jika kemudian masih ada pertanyaan lebih lanjut jangan ragu berkomunikasi via ig/fanspage

“Bagi yang telah membaca harap tinggalkan komentar jika artikel ini bermanfaat, sebagai bahan survey untuk pengembangan kami apakah artikel ini layak untuk diterbitkan”

13 thoughts on “Tips dan Trik Lulus BUMN (PLN, Pertamina, Indonesia Power, Angkasa Pura, BPJS, BI, Badak LNG, Garuda Indonesia)

    1. Iya gan pengaruh tuh, kalau lebih dari 2 masalah kesehatan gigi yang mulut bisa kurang penilaiannya, saran saya ke dokter gigi aja cuci karang giginya. palingan 100.000 kok gan

  1. Tinggi badaaan :”)
    Sedih sedih gmana begituu ya kalo kurang tinggi :’)
    Anyway thanks infonya ya mas ^^

    1. Terimakasih banyak, komentar anda menjadi survey untuk artikel ini apakah cocok untuk di publish apa di nonaktifkan saja. Senang bisa saling berbagi manfaat (y)

  2. Assalamualaikum
    Halo, saya kebetulan juga habis tes fisik & lab IP, tinggal kurang tes darah dan urin minggu depan. Tapi, waktu treadmill kemaren, saya hanya sampai 7 menit. Perawatnya bilang perempuan minimal 8 menit. Apa standar waktu itu berpengaruh banget ya untuk lolos gaknya? Saya kurang tahu kalau tahap 3 treadmill kira-kira berapa menit.

    1. yang dinilai di treadmill adalah kinerja jantung kita, apakah pada setiap level kecepatan treadmill jantung kt masih bekerja normal atau sudah ngos-ngosan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *