Kampung Inggris Pare, Kediri & Pesona Wisatanya

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang sudah menjadi kebutuhan di setiap Negara dikarenakan banyak lapangan pekerjaan saat ini menjadikan bahasa Inggris menjadi syarat untuk melamar pekerjaan. Bukan hanya itu, mendaftar di Universitas Negeri dan persiapan Skripsi pun menjadikan bahasa yang satu ini sebagai syarat untuk LULUS, dan saya adalah salah satu yang mengalami hal tersebut. Alhasil dengan niat menambah kemampuan berbahasa Inggris, saya pun menuju ke Kampung Inggris Pare, Kediri.

img_2305selamat-datang

Pintu Gerbang Kampung Inggris

1. Kampung Inggris

Kampung Inggris Pare terletak di desa Singgahan dan Tulungrejo Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi  Jawa timur. Jarak dari kota Surabaya memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan menggunakan mboil travel. Saya start dari kota Makassar menggunakan pesawat Sriwijaya Air (Rp 469.000,-) dan tiba di kota Surabaya, selanjutnya menaiki mobil travel (Rp 85.000,-) yang sudah saya pesan sebelumnya menuju langsung ke Kampung Inggris. Saya menyarankan untuk menggunakan mobil travel dikarenakan mobil ini langsung mengantarkan kita ke tempat tujuan yang kita inginkan di Kampung Inggris. Saya memiliki kontak Joy Travel yang saya naiki tempo hari 0318704111, semoga bermanfaat. Setibanya di kampung inggris saya terkejut melihat begitu banyaknya tempat bimbingan belajar bahasa yang ada disini, bukan hanya bahasa Inggris tapi juga bahasa Arab, Korea, Thailand dan Cina. Jika kawan-kawan merasa bingung saya merekomendasikan beberapa tempat bimbel yang pernah saya tempati disana yakni OXFORD, GLOBAL ENGLISH, MAHESA INSTITUTE, dan TEST ENGLISH saya adalah alumni dari tempat bimbingan belajar tersebut. Bukan hanya itu, ada juga rekomendasi bimbel lain yang bagus seperti ELFAST, BEC, PEACE, DAFODILS dengan priode pendaftaran khusus pada tanggal 10 dan 25 saja setiap bulannya,  silahkan klik link tempat-tempat bimbel yang saya rekomendasikan tersebut, insyaAllah bermanfaat.Mengenai tempat tinggal dan makanan di sana, jangan khawatir. Kampung Inggris memiliki begitu banyak tempat tinggal dan makanan yang super murah dengan berbagai macam pilihan. Kisaran harga tempat tinggal disana mulai dari Rp 150.000,- s/d Rp 2.000.000,- . Tempat tinggal (home stay) / kost yang saya tempati dulu bernama Sunrise Homestay di Jl. Anyelir dengan harga Rp 200.000,- per bulannya dengan fasilitas kasur, lemari dan kipas angin didalamnya, dan harga makanan disana milai dari Rp 4.000,- s/d Rp 20.000 dengan berbagai variasi. Setiap pagi saya biasanya makan gado-gado di Jl. Anyelir dengan harga Rp 7.000,- sedangkan pada siang dan malam hari biasanya saya makan prasmanan dengan harga Rp 8.000,- isi ayam, sayur dan perkedel, hemat bukan? . Satu lagi, mengenai minuman juga tak kalah hematnya yakni Rp 5.000,- aneka jus buah mulai dari jus buah naga, jeruk, anggur dan masih banyak lagi.

2. Simpang Lima Gumul

Belajar adalah hal yang penting tapi harus diseimbangkan dengan hal-hal yang dapat membuat otak kita tetap fresh menerima pelajaran. Jikalau sewaktu-waktu anda merasa suntuk akan padatnya jadwal belajar, tak ada salahnya jika menyisihkan sedikit waktu untuk memberikan otak kita udara segar agar tetap dapat menyerap ilmu dengan baik. Kediri bukanlah “Kampung Inggris” saja, ada begitu banyak tempat-tempat yang menjanjikan yang sangat recomended buat dikunjungi, Simpang Lima Gumul salah satunya.

Simpang Lima Gumul merupakan sebuah Monumen megah yang berdiri di kota Kediri. Terletak di Jl. Erlangga dengan waktu tempuh 30 menit dari Kampung Inggris, tempat ini menjadi alternatif terbaik dan terefisien untuk dikunjungi. Simpang Lima Gumul serng disuarakan banyak orang mirip dengan Monumen Arc De Triomphe Paris, baik dari segi bentuk maupun suasana disana. Bentuknya yang megah, kebersihannya, serta suasana disana membuat kita seakan berada di luar negeri. Bukan hanya itu yang menarik, tapi juga kita bebas berfoto, nongkrong, baca buku, dan sebagainya di tempat tersebut tanpaadanya biaya masuk ke tempat tersebut.

3. Kediri Water Park

Wisata lain yang tidak kalah hebatnya kali ini ialah wisata air yakni Kediri Water Park yang terletak di Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Kec. Semen, Kediri, Jawa Timur dengan lama perjalanan dari Kampung Inggris Pare kurang lebih 45 – 60 menit dengan kendaraan sepeda motor. Hampir lupa mengenai kendaraan yang bisa kawan-kawan pergunakan ialah sepeda motor rental  yang terletak di Jl. Anyelir, anda dapat menghubungi nomor 0852-3323-7633 / 089-636-733-111 dengan tarif sebagai berikut:

No. Durasi Harga
1. 3 jam Rp. 20.000
2. 6 jam Rp. 35.000
3. 12 jam Rp. 50.000
4. 24 jam Rp. 65.000

Biaya masuk ke Kediri Water Park Weekdays = Rp. 50.000,- sedangkan jika Weekend = Rp 70.000,- buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Wahana didalam sangatlah komplit terdiri dari wisata air lengkap, outbond, flying fox, trampoline, kolam renang, bioskop 4D dan masih banyak lagi. Kepuasan akan anda rasakan setelah anda mengunjungi langsung tempat ini beserta tempat-tempat hebat lain yang telah saya sebutkan dalam artikel ini.

Outbond tali

Outbond jembatan tali dua

4. Gunung Kelud

Setelah mengelilingi kediri mulai dari Kampung Inggris Pare, Simpang Lima Gumul dan Kediri Water Park rasanya masih belum lengkap jika tidak melancong ke salah satu gunung berapi yang masih aktif yang terkenal di Jawa Timur ini yakni gunung Kelud dengan ketinggian 1731 mdpl. Gunung Kelud berada di perbatasan antara wilayah Kediri Malang dan Blitar lebih tepatnya Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Gunung ini baru saja meletus pada 13 Februari 2014 lalu yang mengakibatkan sejumlah kerugian materi yang tidak sedikit, namun meskipun begitu gunung Kelud tetap menjadi salah satu objek favorit bagi para petualang. Bagi kawan-kawan yang ingin pergi kesini, cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000,- menggunakan sepeda motor yang dirental tadi.

Tiket masuk

Mengapa saya menyarankan menggunakan sepeda motor, karna kita bisa nanjak menggunakan speda motor sejauh lebih dari setengah jalan dan kemudian diakhiri dengan berjalan kaki. Rute nanjak ini sangat cocok buat yang punya keinginan nanjak namun tidak memerlukan banyak tenaga sekaligus mendapatkan pemandangan yang sangat indah di puncak.

56226

Pemandangan dari puncak

56221

Kawah yang tergerus karna erupsi

Bercerita mengenai gunung kelud memang tiada habis keseruannya, ada banyak hal yang sangat unik dan seru lain di gunung Kelud ini, saya akan meceritakannya pada artikel selanjutnya. Tetap stay with ogitraveler di artikel “Pasca Erupsi Gunung Kelud”

3 thoughts on “Kampung Inggris Pare, Kediri & Pesona Wisatanya

1. Kampung Inggris Pare Kediri, padahal saya kuliah empat tahun di Surabaya tapi gag pernah nyobain les disini.
    Dari beberapa tempat yang disebutkan saya baru pernah ke Simpang Lima Gumul yang mirip2 monumen di Perancis